Sepatu Brogue: Apa itu Brogue Shoes?

Posted by Bram on 2018-08-03 00:38:42

Sepatu Brogue itu adalah jenis sepatu dengan dekorasi khas lubang-lubang kecil hasil tindikan pada kulitnya sob, atau disebut perforasi. Lubang dekoratif ini tujuannya adalah untuk memberikan aksen tradisional dan vintage yang merupakan ciri khas sepatu Brogue. Dulu, tujuan utama dari Broguing ini sebenernya adalah biar air cepet keluar dari sepatu. Hahaha, sering banjir kayanya nih.


Selain tindikan, dekorasi lainnya yang khas sepatu Brogue adalah pinggiran kulit yang dibentuk seperti gerigi. Aksen gerigi ini biasanya dibuat pada pinggiran kulit sepatu yang udah dilubangi. Broguing adalah kata kerja yang menjelaskan aksi pemberian lubang ini pada sepatu ini.


gerigi pada sepatu brogue

Gerigi Pada Sepatu Brogue


I. Karakteristik Khas Sepatu Brogue


Sepatu Brogue sebenarnya memiliki beberapa ciri khas. Yang akibat terlalu kreatifnya orang-orang pada dunia fesyen dan perkembangan jaman, akhirnya ciri-cirinya ya ngga selalu begini. Tapi biasanya memang sepatu Brogue memiliki ciri-ciri standar kaya begini nih sob:


1. Memiliki Hak Sepatu Namun Pendek 


Ini adalah salah satu ciri-ciri khas sepatu Brogue. Namun karena dunia fashion cukup kreatif, bahkan sekarang ada sneakers dengan aksen Broguing pada kulitnya. Banyak juga sepatu tanpa hak, namun memiliki dekorasi Broguing.


2. Sepatu Oxford 


Pada umumnya sepatu jenis Oxford-lah yang di-Brogue. Namun seiring berkembangnya waktu dan kreatifitas masyarakat dunia, lo mungkin sering juga liat sneakers, derby dan sebagainya udah diberikan aksen Brogue.


3. Dekorasi lubang-lubang kecil pada kulit sepatu


Ini nih ciri khas yang paling keliatan ketika lo mau mengidentifikasi sepatu Brogue. Lo cari aja ada ngga lobangnya, selain lobang tali sepatu. Kalo ada dan banyak, itu brarti sepatu Brogue.


4. Dekorasi gerigi pada pinggiran kulit yang di-Broguing


Selain lobang, lo juga bisa liat adanya gerigi pada pinggiran kulit yang ditindik. Kalo ada ini udah pasti sepatu Brogue. Walaupun kalau tidak ada geriginya tapi ada Broguingnya, tetap bisa disebut sebagai sepatu Brogue sih.


5. Toe-Cap dibentuk huruf W dan dilubangi pinggirannya


Biasanya ya, sepatu Brogue itu pasti punya lobang di daerah sekitaran toe-cap-nya. Toe-cap itu juga bentuknya umumnya ngga lurus, tapi berbentuk huruf W atau biasa disebut dengan wing.


II. Jenis-Jenis Sepatu Brogue / Brogue Shoes


Nah, Brogue shoes itu juga punya jenis-jenisnya sendiri sob, ngga cuma satu jenis aja. Biasanya jenis sepatu Brogue itu dibedakan berdasarkan toe cap-nya. Beberapa varian Broguing yang dikenal secara luas adalah:


1. Wingtips Brogue


Wingtip Brogue adalah jenis sepatu Brogue yang memiliki karakteristik toe-cap yang di bentuk seperti sayap atau disebut wings. Sayap ini memanjang sampai ke bagian vamp sepatu, yaitu deket-deket jempol kaki situ bro. Kalo dilihat dari atas, toe-cap dari sepatu Wingtip ini akan terlihat seperti huruf “W”, atau “M” tergantung lo liatnya dari first person atau dari arah sebaliknya.


sepatu wingtip shoes

Wingtip Brogue


Nah, aksen yang seperti huruf “W” ini mirip banget bentuknya kaya sayap burung, makanya namanya Wingtips. Karena namanya juga sepatu Brogue, udah pasti ya dipinggiran aksen sayap pasti ada lubang-lubang dan gerigi ciri khas sepatu Brogue. Yang keren adalah dekorasi lubang-lubang yang dibentuk seperti sebuah medali pada toe-cap sebuah sepatu wingtips, bikin sepatu jenis ini makin berkarakter.


Ada juga sih, Wingtips yang ngga pake Broguing apa-apa di toe-capnya, ini disebut Austerity Brogue. Sedangkan kalo Wingtips yang ada Broguing-nya, tapi toe-capnya itu ngga ada dekorasi apa-apa, ini disebut Blind Brogue.


2. Longwing Brogue.


Apa itu Longwing Brogue? Longwing Brogue itu adalah tipe sepatu Wingtips Brogue yang sayapnya memanjang sampai ke bagian belakang jahitan sepatu.


longwing brogue

Longwing Brogue


Kalo dibanding sama Wingtips Brogue, emang bedanya ngga jauh. Cuma beda panjang sayap aja sih. Tapi kalo gw emang prefer Longwing dibanding Wingtips, karena gw suka sayap di sepatu gw lebih panjang.


3. U-Tip Brogue


Sebuah sepatu bisa disebut U-Tip Brogue, kalo sepatu itu ada Broguing-nya dan bentuk dair toe-capnya bukan bentuk huruf “W”, tapi berbentuk huruf “U”. Makanya disebut U-Tip.


u-tip brogue

U-Tip Brogue


Dimana emang sebenernya banyak sepatu dipasaran itu lebih ke U-Tip no Brogue atau yg gw sebut apron, wkwkwk. Pada umumnya, kalau sepatu di Brogue itu pasti antara Wingtip atau Longwing, jarang banget ada yang U-Tip begini.


4. Semi Brogue / Half Brogue


Sepatu Semi Brogue, adalah jenis sepatu Brogue yang lubang-lubangnya hanya ada pada bagian toe-cap aja, perbedaannya yang paling jelas dengan Longwing dan Wingtips adalah toe-capnya tidak berbentuk sayap. Ngga jarang sepatu Semi Brogue juga memiliki Broguing pada throatline, sampe di heelcap-nya juga ada.


semi brogue / half brogue

Semi Brogue / Half Brogue


Dimana dibagian tengah toe-cap Semi Brogue, Broguing-nya berbentuk medali gitu. Ini adalah jenis sepatu Brogue yang lebih simple dan sederhana, ngga serame motif tindikan sepatu Brogue Wingtip atau Longwing. Kalo gw perhatiin, ini disebabkan oleh toe-cap yang ngga berbentuk memanjang kebelakang seperti Wingtip dan Longwing. Sehingga bagian vamp / upper-nya terlihat lebih sepi.


5. Quarter Brogue


Quarter Brogue sebenernya sama dengan Half Brogue, dimana mereka sama-sama ngga memiliki toe-caps yang ngga berbentuk sayap, cuma rata aja lurus. Perbedaan antara Quarter Brogue dan Half Brogue adalah bahwa Quarter ngga punya Broguing dimana-mana kecuali di bagian pinggiran toe-cap, seperti gambar di bawah. Sepatu ini juga ngga ada Broguing berbentuk medali di tengah toe-caps-nya.


quarter brogue

Quarter Brogue


Karena sedikitnya aksen lubang-lubang pada sepatu Quarter Brogue, sepatu ini dianggap lebih formal dibandingkan dengan sepatu Brogue lainnya bro. Jadi kalo lo mau pake sepatu Brogue untuk ke acara formal, pakelah Quarter Brogue bro.


6. Ghillie Brogue


Dari semua sepatu Brogue yang ada di dunia, ini adalah sepatu Brogue yang ngga akan pernah gw pake, atau beli. Kenapa? Lo liat aja bentuknya di gambar bawah. Bah.


ghillie brogue

Ghillie Brogue


Masa pemuda maskulin pake sepatu beginian bro? Bisa geger dunia persilatan. Kocaknya, ini adalah jenis sepatu Brogue yang asli, dimana sepatu ini berasal dari Scotlandia. Ghillie Brogue itu adalah jenis Brogue yang paling orisinil, dan merupakan sepatu adat orang sana bro. Tetep aja gw ogah sob make sepatu beginian.


7. Spectator Shoes


Kalo yang ini adalah sepatu (yang biasanya Wingtip Brogue) yang memiliki 2 warna yang sangat kontras pada badan sepatunya. Biasanya toe-cap, dan heelcap-nya warnanya sama. Yang dibikin beda banget adalah bagian uppernya.


spectator shoes

Spectator Shoes


Walaupun ini bukan preferensi gw, cuma mungkin kalo lo suka ngga masalah juga. Terlalu mencolok kalo buat gw, kalo pake ini orang-orang pasti bakal ngeliatin kaki lo sih. Ini pake sepatu belom selesai di cat apa gimana ya?


III. Kapan Sebaiknya Kita Pake Brogue Shoes?


Kalo lo adalah seorang pemuda yang memiliki style gentleman, atau parlente seperti gw, ini sepatu bisa lo pake kemana-mana. Karena kalo menurut gw pribadi, yang namanya Brogue itu cuma hiasan lubang tindikan pada kulit sepatu aja sih.


Cocok atau ngga-nya sepatu ini lo pake, tergantung dari outsole sepatu Brogue itu sendiri dan banyaknya Broguing yang ada di sepatu Brogue lo. Kalo sepatu Brogue lo outsole-nya dari foam atau Polyurethane, udah jelas itu mendingan lo pake buat nongkrong atau jalan-jalan aja sob. Nah kalo outsole-nya dari jenis kulit / macem seperti kayu gitu, lo pake deh ke kondangan atau ke kantor.


Perhatiin juga sob banyaknya dekorasi Broguing sepatu lo, makin banyak lobang-lobang di sepatu, sebenernya itu semakin casual fungsinya. Semakin sedikit, berarti semakin formal. Kalo gw, Wingtips dan Longwing Brogue emang pasti gw pake untuk nongkrong-nongkrong keren aja. Sedangkan yang lebih formal, seperti Quarter Brogue, mungkin masih ngga apa-apa gw pake ke acara-cara yang lebih formal.


Oke sobb, udah ngerti ya apa itu sepatu Brogue? Jangan lupa selalu dukung merek sepatu lokal dengan cara cek merek-merek lokal di Pemoeda.co.id sobb. Caoo!

 

Ditulis oleh Bram

 

 

Blog Terkait