Sepatu Kodachi  – Brand Sepatu Asing Yang Menjadi Lokal? Ini Kenyataannya!

Sepatu Kodachi – Brand Sepatu Asing Yang Menjadi Lokal? Ini Kenyataannya!


Kalau kita liat sepatu Kodachi (コダチシューズ), mungkin beberapa dari kita akan teringat dengan anak-anak sekolah di Jepang yang menggunakan sepatu mirip sekali dengan sepatu keluaran Kodachi. Yaitu sepatu “Uwabaki”, atau dikenal sebagai Indoor shoes. Sepatu yang mereka gunakan di dalam ruangan, dimana sepatu ini khusus hanya digunakan di dalam tempat-tempat yang dilarang menggunakan sepatu luar ruangan.


sepatu uwabaki

Sepatu "Uwabaki" adalah sepatu yang hanya digunakan di dalam ruangan, pada kultur Jepang


Ya, dari pengamatan kita, sepatu Kodachi yang sebenarnya berasal dari Jepang ini memang mirip sekali dengan sepatu dalam ruangan di Jepang. Dari segi desain yang minimalis dan juga kelenturan yang ditawarkan sepatu Kodachi, memang sangat mirip bro dengan sepatu Uwabaki.


sepatu kodachi 1

Sepatu Kodachi 8111


Walaupun tentunya secara kegunaan berbeda ya. Karena sepatu Kodachi ini adalah sepatu yang diciptakan untuk diluar ruangan. Setau kita juga biasanya digunakan oleh murid sekolah SMP & SMA sebagai sepatu olahraga. Yang mana sebenarnya memang sepatu Kodachi ini bertuliskan “Volleyball Shoes” sih. Sehingga mau dipake untuk olahraga ya cocok banget bro.


Makin kesini, sepatu Kodachi ini makin mendapatkan antusiasme dari berbagai kalangan. Ngga cuma untuk olahraga di sekolah aja, tapi juga untuk kuliah, kerja, nongkrong, dan bahkan sebagai salah satu artikel padu padan dalam outfit streetwear.


brand lokal pemoeda


Nah, Inilah yang kita anggap luar biasa. Karena sebenarnya sepatu Kodachi ini sudah berumur lebih dari 3 dekade. Desain yang ditawarkanpun dari tahun ke tahun sama-sama saja, ngga ada yang terlalu berubah.


Kodachi 8116

Sepatu Olahraga Kodachi 8116


Asal Usul  dan Sejarah Sepatu Kodachi


Memang sangat sulit mencari informasi sebenarnya darimana asal sepatu Kodachi ini. Salah satu artikel yang kita dapatkan dari Kompas, mengatakan bahwa sebenarnya sepatu Kodachi ini berasal dari Jepang. Diproduksi di Jepang pada tahun 1970-1980-an, berarti bisa dibilang ini bukan brand lokal bro sebenernya.


Tapi lambat laun, pada tahun 90-an ketenaran sepatu Kodachi ini semakin tergerus oleh sepatu-sepatu yang berasal dari Eropa dan Amerika. Kemungkinan besar oleh Nike, Reebok & Adidas, yang pada waktu itu juga sedang naik daun di Indonesia dan semakin besar.


Kalau dipikir-pikir, memang ngga gampang mencari sepatu ini di mall-mall ibukota pada tahun 90-an. Hampir ngga pernah ketemu sih kita sama sepatu Kodachi ini. Nah, sejak tahun 90-an itu, produsen Kodachi asal Jepang mengalami kemunduran penjualan, sampai terseok-seok dan kabarnya sempat mati suri. Peredaran produk ini sangat menurun dan tenggelam.


kodachi AR

Kodachi AR, Dad Shoes


Setelah itu, konon kabarnya, perlahan-lahan produksi dan pemasaran sepatu Kodachi diambil alih oleh orang Indonesia. Lalu pada tahun 2000-an segala hal tentang merek sepatu Kodachi sudah full 100% dipegang oleh Indonesia.


Namun kita sendiri belum mendapatkan bukti bahwa brand ini sudah dimiliki oleh orang Indonesia ya. Sebaliknya, kita juga tidak mendapatkan informasi apa-apa di Google tentang produksinya di Jepang atau bahkan di Tiongkok. Mungkin memang pemilik dan produsen brand sepatu Kodachi ini ngga ingin terlalu dikenal oleh masyarakat?Made in Japan Kodachi

Lapak Kodachi di Bukalapak, tulisannya Made in Japan


Sejauh ini yang kita perhatikan bahwa kabar tentang dimana pembuatan sepatu Kodachi ini masih simpang siur. Ada yang menganggap bahwa sepatu Kodachi adalah produk buatan dalam negeri dari brand lokal. Ada yang menganggap bahwa sepatu ini adalah Made in Japan.


Sampai saat ini menurut kita, Kodachi sendiri terdengar seperti sepatu buatan Jepang. Ada tulisan "Mode Japan" di setiap sepatu. Tapi kok tidak ada informasi apapun di Google yang berhubungan dengan pabrik atau perusahaan internasional yang memproduksi sepatu-sepatu Kodachi.


Dari segi harga, rasanya hanya Tiongkok yang mampu memproduksi sepatu dengan harga retail 100.000-an dan kurang. Atau jangan-jangan Indonesia memiliki produsen handal yang mampu membuat sepatu berkualitas dengan modal sangat rendah?


Menyelediki Siapa Yang Membuat Sepatu Kodachi & Siapa Yang Memiliki Brand Tersebut


Saking penasarannya, akhirnya kita memutuskan untuk bertanya kepada 2 retailer Kodachi yang kita telusuri menjual sepatu ini di beberapa e-commerce ternama. Mereka juga memiliki website masing-masing yang kita temukan di Google, yang mana berisi info tentang sepatu Kodachi.


Dari kedua retailer tersebut, mereka mengklaim bahwa produk Kodachi adalah sepatu buatan Indonesia 100%. Lo bisa liat di percakapan kita dibawah ya bros.


percakapan dengan admin sepatu kodachi

Percakapan tim Pemoeda dengan retailer Kodachi


Sayangnya, mereka sendiri tidak bisa memberikan info tentang perusahaan apa yang memproduksi sepatu Kodachi ini. Entah mereka merahasiakan (karena takut seandainya kita mau jualan juga), atau memang tidak tahu menahu tentang hal ini.


Masalahnya, bahkan brand Nike-pun memiliki produk buatan Indonesia. Seperti yang sudah sering kita temui di pasaran. Pada label kaos Nike misalnya, bertuliskan “Made in Indonesia”.


Begitu juga dengan brand Uniqlo, “Made in Indonesia” sering sekali terlihat pada baju-baju yang dijual pada toko-toko Uniqlo di pusat perbelanjaan. Produk buatan Indonesia tidak berarti mereka adalah brand lokal bro. Sebaliknya, tim Pemoeda sendiri mengetahui ada brand lokal yang memproduksi barang-barang di negara asing.


nike made in indonesia

Nike made in Indonesia (Quora.com)


Pada akhirnya, perjalanan singkat kita dalam mencari latar belakang brand sepatu Kodachi-pun berakhir dengan kegagalan. Sampai saat ini kita masih tidak Mengetahui siapa pemilik hak cipta brand Kodachi tersebut, dan perusahaan lokal yang memproduksinya. Tentunya, hal ini menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi kami di tim Pemoeda.co.id.


Seandainya kalian memiliki sumber terpercaya yang bisa kami hubungi tentang asal usul dan sejarah sepatu Kodachi, bisa kirim email kepada redaksi tim Pemoeda di bram@pemoeda.co.id. Niscaya penyelidikan ini akan berlangsung kembali.


Rekomendasi Sepatu Kodachi


Walaupun sumber dan konfirmasi tentang apakah sepatu Kodachi ini brand lokal atau bukan tidak memadai. Tetap ada kemungkinan dimana brand sepatu Kodachi adalah brand lokal. Karena kita udah cari di Alibaba, Amazon, Rakuten, dan Google, ngga ada sama sekali hasil pencarian sepatu Kodachi (i.e. Kodachi Shoes, Kodachi, コダチシューズ, Etc.)


Oleh karena itu, kita ngga mau kehilangan kesempatan untuk memberikan rekomendasi sepatu Kodachi yang bisa lo beli bros. Kodachi memiliki beberapa jenis sepatu, diantaranya adalah 8111, 8110, 8116, 8308, 8120, 527, 8136, dan AR. Dimana setiap tipe memiliki varian warna yang berbeda-beda. Berikut adalah rekomendasi kita.


Sepatu Kodachi 8111 Classic, Blue – Red & Rainbow (80.000 IDR – 100.000 IDR)


Dari semua Sepatu Kodachi yang kita lihat, ini yang paling oke. Kabarnya ini adalah sepatu legendaris yang di produksi oleh brand Kodachi semenjak masih diproduksi oleh Jepang pada tahun 80-an.


Kodachi 8111

Sepatu Kodachi 8111 - Rainbow


Hebatnya sampai sekarang produk ini masih ada di pasaran di Indonesia dan dibeberapa komunitas, kita pantau bahwa sepatu Kodachi 8111 Classic ini merupakan favorit dari sepatu Kodachi yang lain. Harganya juga murah banget bro, jadi menurut kita ini worth it banget.


Lo bisa pilih varian warna Red-Blue yang klasik, atau yang lebih cerah yaitu Rainbow. Menurut kita keduanya oke untuk dibawah ke acara-acara kasual dan santai sob.


Sepatu Kodachi 8116 Blue – Yellow & Blue - Red (75.000 IDR – 100.000 IDR)


Tipe 8116 itu terlihat lebih sporty daripada 8111. Sehingga memang banyak orang yang menggunakan sepatu ini untuk berolahraga. Tapi jangan khawatir, buat lo yang mau menggunakan sepatu ini untuk acara yang casual.


8116 sepatu kodachi

Sepatu Kodachi 8116 - Blue


Karena memang streetwear jaman sekarang cocok dengan atribut-atribut yang sporty. Nah, harga sepatu ini juga sangat murah ya. Lo bisa cari aja di e-commerce kesukaan lo. Menurut kita sih paling keren yang varian Blue – Red dan Blue – Yellow bro.


Overall menurut tim Pemoeda, kedua sepatu Inilah yang paling wajib untuk direkomendasikan. Apalagi buat lo pada yang gayanya retro tahun 90-an. Tentunya sepatu Kodachi ini bisa menambah kesan retro lo. Membawa orang-orang yang melihat outfit lo kembali bernostalgia ke tahun 80-90an.


Nah itu dia tadi sedikit sharing tentang brand yang bernama Kodachi. Pada akhirnya kita semua berharap bahwa brand ini memang sudah benar-benar 100% diproduksi dan dimiliki oleh individual yang berasal dari Indonesia. Sehingga bertambah 1 lagi brand lokal yang sudah tua dan harum namanya. Sayonara!