Kenali Tipe-Tipe Sepatu Boots Sebelum Beli Bro! – 11 Tipe Sepatu Boots – pemoeda.co.id arrow-right cart chevron-down chevron-left chevron-right chevron-up close menu minus play plus search share user email pinterest facebook instagram snapchat tumblr twitter vimeo youtube subscribe dogecoin dwolla forbrugsforeningen litecoin amazon_payments american_express bitcoin cirrus discover fancy interac jcb master paypal stripe visa diners_club dankort maestro trash

Oleh Bima Arya


👕 Atribut

Kenali Tipe-Tipe Sepatu Boots Sebelum Beli Bro! – 11 Tipe Sepatu Boots

Oleh Bima Arya


Oleh Bima Arya



Sebelum kita mulai lo harus cek ada banyak banget sepatu boots buatan brand lokal yang keren-keren banget bro. Lo cek koleksi sepatu boots buatan brand lokal dan lo akan tercengang!


Emang ya, yang namanya sepatu boots itu akan selalu menjadi sebuah pemandangan yang “cantik” bagi para laki-laki yang macho dan rugged. Walaupun begitu, kita ngertilah, secantik apapun kalau ngga kenal maka ngga sayang bro.


Jangan sampai ketika lo udah beli sepasang sepatu boots, ternyata lo ngerasa salah pilih gara-gara yang lo beli ternyata bukan tipe sepatu boots yang lo mau, atau ngga sesuai dengan kegunaannya.


Nah, ini dia masalahnya. Karena ternyata tipe sepatu boots itu macem-macem, jadi lo jangan sampe lo asal beli sepatu boots. Sehingga pada artikel kali ini gw akan mencoba untuk memberikan lo sebuah guide yang bisa membantu lo dalam menyelami dunia sepatu boots. Yuk kita mulai dari jenis sepatu boots yang pertama.


1. Hiker Boots


sepatu boots hiker

Sepatu Boots Hiker


Ngomongin Hiker boots, otomatis kita paham bahwa boots yang satu ini bakalan lo pake untuk hiking. Sehingga, kalo lo beli boots jenis ini dan lo pake untuk jalan-jalan atau nongkrong, pasti akan terlihat sedikit aneh.


Kecuali lo mau terlihat seperti anak gunung, kita saranin lo jangan beli boots ini kalau ngga mau hiking. Karena boots jenis ini lebih condong digunakan karena fungsinya, bukan stylenya.


Eiger sepatu boots gunung

Eiger 1989 Coup Shoes - Brown


Hiker boots akan memiliki ruang yang cukup luas biar kaos kaki yang cukup tebal bisa masuk. Didampingi dengan sol yang tebal dan kuat. Nah, boots jenis ini memang cocok digunakan untuk berjalan jauh yang terjal. Kalau memang hidup lo udah terjal dan susah, mungkin ini boots yang cocok untuk lo.


Coba lo liat Consina & Eiger untuk beberapa contoh sepatu boots untuk naik gunung. Mungkin sepatu Hiker boots mereka ada yang cocok sama selera lo?


2. Duck Boots


sepatu boots duck

Duck Boots


Boots jenis ini memang ngga lazim di Indonesia. Karena seperti namanya, Duck boots pada masanya digunakan untuk memburu bebek liar. Yang mana mungkin ketika pertama kali sepatu boots jenis ini diciptakan, yaitu awal abad ke-20 oleh Leon Leonwood Bean, memburu bebek liar merupakan profesi yang cukup terkenal?


cek brand lokal


Kalau lo adalah penjual pecel bebek yang mau memulai memburu bebek lo sendiri, ada baiknya lo menggunakan Duck boots ini. Biar lebih mantep gitu rasanya bro, menggunakan equipment yang tepat untuk aktifitas yang tepat. Nggalah, lo tetep bisa nyari Duck boots yang oke asalkan tepat secara warna dan bentuk.


Kita sendiri belum bisa merekomendasikan brand lokal yang menjual Duck boots. Kasih tau kita ya kalau seandainya ada bro.


3. Moc-Toe Boots


sepatu boots moc toe

Sepatu Boots Moc-Toe


Lo tau apa itu Moccasin? Moc-Toe boots adalah jenis sepatu boots yang bentuknya seperti sepatu Moccasin. Sehingga disebutnya Moc-Toe boots. Aksen Moccasin bisa lo liat pada bagian throat-nya yang mirip banget sama sepatu Moccasin. Serta pada bagian jahitan sepanjang sepatunya, dari ujung depan sampai kebelakang. Khas banget sepatu Moccasin pokoknya.


Mungkin boots tipe ini adalah sebuah opsi yang sangat sempurna untuk para penggemar sepatu Moccasin yang mau pake sepatu boots. Sehingga sekarang mereka punya pilihan bernama Moc-Toe boots. Pada umumnya sepatu boots Moc-Toe menggunakan sol jenis wedges, yang mana bisa di rekonstruksi ketika sudah tipis.


Satu brand lokal yang kita tau jual boots macam ini adalah Minen Leather.


4. Service Boots

sepatu boots service

Service Boots Kulit Vegetan

 


Ini nih kesukaan banyak banget pemuda. Service boots adalah sebuah jenis boots yang sering digunakan oleh tantara pada jaman perang dunia pertama dan kedua. Memang bentuknya manly abis, dan akan memberikan kesan tough kepada sang pengguna sepatu boots ini.


Nah, biasanya konstruksi dari sepatu ini adalah welted dan memiliki hak belakang yang juga dikonstruksi dengan kuat. Namanya juga buat perang, masa iya dibuatnya dari kain? Sepatu boots ini dibuat sedemikian rupa dengan bahan kulit yang kuat dan tebal. Serta tipe sepatu boots ini juga biasanya menggunakan eyelet besi, sehingga terkesan lebih kuat.


Coba lo cek Minen Leather, Benzein, & Sagara, tiga brand lokal gokil yang kita suka banget.


5. Logger Boots


sepatu boots logger

Logger Boots


Sepatu boots jenis ini biasanya digunakan oleh para pemotong kayu, alias lumberjack. Logger boots ini 100% ngga populer di Indonesia, dan mungkin dimanapun pada jaman ini. Karena lehernya yang terlalu tinggi, mungkin bener-bener hanya pada negara tertentu aja yang masih pakai sepatu jenis Logger boots. Konon sepatu ini kerap digunakan pada tahun 1800-an.


Yang jelas, kita ngga rekomen lo pake boots jenis ini kemana-mana. Karena keliatannya cukup aneh mau digunakan kemanapun. Kecuali memang style lo adalah style yang mengadopsi musik rock metal hardcore, atau memang profesi lo adalah seorang lumberjack.


6. Engineer Boots


sepatu boots engineer

Engineer Boots


Engineer boots, walaupun ngga terlalu populer namun masih ada tempat pada jaman yang sudah cukup modern ini. Diciptakan pertama kali pada tahun 30-an, boots ini memiliki leher yang tinggi dan ngga punya tali. Gw yakin 100% ngga ada insinyur yang harus kerja dengan menggunakan boots jenis ini. Karena lo akan terlihat eksentrik dan what the hell.


Engineer boots masih cukup populer digunakan pada komunitas moge, alias motor gede. Biasanya di sebuah geng moge, terutama Harley Davidson, lo masih melihat beberapa orang yang kerap menggunakan sepatu boots jenis ini bro. Lo suka? Mungkin lo harus beli moge dulu baru pake sepatu boots ini.


7. Cowboy Boots

sepatu boots cowboy

Sepatu Boots Koboy

 


Sepatu boots yang pernah populer di Indonesia. Jaman dulu taun 90-an sepatu ini cukup ramai digunakan orang sebagai kostum. Tapi sekarang ngga lagi, karena pada dasarnya memang koboi itu ngga termasuk kepada kultur kita. Entah mungkin di masa depan akan populer lagi? Kemungkinan yang paling cocok adalah masuk ke riding culture sepertinya.


Walaupun begitu, sepatu boots jenis ini pasti masih digunakan oleh para atlit berkuda bro. Saran kita sih, kalo lo bukan atlit berkuda dan bukan koboi, mendingan lo jangan nongkrong pake sepatu Cowboy boots. Lo bisalah pake ini kalo lo lagi main ke Texas, USA. Karena disana sepertinya masih cukup populer. Make dan copot sepatu ini keliatannya bakalan susah banget ya karenan lehernya yang sangat tinggi.


8. Chukka Boots


Sepatu Boots Chukka

Chukka Boots


Leher dari Chukka boots ngga setinggi itu. Bahkan bisa dibilang paling pendek dari pada jenis sepatu boots yang lain. Kalo menurut kita pribadi, boots jenis ini adalah yang paling simple diantara yang lain. Kesannya ini adalah boots yang minimalis.


Kalo style lo adalah rugged yang agak minimalis. Mungkin ini adalah jenis boots yang sangat cocok buat lo bro. Terutama karena memang Chukka boots ini simple dan elegan ya.


Coba lo cek Willent Distro & Junkard Company bro. Mungkin lo cocok dengan sepatu boots Chukka yang mereka buat.


9. Jodhpur Boots


Jodhpur Sepatu boots

Jodhpur Boots


Kita sendiri cukup kaget bahwa ada jenis sepatu boots yang berasal dari India bro. Lo baca namanya, kedengerannya aja udah India-India gitu. Hahaha. Sepatu boots ini ngga memiliki tali, tapi memiliki strap untuk mengencangkan.


Boots ini digunakan pada tahun 20-an untuk bermain olahraga polo. Tapi rasanya kalau sekarang dipake pun masih cukup keren. Terutama kalo style lo adalah parlente atau rugged. Tinggal pake selvedge jeans, ganteng langsung bos.


Coba lo cek Professor Barnets bos. Mungkin lo suka dan cocok dengan sepatu boots yang mereka produksi secara lokal.


10. Chelsea Boots


Chelsea Sepatu Boots

Chelsea Boots


Chelsea boots adalah tipe sepatu boots yang sampai sekarang masih sangat populer ya. Mungkin salah satunya alasannya adalah karena sepatu boots jenis ini sering digunakan oleh personil band legendaris the Beatles. Yang mana Chelsea boots memang dianggap sebagai boots-nya orang Inggris.


Memang, kita akuin, boots ini memiliki desain yang cukup timeless. Terutama bagi kita semua yang mengadopsi gaya parlente, atau dapper. Cocok sekali bos. Untuk sepatu boots jenis ini, kita ada beberapa brand lokal nih.


Lo bisa cek Portblue, Txture, & Minen Leather. Asli menurut kita mereka keren-keren banget dan mungkin lo juga akan menilai seperti itu kalo udah liat.


11. Work Boots


sepatu work boots

Work Boots


Nah ini nih, jenis sepatu boots yang bikin boots booming di Indonesia. Work boots itu memang keren digunakan untuk berbagai aktifitas. Bisa dibilang setiap pemuda wajib punya satu, karena kegunaannya cukup luas. Lo mau naik motor, nongkrong, atau naik gunung, lo bisa lakukan semuanya dengan menggunakan boots ini.


Ngga jarang juga kita liat pemuda yang menggunakan work boots ke kantor lho. Mungkin sebagai fashion statement bahwa mereka itu sangar yah. Hahahah. Kalo untuk work boots banyak banget brand lokal yang produksi. Jadi lo bisa langsung cek halaman explore sepatu boots di website Pemoeda yaaa.


Nah itulah artikel tentang jenis-jenis sepatu boots yang ternyata cukup banyak. Semoga setelah ini lo ngga akan salah pilih jenis boots yang lo mau beli. Perlu diingat bahwa boots itu ngga selalu cocok dengan setiap outfit. Jadi lo harus bener-bener perhatiin kapan harus pakai boots dan kapan jangan. Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya yaa brooo!



Rubrik Lainnya

Makanan yang Sebaiknya Lo Makan Setelah Olahraga
Makanan yang Sebaiknya Lo Makan Setelah Olahraga
Mengonsumsi nutrisi setelah olahraga itu sama pentingnya dengan apa yang lo makan sebelum workout. Sebab, ...
Makanan yang Sebaiknya Dimakan Sebelum Olahraga
Makanan yang Sebaiknya Dimakan Sebelum Olahraga
Atlet maupun lo yang gemar olahraga pasti bakal cari cara untuk meningkatkan performa saat berolahraga. Sep...
4 Makanan Yang Membantu Lo
4 Makanan Yang Membantu Lo "Berdiri" Gagah Perkasa!
Mungkin bagi lo yang udah nikah ini adalah topik yang cukup penting untuk dibahas. Terutama karena hubungan...
Olahraga Saat Sakit; Baik atau Buruk?
Olahraga Saat Sakit; Baik atau Buruk?
Olahraga teratur bisa dibilang merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga tubuh tetap sehat. Apalagi ...
Uang Tunai Mungkin Bisa Menyebarkan Virus, tapi...
Uang Tunai Mungkin Bisa Menyebarkan Virus, tapi...
Kebersihan jadi isu yang bisa dibilang sangat penting sekarang. Karena kebanyakan pada khawatir kalo sampe ...
Beberapa Ilmuwan Percaya Ganja Bisa Mencegah dan Menyembuhkan Corona
Beberapa Ilmuwan Percaya Ganja Bisa Mencegah dan Menyembuhkan Corona
Sebuah tim ilmuwan Kanada meyakini telah menemukan jenis ganja yang berpotensi kuat membantu, mencegah atau...
Keuntungan dari Meditasi Berjalan yang Perlu Lo Tahu
Keuntungan dari Meditasi Berjalan yang Perlu Lo Tahu
Di tengah pandemi yang nggak menentu ini, mindfulness jadi salah satu teknik yang lo butuhin. Dalam hal ini...
Makanan yang Jaga Tubuh Lo Tetap Bugar
Makanan yang Jaga Tubuh Lo Tetap Bugar
Kebutuhan nutrisi cowok berbeda dengan cewek. Begitu pula dengan risiko kesehatan keduanya juga nggak sama....

Keranjang