arrow-right cart chevron-down chevron-left chevron-right chevron-up close menu minus play plus search share user email pinterest facebook instagram snapchat tumblr twitter vimeo youtube subscribe dogecoin dwolla forbrugsforeningen litecoin amazon_payments american_express bitcoin cirrus discover fancy interac jcb master paypal stripe visa diners_club dankort maestro trash

Oleh Bima Arya


👕 Atribut

5 Hal yang Harusnya Diajarin Sama Bokap Lo Tentang Berpakaian

Oleh Bima Arya


Oleh Bima Arya


Mungkin kedengaran kuno dan agak ngebosenin saat ada sebuah ide tentang bokap yang harusnya mengajari anak cowoknya soal berpakaian sebagaimana pria pada umumnya.

Ajaran Bokap Soal Berpakaian

Salah satu alasannya adalah kebanyakan dari bokap-bokap zaman sekarang nggak benar-benar tahu cara berpakaian yang baik itu seperti apa.

Jadi, apa juga yang mau disampaikan ke anak mereka kan?

Meski jadi diri sendiri lebih menyenangkan, sebagai manusia kita juga pernah ngelakuin kesalahan. Termasuk dalam hal berpakaian.

Di sinilah pentingnya nasehat secara turun temurun untuk jadi pertimbangan dan nggak salah sebelum memilih outfit. 

Tapi sekali lagi, nggak semua bokap punya jiwa mentor dalam hal style. Lo yang adalah seorang bokap atau calon bokap, masih bisa kok mempelajari cara berpakaian yang baik.

Simak deh ulasan berikut! 

Penampilan itu Penting; Orang Mulai Menilai dari Luar

Salah satu pepatah Jawa mengatakan, “Ajining raga gumantung saka busana”. Intinya, pakaian mencerminkan kepribadian seseorang.

Layaknya manusia pada umumnya, lo pasti pengen jadi orang terpandang. Tapi nggak peduli sebaik apapun lo, orang nggak bakal menilai lo berdasarkan kualitas karakter lo yang sebenarnya.

Penampilan Itu Penting

Kecuali mereka diberi kesempatan buat kenal lo lebih dekat. Nah, dalam hal ini, penampilan adalah yang pertama memengaruhi persepsi orang-orang sekitar tentang diri lo.

Sementara itu, bokap yang pengen anak-anaknya jadi lebih baik dalam hal berpakaian dan pengen keluarga mereka dihormati, pasti bakal nerusin ajaran tersebut.

Beli Barang Berkualitas

Investasi terkait fashion bakal berguna buat lo. Lo boleh kok menghabiskan uang untuk beli barang branded, punya desain bagus, atau memilih item yang kualitas fisiknya oke. Karena mereka lebih awet, bos!

Bokap yang bertanggung jawab bakal selalu memberi saran ke anak cowoknya untuk lebih memprioritaskan kualitas. Sementara faktor lainnya bisa dinomorduakan.

Beli Barang Berkualitas

Lo pasti udah tahu kalau barang berkualitas bukan cuma bakal bertahan lebih lama, tapi biasanya juga punya tampilan yang lebih bagus dan nggak terkesan murahan.

Nggak bakal rugi sebenarnya kalau lo harus ngeluarin duit lebih demi barang-barang yang lebih baik.

Asalkan item yang lo pilih memang cocok buat tubuh lo saat dipakai.

Rawat Barang Lo

Pakaian mungkin nggak bakal ngabisin banyak biaya kalau ‘mereka’ perlu diperbaiki atau diganti karena rusak. Tapi yaa, bukan berarti lo harus nyepelein juga, bro.

Toh daripada diperbaiki atau diganti, bukannya lebih baik lo merawatnya? Orang dulu lebih suka merawat daripada selalu beli baru.

Rawat Barang Lo

Ambil pelajaran yang bokap lo beri, pertahankan apapun yang lo miliki, dan ajarin itu ke anak lo.

Bersihkan dan lakukan perawatan kecil pada pakaian yang lo punya secara mandiri.

Kalau lo nggak cuek soal saran ini, pastinya cost untuk perbaikan atau belanja bisa diminimalisir kan?

Kenal dengan Penjahit Langganan

Beli pakaian di toko besar memang nggak salah. Tapi mereka kadang susah buat diajak negosiasi. Untuk itu, kenal dengan penjahit langganan adalah salah satu solusi.

Mereka yang membangun usaha kecil dan dilakuin secara mandiri bakal lebih terbuka kalau diajak diskusi dan negosiasi.

Punya Penjahit Langganan

Lebih dari itu, lo juga bisa minta penjahit buat bikin baju sesuai permintaan lo. Seru, kan? Terlebih lagi lo bisa pilih bahan sesuai keinginan lo.

Hasilnya, pasti nggak kalah dari pakaian yang biasa ada di toko besar atau butik mahal. Dengan catatan lo bisa dapat penjahit yang bagus.  

Pakaian Bisa Memengaruhi Mindset

Psikolog menyebut pakaian punya efek magis. Dalam sebuah studi, peserta yang diberi jas lab putih untuk digunakan saat tes penalaran punya performa lebih baik daripada mereka yang mengenakan pakaian biasa.

Lalu percobaan diulang. Tapi kali ini nggak ada yang pake jas lab putih, dan nilai mereka semua sama.

Pakaian Mempengaruhi Mindset

Dalam hal ini, pakaian lo bisa punya efek yang sama buat diri lo sendiri. Kalau lo bekerja dari rumah dan lo ngerasa terlalu membuang waktu untuk aktivitas di luar kerja. Coba deh ubah dan kenakan pakaian yang proper di awal waktu kerja.

Begitu juga saat lo lagi ngusahain kenaikan gaji atau promosi. Mulailah berpakaian seperti orang-orang di level yang lo pengen.

Karena sejatinya, pakaian yang lo kenakan bakal mewakili pola pikir yang lo pengenin. Bukan pola pikir yang lo miliki sekarang. 

Intinya Apa nih?

Itulah beberapa hal yang harusnya diajarin sama bokap lo ato lo nantinya soal berpakaian. Dimana pakaian yang lo kenakan bakal memengaruhi kesan pertama orang yang ketemu lo.

Bahkan menurut studi, outfit yang lo pakai ternyata juga bakal mewakili pola pikir yang lo mau.

Beli barang berkualitas dan merawatnya dengan baik juga harusnya lo ajarkan turun temurun. Begitu pula dengan penjahit langganan. Karena ‘ilmu’ ini bakal berguna buat lo di kemudian hari. 


Rubrik Lainnya

Makanan yang Jaga Tubuh Lo Tetap Bugar
Makanan yang Jaga Tubuh Lo Tetap Bugar
Kebutuhan nutrisi cowok berbeda dengan cewek. Begitu pula dengan risiko kesehatan keduanya juga nggak sama....
Manusia Bisa Menyentuh Wajah 16 Kali per Jam: Gini Cara Berhentinya
Manusia Bisa Menyentuh Wajah 16 Kali per Jam: Gini Cara Berhentinya
Sengaja atau nggak disengaja, kita pasti pernah menyentuh wajah kita berkali-kali setiap harinya. Ini hal y...
Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Ngopi?
Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Ngopi?
Lo suka kopi? Kita juga suka banget. Masalahnya kapan sih, waktu yang paling baik untuk minum kopi bro?  B...
Sebat? Makanan Sehat Untuk Perokok Menurut Studi
Sebat? Makanan Sehat Untuk Perokok Menurut Studi
Tau ngga kalau berdasarkan sebuah penelitian Harvard perokok juga cenderung lebih jarang makan sayur dan bu...
Makanan-Makanan yang Bakal Bantu Lo Hempaskan Perut Buncit
Makanan-Makanan yang Bakal Bantu Lo Hempaskan Perut Buncit
Perut buncit mungkin jadi salah satu ‘musuh’ terberat cowok, terutama bagi mereka yang selalu ingin menjaga...
Makanan yang Sebaiknya Dimakan Sebelum Olahraga
Makanan yang Sebaiknya Dimakan Sebelum Olahraga
Atlet maupun lo yang gemar olahraga pasti bakal cari cara untuk meningkatkan performa saat berolahraga. Sep...
4 Makanan Yang Membantu Lo
4 Makanan Yang Membantu Lo "Berdiri" Gagah Perkasa!
Mungkin bagi lo yang udah nikah ini adalah topik yang cukup penting untuk dibahas. Terutama karena hubungan...
Olahraga Saat Sakit; Baik atau Buruk?
Olahraga Saat Sakit; Baik atau Buruk?
Olahraga teratur bisa dibilang merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga tubuh tetap sehat. Apalagi ...

Keranjang