Cravar – F.C. 13/Fox, A Melancholic Timeless Masterpiece

Cravar – F.C. 13/Fox, A Melancholic Timeless Masterpiece



Kalo lo lagi mencari sebuah tas selempang dengan bahan kulit, lo dateng ke artikel yang sangat tepat. Lo baru aja menemukan sebuah konten yang bisa membuat lo berpikir dua kali untuk membeli leather messenger bag yang lain. Baca terus.


tas cravar F.C. 13/Fox

F.C. 13/Fox by Cravar


Udah beberapa tahun ini kita memperhatikan gerak gerik merek bernama Cravar. Semenjak tahun 2017, ketika pada saat itu tim Pemoeda pertama kali bertemu dengan brand ini via Instagram. Kesan pertama kali yang kita dapet dari brand ini adalah, keren, epik & pengen beli. Ngeliat desain tas Cravar yang bener-bener sinematik, dan terkadang dramatis.


Yang menarik buat kita selain itu adalah fakta bahwa Cravar menerima dana segar dari crowd funding berkali-kali di Kickstarter.com dengan jumlah yang kalo di total bisa ratusan ribu dollar sejak 2013 silam.


cravar kickstarter

Kalo lo cek di Kickstarter, Cravar udah sukses mendulang ratusan ribu dollar diluar Indonesia


Semenarik itukah produk buatan Cravar ini? Sampai-sampai kok orang asing mau sih PO di Kickstarter, ngasih 200-300-an dollar untuk sebuah tas selempang kulit buatan Indonesia. Buatan segelintir tangan orang-orang Indonesia! Kenapa tu orang-orang ngga beli tas kulit dari negara Eropa seperti Italia, atau dari Amerika Serikat, yang pada umumnya lebih maju?


Rasa penasaran ini akhirnya membawa kita ke level selanjutnya. Dari stalking-stalking, ke tanya-tanya, ujung-ujungnya… ketemuan dulu brooo liat barang.


Meeting Dengan Brand Cravar – Juli 2019


Bulan Juli 2019, kita memutuskan untuk menjajal tas buatan Cravar bernama F.C. 13/Fox. Kita hubungi Cravar lewat DM Instagram dan ajak ketemuan untuk melihat produknya. Ternyata tim kita bertemu langsung dengan pemilik brand Cravar.


Mungkin banyak banget orang yang berpikir bahwa pemilik sebuah merek kelas premium seperti Cravar adalah sosok yang angkuh, dingin, fashionable, pake jas kemana-mana, parlente dan sebagainya. Tapi ternyata ngga bro.


Justru sebaliknya, Yoki adalah seorang pemuda seperti gw dan lo. Yang bekerja keras setiap hari untuk mencari nafkah untuk keluarganya. Dengan berbagai masalah yang terjadi di dalam kehidupan seorang pemuda & pengusaha pada umumnya.


yoki p bhaskara cravar

Ketemu Yoki di Gerilya Cafe sore-sore, ini foto versi lebih ganteng dari asli... wkwkwkwk


Fakta bahwa Cravar memberikan sentuhan personal pada setiap penjualan, bertemu langsung dengan konsumen, ngobrol-ngobrol santai, adalah sebuah ciri khas tersendiri yang memberikan sentuhan emosional terhadap produk yang mereka bawa.


Perbincangan yang berlangsung selama 4 jam, ditemani kopi Latte, disebuah kafe bernama Gerilya. Bercakap tentang kehidupan, aspirasi dan masa depan. Nggak sekalipun soal harga, penawaran, atau diskon. Menurut kita Cravar adalah sebuah merek dengan kisah & elegi.


Hal ini secara ngga langsung justru membuat nilai produk Cravar lebih berharga di mata kita. Setiap produk yang dibuat oleh Cravar, adalah hasil peluh-penat, kerja keras tangan-tangan pemuda tanah air yang juga berjuang untuk hari esok yang lebih baik.


F.C. 13/Fox – Masterpiece Dengan Estetika Melankolis


F.C. 13/Fox itu adalah sebuah masterpiece. Full-grain vegetable tanned leather yang dibuat dengan metode Pit Tanning, terasa kokoh & tegas pas disentuh pertama kali. Dengan penggunaan sehari-hari akan menjadi lebih lembut, dan timbul patina yang konon akan membuat tas ini semakin terlihat bersejarah.


tas cravar

Konstruksi kantong depan yang luar biasa visioner & fungsional


Ada 2 kantong depan yang sangat luas, bisa lo masukin IPAD mini dan kotak pensil sekaligus hanya dalam 1 kantong. Kantong lainnya lo bisa masukin mouse, charger laptop, dan sebagainya.


Craftmanship yang tinggi bisa lo rasain pada konstruksi kedua kantong depan ini. Karena kedua kantong tersebut dibuat menggunakan selembar kulit yang sama, tapi bisa membentuk 2 kompartemen yang berbeda.


Penutup bagian tas ini juga secara konstruksi sangat apik. Lo bisa liat disitu ada bagian kulit yang seperti dicubit. Dimana tujuannya adalah untuk membuat cover atas tas ini konsisten menutup kebawah. Yang mana menurut kita ngga lazim, tapi sangat bermanfaat dan justru keliatan lebih bagus.


FC fox 13 cravar

Melankolis & Dramatis adalah karakter estetika dari F.C. 13/Fox


Di bagian dalam, F.C. 13/Fox menggunakan striped lining warna hitam/merah yang terlihat sangat berkelas. Disini gw bisa merasakan sisi minimalis tas ini. Volume yang “rasanya” ngga terlalu besar membuat lo berpikir untuk hanya membawa barang-barang esensial buat lo sehari-hari.


Walaupun, sebenernya tas ini bisa muat cukup banyak barang bro. Lo bisa masukin semua barang sehari-hari lo dan pasti tetap ditampung dengan baik oleh tas ini. Tapi kita prefer untuk ngga overload, karena kita tetap ingin preserve bentuk sesungguhnya dari tas ini.


lining tas F.C. 13/Fox

Detail lining di dalam tas ini


Dibagian belakang, F.C Fox 13 juga dilengkapi strap untuk dipasang ke gagang koper. Jadi ini tas bener-bener friendly ketika lo mau travelling bawa-bawa koper. Ditambah, lo juga bisa tenteng dengan mudah karena ada handle-nya di bagian belakang.


Untuk tali selempang atau leather strap, lo juga bisa gunakan strap yang dikonstruksi seperti ikat pinggang, menggunakan buckle. Untuk panjang pendekin, lo tinggal masukin buckle ke lubang yang sesuai dengan kemauan lo. Kalau lubangnya kurang, kita yakin lo bisa minta tim Cravar untuk tambah lubang di strap lo.


kait koper tas F.C. 13/Fox

Strap untuk koper


F.C. 13/Fox adalah sebuah tas yang dibuat dengan estetika mendekati kesempurnaan, serta fungsional yang dipikirkan secara matang-matang. Dimana tas ini selalu berkembang dari satu versi ke versi yang paling baru, selalu ada upgrade dari segi konstruksi dan fungsional yang secara konsisten dilakukan oleh tim Cravar. Inilah yang menarik dari Cravar.


F.C. 13/Fox memiliki vibe yang melankolis dan cenderung rugged. Tas ini ngga diciptakan untuk lo yang memiliki kecenderungan bergaya Hypebeast dan mengikuti trend. Sebaliknya, tas ini sangat sesuai untuk lo yang menghargai seni dari kata vintage, dan lebih rela membayar mahal untuk kualitas dibandingkan barang mahal yang sedang tren.


Produk buatan Cravar ini adalah sebuah masterpiece, karena estetika dan fungsional dari F.C. 13/Fox akan selalu relevan untuk generasi manapun, regardless of trend. Sebuah karya seni yang tidak terikat oleh waktu, dan tidak akan lapuk termakan jaman.


keren cravar

Strap penutup tas F.C. 13/Fox


Kita beli dengan harga 3,550,000 IDR. Lo mungkin bilang “Aduh mahal bro!” NGGA SAMA SEKALI. Menurut kita ini ngga mahal. Logikanya, untuk leather messenger bag yang bisa lo pakai selama 20-30 tahun untuk pemakaian setiap hari, justru ini worth it. Coba lo bagi 3,5-jt sama 20 tahun. Pertahun lo cuma bayar 175.000 IDR untuk make sebuah tas handmade berkualitas seperti ini bro.


Sedangkan kalo lo beli tas kanvas yang lagi Hypebeast, dengan harga yang sama… Lo pake tiap hari, paling 3-4 tahun udah rusak. Jadi yang mana yang lebih worth it? Cravar anytime. Jangan cuma berani beli brand mahal dari luar, percayalah sama kemampuan orang sendiri bro :) Cek tas Cravar disini ya www.cravar.com