#THEGODLEATHERS : Merek Sepatu Lokal Yang Bertahan Dari Serbuan Merek Asing

Posted by Bram on 2018-07-30 10:54:16

Selamat di datang di Pemoeda.co.id! Kali ini sob, lo dan gw akan ngomongin tentang beberapa merek sepatu lokal yang sangat kokoh bertahan ditengah berjamurnya merek-merek asing ternama dunia, di pasar Indonesia. Mereka ini adalah merek-merek lokal yang menjual sepatu di Indonesia, yang disisi lain, mereka juga merupakan para pejuang yang tidak membiarkan produk asing merajalela di Indonesia.  


Dengan adanya brand sepatu lokal seperti mereka broo, Rupiah ngga semuanya jatuh ke tangan asing. Tapi banyak juga yang kembali ke tangan rakyat Indonesia. Ini adalah sebuah legacy tersendiri bagi merek-merek sepatu lokal tersebut, yang perlu kita berikan apresiasi.


godleather sepatu buatan lokal


Di mata gw ini lebih bernilai dan bermakna, dibanding produk asing yang diproduksi massal dimana-mana asalkan murah biayanya, lalu dijual dengan harga selangit. Merek lokal ini memanfaatkan UMKM yang ada di Indonesia, ngasih lapangan kerja buat banyak orang, dan tetap berusaha untuk memberikan produk handmade terbaik untuk lo semua.


Keren kan? Yep, saking kerennya merek-merek lokal ini bahkan berpotensi menjagal brand-brand asing yang berjamuran di Indonesia. Mereka cuma butuh dukungan kita sebagai pemuda Indonesia biar bisa terus berkembang! Tentunya dengan beli produknya ya, jangan komen doang lo.


Inget ya bos, ini berdasarkan opini gw dan Pemoeda.co.id aja, dan bukan berarti merek yang ngga masuk sini berarti adalah merek yang jelek, ngga sama sekali. Bahkan, kita sendiri nyadar banget kalo banyak merek-merek sepatu lokal yang super keren abis, masih belom sempet kita bahas disini. Mungkin nanti bisa kita bahas juga di konten yang lain. Nah jadi inilah beberapa merek lokal yang menurut Pemoeda.co.id paling keren sejagat Indonesia.


These are the #godleathers, the shoes you can’t refuse.


1. BRODO (Instagram @brodo)


brodo merek lokal


Merek sepatu lokal yang satu ini sudah ada sejak tahun 2010, dan sebenernya adalah salah satu merek lokal yang paling sukses setanah air. Kalo lo ngga pernah denger merek lokal ini, justru gw yang bingung sih. Karena merek ini sering banget muncul sebagai sponsored di Instagram, dan kiprahnya di dunia alas kaki Indonesia tuh udah cukup senior, macem Swallow bro. Lo ngga tau Swallow, mungkin lo tinggal di laut.


broklamasi brodo

Broklamasi (sumber: bro.do)


Bahkan saking suksesnya sepatu Brodo ini, mereka bisa sampai endorse Bambang Pamungkas, Cecep Arif Rahman, Chicco Jerikho, dan sebagainya. Kalo sepatu Brodo aja cukup buat mereka, Brodo pasti cukup buat lo bro, ngga mungkin kekecilan.


Gw sendiri udah berpengalaman menggunakan sepatu dari Brodo nih. Kalo menurut gw, emang Brodo itu sepatu lokal yang bagus kok. Pas harga dan apa yang lo dapetlah. Harganya juga santai kok, ngga terlalu mahal. Yang paling murah, yaitu sepatu Brodo yang mirip-mirip sama merek Wakai, yaitu seri Dalawa itu harganya cuma IDR 275.000. Ngga mahal kan? Walaupun sisanya sih mulai dari IDR 400.000-an wkwkwkwk. Tetep ngga mahal njir.


sepatu lokal brodo

Toba E+ by Brodo (sumber: bro.do)


Personally gw sendiri, suka banget sama sepatu Brodo yang seri Toba. Karena Toba ini paling mirip dengan sepatu favorit gw di Brodo, yaitu Signore Ventura Low (gambar di bawah) yang sepertinya udah ngga keluar lagi. Sepatu Signore Ventura Low ini gw pake selama 2 tahun kalo ngga salah, sampai bener-bener babak belur kulitnya, kotor, dan  outsole-nya juga udah setengah copot. Sampai akhirnya gw relakan.


brodo signore ventura low

Signore Ventura Low by Brodo (sumber: bro.do)


Jujur, itu pertama kalinya gw sendiri pake sepatu kulit, dan Brodo telah membuat gw jatuh cinta sama sepatu kulit bro. Terutama Brodo pas jaman awal-awal tahun 2010-2014-an ya, gw ngerasa itu kualitasnya bener-bener bukan kualitas produk massal, tapi kek custom made leather shoes gitu.


Asli, gw ngerasa performa kegantengan gw waktu itu naik 2000%, terutama dimana para pemuda hina yang lain cuma make sepatu-sepatu Converse, Puma, Zara dan merek lainnya yang standar lah dipake sama banyak orang. Ngga banyak waktu itu yang pake merek lokal.


Gw ngerasa banget craftsmanship di sepatunya. Kalo sekarang mungkin sudah berubah? Tunggu sampai Pemoeda.co.id beli, di review. Nanti lo akan tau juga gimana hasil review jujur kita bro khusus untuk sepatu brodo.


2. NAPPA MILANO (Instagram @nappamilano)

nappa milano merek sepatu lokal


Merek lokal yang ini sedikit berbeda sama Brodo. Nappa Milano fokus untuk sepatu kulit yang formal, semi formal, dan beberapa boots. Bukan berarti sepatunya ngga bisa dipake di acara-acara casual sih, cuma tergantung gaya lo aja gimana. Kalo lo pemuda bergaya hipster atau streetwear sih, kemungkinan ngga cocok. Apalagi lo anak sendal jepit, lo mending tunggu kita review Swallow aja bro.


Longwing Brogues Shoes by Nappa Milano

Longwing Brogue Shoes by Nappa Milano (sumber: http://www.nappamilano.com)


Kalo buat gw ini cocok walaupun untuk acara casual sekalipun, karena gaya gw lebih ke gaya parlente businessman gitu bro. Sepatu ini juga cocok digunakan untuk para pemuda yang bergaya gentleman.


Gw sendiri suka, dan 100% cocok sama sepatu yang kaya begini. Karena gaya smart casual gw itu adalah kemeja, celana jeans, dress watch atau diver watch, dan sepatu derby warna cokelat atau hitam. Ditambah dengan sentuhan pomade, yang bikin gw parlente tentunya setiap hari bro.


Lobb Tassel Brown by Nappa Milano

Lobb Tassel Brown (sumber: https://www.instagram.com/nappamilano/)


Kalo masalah keren atau ngga sepatu dari Nappa Milano ini, jujur ini jelek. Ngga deeeeng, udah pasti keren lah brooo pake mikir lagi lo. Gw kasih tau ye bro, kalo lo beli merek luar, sepatu parlente begini harganya bisa diatas 1,5  juta Rupiah. Nah ini harganya semua ngga yang lebih dari IDR 800.000-an!


Jujur, gw belum pernah beli. Tapi gw pernah merek liat sepatu ini di sebuah pameran di Grand Indonesia, Jakarta, bahkan sampe gw cobain. Gw ngga jadi beli. Karena gw lagi bokek bro waktu itu. Hampir aja gw gesek kartu kredit saking pengennya.


Blake Brogues Black by Nappa Milano

Blake Brogues Black by Nappa Milano (sumber: http://www.nappamilano.com)


Kesan yang gw dapet dari sepatu ini, adalah bahwa craftsmanship dari si pembuat sepatu kerasa bahkan sampai ke packaging dan logo-logonya. Berkelas dan timeless. Dari segi look-nya, dari kejauhan aja gw ngeliat langsung ngerasa “Wah, sepatu ini berkelas sekali. Siapa gerangan pembuatnya?” Nappa Milano... Oh, buatan orang Italy nih.” pikir gw.


Padahal ternyata kalo ngga orang Bandung, orang Jawa, ato orang Sumedang yang ngebuat sepatunya. Nah, tapi mereka ternyata udah punya pengalaman 20 tahun bro sebagai supplier merek luar. Anjir kan? Merek luar make keahlian orang Indonesia buat sepatu yang nanti dijual ke orang Indonesia lagi.


Okelah, tapi overall gw pikir ini merek sepatu lokal yang epik ya. Terutama karena kualitasnya dari sepengalaman gw memang super sekali. Favorit gw sendiri, atau yang nanti akan gw beli adalah Nappamilano “Brogues” seperti gambar dibawah. (Lihat apa itu Sepatu “Brogues”)


Neo Brogues Boots Brown by Nappa Milano

Neo Brogues Brown by Nappa Milano (sumber: https://www.instagram.com/nappamilano/)


Ini harganya cuma IDR 829.000 ya, tapi kesan berkelas, maskulin dan gentleman-nya langsung terpancar dari aksen Brogue-nya. Nappa Milano, ambil aja deh duit gw deh nih. Rela gw seriusan, tulus dan ikhlas. Plzz kk.


3. PORTBLUE (Instagram @portblueshoes)

portblue merek sepatu lokal bro


Satu hal yang cukup notable dari merek Portblue ini adalah bahwa mereka menjual sepatu dengan range kategori sepatu yang cukup luas. Mulai dari chukka boots, work boots, loafers, wingtips, chelsea, brogues boots, sneakers, sampai boat shoes, mereka jual semua. Gila!


Brown Captoe Boots by Portblue

Brown Captoe Boots by Portblue (sumber: www.portblueshoes.com)


Ditambah lagi mereka ini FREE ONGKIR dan OPEN 24 HOURS. Kaya McD ya? Kalo kata tim Pemoeda, lo tiba-tiba pengen beli sepatu jam 3 pagi, lo langsung aja pesen di Portblue. Nyampenya ngga langsung tapi, wkwkwk.


Karena portfolio sepatu mereka yang cukup luas, pastinya disini ada sepatu-sepatu yang lo ngerasa cocok, dan ada juga sepatu yang lo kurang suka. Buat gw, sepatu yang gw kurang suka contohnya adalah yang tipe boat shoes. Bukan berarti gw bilang boat shoesnya Portblue itu sucks ya, nooo. Setiap orang punya selera broo.


Gw memang ngerasa kurang cocok sama boat shoes, rasanya kalo pake boat shoes kepribadian gw jadi kurang jantan apa gimane gitu. Coba lo liat buatan gambar boat shoes dari Portblue di bawah, mungkin lo suka?


sepatu boat shoes by portblue

Lark Black by Portblue (sumber: https://portblueshoes.com/product/lark-black/)


Betapapun bagusnya sepatu itu, gw tetep ngga bisa menganggap boat shoes itu buat gw. Dimata gw tetep kurang jantan. Nah disisi lain gw bener-bener suka sama sepatu Oxford di gambar bawah ini. Modelnya plain banget, simple dan minimalis. Bener-bener ngga parlente sama sekali, cenderung sederhana dan membumi. Vintage, adalah kata yang gw cari.


Johnson All Black by Portblue

Johnson All Black by Portblue (sumber: https://portblueshoes.com/product/johnson-all-black/)


Dengan menggunakan sepatu ini, celana 3/4, dan ngga pake baju, lo siap jadi orang gila. Nggalah, kalau pake sepatu ini, cocoknya baju dan celana yang lo pake itu juga bertema vintage, atau mungkin malah hipster sekalian dengan jenggot dan kumis lo yang rapih.


Kalo gw karena gw ngga berjenggot dan kumispun miskin, gw mungkin akan pake sepatu ini dengan celana pendek khaki, no show socks, ikat pinggang item, arloji strap item, topi seniman item, kacamata vintage, dan yang paling penting adalah kemeja putih cuban berwarna putih cerah, yang cerahnya lebih cerah dari masa depan lo.


Soal harga, nah ini dia yang para pemuda kere seperti lo pasti nunggu-nunggu. Harga sepatu di Portblue itu berkisar antara IDR 345.000 sampai IDR 845.000 bro. Ngga mahal, terjangkau bangetlah menurut gw. Apalagi gratis ongkir ke seluruh Indonesia. Sangat menggiurkan sekali.


4. PORTEE GOODS (Instagram @porteegoods)


portee goods merek sepatu lokal


Portee Goods! Gw belum pernah sama sekali melihat Portee Goods secara real. Yang bisa gw liat hanyalah kontennya di website dan IG-nya. Satu hal yang cukup membuat gw tertarik adalah bahwa para pemuda yang udah beli di Portee Goods, pada ngasih review yang super bagus semua. Lo bisa liat di gambar bawah, atau langsung cek di link Review Portee Goods.


review porteegoods

Review Portee Goods(sumber: http://porteegoods.com/module/blockreviews/reviews)


Sehingga, selain secara subjektif gw ngerasa bahwa merek lokal ini keren banget dari tampilan produknya. Ternyata secara objektif udah banyak para pemuda yang bilang kalau ini adalah merek yang sangat keren dan berkualitas!


Nah, tapi yang bener-bener membuat gw tertarik sama Portee Goods adalah bahwa mereka merupakan sebuah merek lokal yang technological & inovatif dalam pembuatan sepatunya. Kenapa gw bilang begitu? Coba kita liat nih salah satu sepatunya.


oxfird wingtip by porteegoods

Oxford Wingtip L.I.F.E Black by Portee Goods (sumber: http://porteegoods.com/ready-stock/71-oxford-wingtip-life-black.html)


Sepatu Oxford  Wingtip Black ini sangat menarik kalo menurut gw. Pertama, dia ini modelnya sebenernya Oxford shoes, yang notabene adalah sebuah jenis sepatu yang biasa digunakan untuk kegiatan formal. Tapi, kita bisa liat ya outsole dari sepatu ini nih unik banget.


Portee Goods menggunakan teknologi yang mereka sebut L.I.F.E (Lightweight Injected Foam Exthane) untuk outsolenya. Dimana mereka mengklaim bahwa outsole ini super enteng, yaitu cuma 270 gram. Gokil, Ini inovatif banget ya bro. Sebuah sepatu formal yang biasanya kalo lo pake jalan itu bakal menghasilkan bunyi “dak, dak,dak” pas kena lantai, nah Oxford Wingtip ini ngga akan begitu.


Jujur gw ngga pernah megang atau ngeliat aslinya ya. Tapi tekonologi outsole L.I.F.E ini menurut gw akan menjadi super silent ketika nyentuh lantai, kaya lo jalan pas lagi make sepatu sneakers. Apalagi bro, dan gw kutip dari websitenya “Featuring the first local brand to adapt a tie-less lace for easier putting on and off your shoes.”


Oxford Wingtip L.I.F.E Black by Portee Goods

Oxford Wingtip L.I.F.E Black by Portee Goods (sumber: http://porteegoods.com/ready-stock/71-oxford-wingtip-life-black.html)


Itu berarti sepatu ini lebih condong kearah sebuah sneakers daripada sebuah sepatu formal. Men, kalau memang ini memiliki karakteristik sebuah sneakers dan bisa kita sebut sebagai sebuah sneakers, berarti sepatu ini keren abis bro.


Sneakers berkelas yang terbuat dari kulit crazy horse, outsole enteng, ada hand punch Brogues-nya yang cukup detail, dan desain wingtips yang epik. Ancurrrrrr, keren banget njir. Kalo seandainya brand seperti Nike yang ngebuat sepatu kaya begini, mungkin harganya bisa 3-4 jutaan kali ya.


Harga sepatu ini terlalu murah kalo menurut gw, cuma IDR 450.000, 100% gw bakal beli. Terutama untuk business trip, atau sekedar travelling, sepatu ini pasti nyaman banget untuk dipake. Gokil, salut gw sama Portee Goods. Menurut gw memang merek sepatu lokal, brand lokal, itu harusnya inovatif seperti ini.


5. AMBLE (Instagram @amblefootwear)


amble footwear


Amble artinya adalah “berjalan seenaknya”. Nama yang bagus untuk merek sepatu. Kalo pake merek sepatu ini lo bisa jalan sambil jongkok, sambil merem, atau jalan sambil terbang, seenaknya lo aja bro. Kalo di depannya ditambahin huruf “S”, kira-kira jadi apa namanya? Nah, merek sepatu lokal ini merupakan merek sepatu yang menjual produk untuk para pemuda hina seperti kalian dan nona-nona cantik. Jadi ini merek sepatu unisex.


amble berjalan seenaknya dengan sepatu baru

Berjalan Seenaknya (sumber: http://www.amble.id)


Dibuat pada tahun 2009, Amble ini gw baca-baca bahkan udah go international. Gokil ga tuh? Konon sepatu yang dibuat di Bandung, Cibaduyut, dan Kopo ini udah di ekspor ke Jepang, Singapura, dan Malaysia.


Amble udah sempet masuk ke toko-toko besar macem Goodsdept lagi. Hebat juga, karena yang gw tau, untuk masuk Goodsdept itu cukup susah. Apalagi Amble ini udah sampai diliput oleh beberapa media nasional, seperti Media Indonesia, Tribbunnews, dan sebagainya.


Sooo… Gimana sepatunya? Bagus ga ya? Jujur, gw ngga tau. Tapi karena prestasinya gokil banget berdasarkan informasi-informasi yang tersedia. Maka menurut gw Amble Footwear harus ada di list ini. Coba lo liat salah satu sepatunya nih.


coco carter brown shoes by amble

Carter Coco Brown by Amble Footwear (sumber: http://www.amble.id/ProductDetail/carter-choco-brown)


Sepatu Carter Coco Brown ini, menurut gw pribadi… kereeeen abiiiiiiisssss! Wahahahaha. Ini maskulin banget, pewarnaan kulitnya  terkesan vintage, adventurous but calm. Gw ngerasa cocok sama sepatu derby ini.


Sejujurnya gw pernah punya sepatu Derby merek Timberland, Stormbuck Plain. Bener-bener persis sama sepatu Derby dari Amble Footwear ini. Sama-sama Derby berwarna cokelat, dan bentuknya pun persis banget. Perbedaan yang cukup jelas antara sepatu Timberland gw, dan Carter Coco Brown ini adalah pada outsolenya dan jenis kulitnya. Outsole Timberland gw itu ada heelsnya sekitar ½ cm, sedangkan Amble ini rata. Terus kulitnya juga beda, Timberland gw pake Nubuck leather, sedangkan yang ini pull up. Perbedaan lain yang cukup jelas adalah harganya. Ini cuma IDR 599.000, sedangkan Stormbuck Plain itu sekitar 1,3 juta. Jauh kan?


Carter Coco Brown by Amble Footwear

Carter Coco Brown by Amble Footwear (sumber: http://www.amble.id/ProductDetail/carter-choco-brown)


Sepatu Timberland itu gw pake selama 2 tahun, sampe usang dan bolong-bolong. Itu sepatu kesayangan gw seumur hidup sih, cuma karena rusak ya akhirnya gw relakan. Dan gw merasakan hal yang sama dengan sepatu dari Amble Footwear ini, this shoes will be your best friend until it’s time. Karena desain sepatu ini yang menurut gw cukup timeless ya.


Upper sepatu ini dibuat dengan pull up leather, sedangkan liningnya menggunakan kulit domba. Terus outsole sepatu ini dibuat menggunakan solid rubber. Hmmm, sepertinya ini adalah sebuah sepatu derby yang dibuat tahan banting dan bisa berumur panjang.


Amble Footwear ngga cuma jualan Derby aja, portfolio sepatu yang mereka jual sangat luas. Ada sepatu derby, loafers, boat shoes, sneakers, moccasins, sampai sepatu sandal juga ada. Harganya yang ditawarkan juga ngga mahal, Amble Footwear berkisar diantara IDR 300.000 sampai IDR 600.000 lah. Recommended sobbb.


MEREK SEPATU LOKAL LAINNYA (coming soon di artikel ini)


Oke sobbb, jadi gimana? Itulah tadi merek sepatu lokal yang tetap bertahan ditengah maraknya brand sepatu asing di Indonesia. Mau doong lo beli Brodo, Nappa Milano, Portblue, Portee Goods,atau Amble Footwear? Maulah, orang keren-keren banget dan ngga mahal. Kalo seandainya lo ada brand sepatu lokal yang keren dan pengen gw masukin list ini, langsung aja ya comment dibawah dan akan langsung gw review. Bahkan mungkin sekalian gw beli sob.


Beberapa merek sepatu lokal lain yang belum sempet gw bahas disini tapi nanti akan gw tambahin pastinya adalah:

1. Wayout RocknRoll - Boots (http://www.wayoutrocknroll.com, @wayoutrocknroll)

2. TXTURE - Boots (www.txtureboots.com, @txture)

3. Zevin - Leather Sneakers (http://zevinshoes.com, @zevinshoes)

4. Hijack Sandals - Sepatu Sandal (https://hijacksandals.com, @hijacksandals)


Ditunggu review gw selanjut ya ya broo, sayonaraa!!

 

Ditulis oleh Bram. 

 

 

 

Blog Terkait