Anatomi Sebuah Sepatu Pemuda Parlente - Bagian-Bagian Sepatu Oxford, Derby, Blucher

Posted by Bram on 2018-08-19 18:14:56

Kalo kita mau ngomongin sepatu sob, susah juga kalo lo belom ngerti bagian-bagian sepatu yang biasa diomongin orang. Contohnya, ketika ada orang bilang “Hmmm, sepatu ini bagus, tapi toe cap-nya kegedan nih, dan tongue-nya kurang nyaman di punggung kaki gw,” Lo cuma bisa nyengir sambil mikir “What the hell, ni orang ngomong ngga jelas.”


Jangan sampe ini terjadi guys, karena mengerti anatomi sepatu itu penting, kenapa? Karena lo akan ngerasa lebih berwawasan, dan orang akan mengakui bahwa lo adalah a sophisticated man of culture, karena lo ngerti tentang sesuatu yang lo pake setiap hari. Oke? Penting bro.


I. Anatomi & Bagian-Bagian Sepatu


Nah, sebelum kita bahas tentang anatomi sepatu, gw mau ngasih tau lo bahwa di guide ini gw akan membahas tentang sepatu Oxford. Yaitu sebuah jenis sepatu yang sangat umum digunakan oleh anak-anak muda jaman sekarang (selain sneakers tentunya). Dan mungkin pada kesempatan berikutnya, gw akan membahas juga tentang anatomi dan bagian-bagian sepatu sneakers. Kalo gitu, tanpa panjang lebar lagi yuk kita langsung mulai.


1. Upper


Bagian yang disebut Upper adalah bagian atas sepatu yang menyelimuti kaki kita. Mulai dari jemari kaki, bagian punggung kaki, samping-samping kaki, sampai kebagian belakang kaki kita. Upper  terbagi lagi menjadi beberapa bagian, seperti vamp, tongue, quarterlining, sampai ke bagian belakang. Sederhananya, upper merupakan semua bagian sepatu yang berada dibagian atas sepatu. Bagian atas dan bawah sepatu (lower/sole), dibatasi dengan bagian yang bernama Insole.


upper sepatu

Bagian Upper Sepatu


2. Vamp


Vamp itu merupakan bagian dari Upper, yang menutupi bagian atas punggung kaki kita. Yang namanya Vamp itu nyambung ke bagian lidah sepatu (tongue). Lidah sepatu? Itu lho, yang di bawahnya tali sepatu kita dan bentuknya kaya lidah. Jenis-jenis Vamp sebuah sepatu, juga tergantung dari tipe sepatunya.


vamp sepatu

Vamp Sepatu


Pada beberapa jenis sepatu, Vamp dapat mencakup semua permukaan kaki. Mulai dari ujung jempol sampai ke pergelangan kaki dimana tali sepatu berada. Di jenis sepatu lain, Vamp hanya mencakup sampai ke bagian tengah sepatu (seperti gambar diatas), dimana Vamp akan bertemu dengan Quarter. Nah, perlu diinget bahwa posisi Vamp ini tergantung dari posisi dan jenis dari toe-cap sepatu tersebut. Ngga jarang Vamp diberikan dekorasi seperti perforasi / Brogue agar adem kalo dipake.


3. Quarter


Quarter merupakan bagian tengah sampai belakang dari upper sepatu. Biasanya bagian Quarter itu adanya di ujung Vamp, dan muter balik lagi sampai Ujung Vamp di sisi lainnya. Nah pada Sepatu Whole Cut, nggak ada tuh yang namanya Vamp atau Quarter, karena pasti dua-duanya udah jadi satu bagian yang sama. Tapi biasanya sih semua sepatu ada Quarternya.


quarter sepatu

Quarter Sepatu


Bagian belakang Quarter seringkali diperkuat dengan lapisan material yang kokoh, karena bagian belakang sepatu adalah bagian sepatu yang paling banyak mendapatkan tekanan dan mengalami kerusakan dalam masa hidup sebuah sepatu. Material pengokoh bagian belakang sepatu ini disebut juga dengan Heel Counter.


4. Heel Counter / Heel Caps / Back Stay


Heel Counter / Heel Caps / Counter itu adalah bagian sepatu yang sangat penting sob. Kenapa? Karena semakin sering lo pake sepatu kesayangan lo, maka sepatu itu akan makin cepet rusak. Nah, kalau lo punya sepatu yang Counter-nya berkualitas, kerusakan ini udah pasti ngga akan terjadi di belakang sepatu lo. Bentu heel counter ngga selalu sama pada setiap sepatu.


heel counter sepatu

Heel Counter Sepatu


Heel counter ini penting karena ternyata kerusakan sepatu itu sangat sering terjadi di bagian belakang sepatu. Ya wajar sih, soalnya ketika kita jalan-jalan pake sepatu, ternyata emang bagian belakang sepatu kita itu yang paling terbebani. Tekanan yang terjadi ketika kita berjalan, pada dasarnya bertumpu dibagian belakang sepatu. Sehingga kalo material yang menjadi Heel Counter sepatu lo itu ngga bagus, otomatis sepatu lo bakal cepet sobek.


5. Topline / Heel Collar


Topline itu, simple-nya adalah adalah pinggiran lobang sepatu, tempat kaki lo masuk sepatunya. Ngerti kan? Intinya, kalo pake sepatu lo kan mesti masukin sepatu lo tuh ke lobang sepatunya, nah itu pinggiran lobangnya namanya topline bro. Topline juga disebut sebagai Heel Collar.


topline sepatu

Topline Sepatu


Topline ini sangat penting, karena kalau sampai kesempitan, atau materialnya kurang cocok, bisa bikin kulit lo luka dan ngga enak pas make sepatunya.


6. Toe-Cap / Cap-Toe


Toe-cap sebuah material kulit (atau material lain), yang menggantikan or sekedar di jahit atau di lem di tempat jari-jari lo itu pada ngumpul. Bentuknya biasanya berupa material kulit yang ditaro dibagian ujung  paling depan sepatu, bentuk jahitannya horizontal. Toe cap ini bisa ada, bisa juga ngga ada pada sebuah sepatu, tapi sepatu yang bagus kalo menurut gw sih ada Toe cap-nya, kenapa?


toe cap sepatu

Toe Cap Sepatu


Sepatu yang ada lapisan toe cap-nya, biasanya lebih kuat dan keras dari bagian vamp. Karena bagian depan sepatu adalah bagian yang juga selalu mendapatkan tekanan berlebih akibat tumpuan kaki, dan sekaligus jadi bagian yang akan sering kepentok-pentok. Sehingga bagian ini lebih cepat rusak dibanding bagian lainnya. Tujuan adanya Toe cap ini memang untuk memperkuat bagian depan sepatu. Disisi lain, toe-cap memberikan aksen vintage buat sepatu gw. Makanya gw suka.


Toe cap ini ada beberapa jenis, ada yang bener-bener menggantikan bagian depan upper sepatu, ada yang cuma dijahit / dilem diatas bagian depan upper sepatu, ada juga toe cap baja yang ditaro di dalem sepatu safety. Yang paling umum pada sepatu Oxford itu antara diganti total, atau dijahit dan dilem sih.


7. Puff


Puff ini sulit juga ya nunjukkin-nya, intinya Puff ini adalah infrastruktur penguat dalam bagian depan upper sebuah sepatu. Gunanya adalah untuk memberikan topangan yang kuat pada kaki yang make sepatunya. Fungsinya ya sama aja sih sama fungsi Toe-cap, yaitu memperkuat konstruksi.


Ngga semua sepatu memiliki puff di dalam konstruksinya, tergantung jenis dan desainer sepatunya. Selain memberikan konstruksi yang kokoh, puff juga bermanfaat untuk memberikan fit yang pas untuk kaki dan bentuk yang ideal pada tampak luar sepatu tersebut.


8. Heel


Heel atau bahasa Indonesianya Hak, adalah bagian dari sol sepatu yang menonjol dibagian belakang. Sepertinya lo udah taulah ya yang mana itu hak sepatu. Pada umumnya material dari hak ini adalah kulit, atau karet yang tebel. Kegunaan heel ini adalah untuk memberikan topangan dan menaikkan tinggi pemakai sepatu, sekaligus sebagai lapisan kuat di tumpuan utama kaki. Hak pada umumnya akan cepat terkikis semakin sering sepatu tersebut dipakai. Pada sepatu pria, hak ini paling tingginya antara ½ cm sampai 1 cm.


hak sepatu heel

Hak Sepatu / Heel


Pada sepatu pria yang ada hak-nya, lo harus pilih sepatu dengan heel pads / upper insole yang nyaman di kaki. Karena hak ini menambah tekanan pada tumit lo, sehingga kalau ngga nyaman bisa menimbulkan nyeri pada tumit. Upper insole sepatu yang nyaman, akan mengurangi resiko tumit lo terasa nyeri sobb.


9. Eyelets / Besi Lubang Tali Sepatu


Sepatu kulit biasanya ada eyelets-nya, eyelets adalah cincin metal kecil yang terletak pada lubang tali sepatu. Gunanya apa? Nah, eyelets ini penting banget guys. Kulit itu walaupun adalah material yang kuat, tapi seiring penggunaan kulit ini bisa sobek dan rusak. Pada bagian tali sepatu, pastinya akan ada banyak gesekan-gesekan tali dan kulit sepatu lo.


lubang tali sepatu eyelets

Eyelets Sepatu


Tanpa adanya eyelets ini, udah bisa dipastiin bahwa ngga lama lagi sepatu kulit lo akan rusak dibagian lubangnya. Ini pengalaman pribadi juga sih guys, eyelets di sepatu kulit gw copot dan akhirnya lobangnya sobek. Akhirnya sepatu kulit gw ini ngga bisa dipake lagi. Jadi kalo ada eyelets di sepatu kulit lo copot, langsung buru-buru dipasang lagi ya.


10. Tongue


Tongue atau disebut juga lidah sepatu adalah bagian sepatu yang bentuknya kaya lidah, dan terlelak persis di bagian bawah tali sepatu dan quarter sepatu lo. Sebenernya kegunaan tongue ini penting banget lho, terutama untuk kenyamanan kaki lo pas pake sepatu.


tongue sepatu

Tongue Sepatu


Tongue berguna untuk menyebarkan tekanan ke seluruh permukaan kaki ketika sepatu udah diikat. Terutama ketika lo jalan atau lari, tanpa adanya tongue, kaki lo bisa bergesekan sama tali sepatu dan bisa jadi luka. Disisi lain, lo mesti selalu perhatiin apakah Tongue ini enak dipake. Ngga jarang tongue ini malah nyakitin kaki lo sendiri, entah karena ada label yang tajem, atau bagian atasnya jahitannya ngga rapih, dan malah ngelukain kaki.



11. Lining


Lining adalah material yang ada di pinggiran bagian dalem sepatu lo, mencakup bagian dalem dari Vamp dan Quarter. Lining pada sepatu kulit itu materialnya macem-macem sob. Ada yang dari suede, ada yang dari kulit yang sama persis sama uppernya, dan ada yang dilapisi jenis kulit lain.


lining sepatu

Lining Sepatu


Kegunaan Lining ini adalah untuk kenyamanan kaki lo, dimana material yang cocok akan membuat lo lebih nyaman ketika pake sepatunya. Disisi lain, lining ini juga untuk memberikan kekuatan yang lebih kepada bagian dalem sepatu tersebut, sehingga lebih awet pas dipake.


12. Throat


Throat adalah bagian tengah dari Vamp dan Quarter, yang letaknya berlurusan dengan toe-cap. Throat itu akan menentukan seberapa lebar sepatu lo bisa kebuka, untuk kaki lo masuk. Throat ini dibentuk dari lapisan dimana Vamp bersatu dengan Quarter, atau disebut juga Throat Line. Posisi dari Throat itu tergantung dari konstruksi sepatunya, dimana Vamp yang pendek dan Quarter yang lebih panjang bakalan bikin Throat Line lebih kebawah, lebih deket dengan Toe-Cap. Sehingga bukaan untuk tali sepatu bisa lebih lebar, dan lebih gampang buat lo untuk masukin kaki lo.


throat

Throat Sepatu


Throat biasanya diliat dari koneksi antara bagian belakang Vamp dan bagian paling depan Quarter. Banyak juga sepatu yang Throatnya itu nyambung sama tempat tali sepatu, ini karena sepatu tersebut memiliki Vamp dan Quarter yang “one piece” alias nyambung jadi satu tanpa ada jahitan. Biasanya sepatu yang seperti ini Throatnya ada bagian atas.


13. Shoe Sole / Sol Sepatu


Sol sepatu masa iya lo ngga tau sih. Pasti lo tau lah yang mana sol sepatu itu. Tapi mungkin yang lo ngga tau adalah bahwa sol sepatu itu dibagi menjadi 3 bagian, yaitu Upper Insole, Lower Insole, Midsole dan Outsole. Kemungkinan besar yang lo selama ini sebut sebagai sol sepatu adalah outsole.


sol sepatu

Sol Sepatu


Nama sole ini sebenernya berasal dari kata latin “Solea” yang dalam bahasa inggris adalah soil atau ground. FYI aja broo. Nah pada bagian sol sepatu ini, salah satu bagian yang penting untuk kita bahas adalah Welt. Kita mulai yuk dari Insole.


14. Foot Cushion / Bantalan Kaki


Foot Cushion adalah sebuah material empuk (e.g. foam, kulit, gel, dkk.) yang terletak di dalam sepatu lo, kegunaan utamanya adalah untuk meningkatkan kenyamanan saat pake sepatu. Foot Cushion ini bisa lo buka dan ganti-ganti, tergantung material empuk yang mana yang cocok menurut lo untuk kontak langsung sama kaki lo. Biasanya sih, makin nyaman di kaki berarti makin cocok buat lo.


bantalan sepatu foot cushion

Bantalan Kaki


Selain kenyamanan, kegunaan cushion ini adalah untuk memberikan fit yang lebih baik buat kaki lo. Selalu pilih cushion yang enak guys, karena ketika lo travelling dengan sepatu ini misalnya, lo harus yakin bantalannya ngga bikin tumit lo sakit.


15. Insole


Insole dibuat dari sebuah material seperti papan, yang dijepit antara midsole dan foot cushion. Insole adalah sebuah platform dimana upper sebuah sepatu bertemu dengan bagian lower sepatu.


Bagian ini memberikan tempat untuk menjahit upper, lining, dan welt, dan disisi lain memberikan tempat untuk midsole, outsole, dan heel untuk disambung ke bagian upper. Mungkin kalau diibaratkan, Insole ini adalah jembatan antara bagian atas sama bagian bawah sepatu. Otomatis bagian Insole ini penting banget ya dari segi anatomi dan konstruksi sepatu.


16. Midsole


Midsole itu mudahnya adalah sebuah material yang berada di antara outsole dan insole. Ngga semua sepatu kulit punya yang namanya midsole. Kegunaan Midsole sendiri adalah untuk menambah kenyamanan ketika berjalan menggunakan sepatu. Karena biasanya midsole ini dibuat dari material yang lebih empuk dibandingkan outsole.


midsole sepatu

Midsole Sepatu


Nah, midsole ini ada pada umumnya ketika outsole dari sepatu lo itu memiliki bahan yang keras. Outsole sepatu yang keras akan membuat kaki lo jadi lebih nggak nyaman ketika berjalan bro, sehingga midsole ini akan menengahi antara outsole yang keras dan insole lo.


17. Outsole


Ini adalah bagian sol sepatu yang semua orang tau, bagian sol yang paling luar. Biasanya salah satu yang menjadi pertimbangan orang ketika membeli sepatu adalah outsole ini. Walaupun pada kenyataannya banyak juga bagian-bagian sepatu yang akan menentukan kenyamanan sepatu tersebut.


Outsole adalah sol paling luar yang pasti ada pada setiap sepatu. Yang membedakan biasanya adalah bahan yang digunakan untuk membuat outsole ini, ketebalan, dan fleksibilitas. Ketika lo beli sepatu, ada baiknya lo cari sepatu dengan outsole yang waterproof, tahan lama, dan ngga gampang slip (ntar lo gampang kepeleset).


outsole sepatu

Outsole Sepatu


Beberapa contoh bahan dari outsole adalah kulit dan polimer sintetik. Bahan kulit udah pasti daya geseknya kurang, dan bikin lo gampang kepeleset. Disisi lain bahan kulit itu lebih elegan tentunya. Bahan sintetik polimer punya daya gesek yang lebih kuat, lebih empuk tapi ngga terlalu berkelas. Jadi pilih sesuai kebutuhan lo ya.


18. Welt


Welt adalah sebuah material (e.g. kulit, plastik, karet) yang digunakan untuk menyatukan upper sepatu ke insole sepatu. Penambahan material welt kepada sebuah sepatu disebut Welting. Aksen welting ini akan mempercantik tampak luar sebuah sepatu, dan disisi lain memperkuat konstruksi sepatu tersebut. Banyak juga sepatu yang tidak mengandung welting, tapi cuma di lem aja.


welt sepatu

Welt Sepatu


Satu hal yang harus diperhatikan ketika membeli sepatu dengan welting, adalah bahwa banyak sepatu diluar sana yang hanya menggunakan aksen welting. Alias welting-nya palsu, cuma buat keliatan keren aja. Gw sendiri ngga prefer ya sepatu yang seperti ini. Karena Welting ini adalah sebuah teknik untuk memperkuat konstruksi sambungan upper, insole dan outsole sepatu kita.


Ada beberapa jenis welting, yang paling umum adalah Goodyear-welt. Contoh lainnya adalah Norwegian-welt, Blake-welt, Stitch-down welt, dan sebagainya. Yang mana kita akan bahas pada artikel-artikel selanjutnya ya guys.


II. Memilih Sepatu Berdasarkan Anatomi Sepatu


Gw pribadi ketika memilih sepatu, gw suka sepatu yang bertali. Tapi, permasalahan sepatu bertali itu adalah kadang-kadang pas mau dipake lo mesti bongkar ulang, masukin kaki lo, baru iket lagi. Padahal di saat-saat tertentu lo ngga akan sempet untuk melakukan itu semua. Nah jadi ketika beli sepatu Oxford atau Derby misalnya, gw milih sepatu yang Throatline-nya panjang kebawah. Kenapa?


Sehingga ketika gw lagi buru-buru, gw bisa langsung masukin kaki gw full tanpa bongkar pasang tali dan tanpa injek sepatu, jadi sepatunya ngga rusak. Karena throat-nya lebih panjang dan lebih deket ke toe-cap, jadi sepatu itu bukaannya lebih lebar. Ditambah lagi gw iket sepatu itu ngga full sampe ketat banget, tapi lumayan longgar dan tetep pas.


Jadinya kaki gw bisa langsung slip in, dan ngga perlu buka pasang tali sepatu gw bro. Hal lain yang gw perhatikan adalah kuatnya counter sepatu tersebut. Karena udah beberapa kali gw coba kebiasaan gw ini dengan sepatu tanpa counter, atau sepatu dengan counter yang ngga kuat, hasilnya adalah bagian belakangnya sobek.


Ini cuma salah satu contoh dimana pengetahuan tentang anatomi sepatu bisa berguna di kehidupan gw. Mungkin lo sendiri punya pengaplikasian yang berbeda. Misalnya karena di kantor lo itu lantainya licin dan sering ujan, lo lebih pilih sepatu dengan outsole yang terbuat dari polimer atau bahan karet dibandingin bahan kulit? Atau mungkin lo lebih prefer sepatu kulit yang lining-nya terbuat dari kulit domba, karena lebih nyaman di kulit lo? Bisa jadi sobb.


Jadi gimana bro? Sebagai pemuda yang berkultur tentunya pengetahuan tentang sepatu ini pasti akan sangat bermanfaat buat lo. Apalagi lo di masa depan akan beli sepatu baru kan? Ketika lo beli sepatu nanti, lo udah punya pengetahuan tentang anatomi sepatu dan bagian-bagian penting yang bisa mempengaruhi performa sebuah sepatu. Jadi sepatu berikutnya yang lo akan beli nanti semoga akan lebih nyaman dipakenya, dan awet tahan lama bro. Kalo lo mau beli sepatu lokal, jangan lupa cek artikel gw tentang merek sepatu lokal paling keren sejagat Indonesia. Sampe ketemu lagi di artikel berikutnya yaaa.

 

Ditulis oleh Bram

 

 

Blog Terkait