arrow-right cart chevron-down chevron-left chevron-right chevron-up close menu minus play plus search share user email pinterest facebook instagram snapchat tumblr twitter vimeo youtube subscribe dogecoin dwolla forbrugsforeningen litecoin amazon_payments american_express bitcoin cirrus discover fancy interac jcb master paypal stripe visa diners_club dankort maestro trash

Oleh Bram Priambodo


🇲🇨 Kabar

Netflix, Spotify, Dkk. Dikenakan PPN 10%

Oleh Bram Priambodo


Oleh Bram Priambodo


Kabarnya mulai 1 Juli 2020, perusahan-perusahaan online luar kena PPN bros!

perpu no1 tahun 2020

Perusahan yang memberikan layanan servis digital, atau 

penyelenggara perdagangan melalui sistem elektronik (PPMSE) dari luar dan dalam negeri, seperti; Netflix, Spotify, dan PPMSE lainnya, akan dikenakan pajak pertambahan nilai atau PPN.

Hal ini dilakukan untuk menciptakan kesetaraan usaha untuk semua pelaku usaha dalam dan luar negeri, konvensional dan digital.

Namun tujuan utamanya adalah sebagai langkah penyelamatan ekonomi nasional yang terpuruk akibat imbas COVID-19. Peraturan ini resmi tercantum pada Perpu Nomor 1 Tahun 2020.

Ini berarti; kita harus bayar 10% lebih tinggi dari harga netflix yang sekarang. Karena ngga mungkin mereka ngurangin margin sehingga harganya udah termasuk PPN kan?

Yang kedua, berarti ekonomi Indonesia cukup terpuruk. Karena ini merupakan langkah yang cukup luar biasa lho. Ada baiknya kita lebih rajin nabung, dibandingkan foya-foya belanja yang ngga perlu bros. #staysafe

 


Rubrik Lainnya

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Ngopi?
Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Ngopi?
Lo suka kopi? Kita juga suka banget. Masalahnya kapan sih, waktu yang paling baik untuk minum kopi bro?  B...
Sebat? Makanan Sehat Untuk Perokok Menurut Studi
Sebat? Makanan Sehat Untuk Perokok Menurut Studi
Tau ngga kalau berdasarkan sebuah penelitian Harvard perokok juga cenderung lebih jarang makan sayur dan bu...
Makanan-Makanan yang Bakal Bantu Lo Hempaskan Perut Buncit
Makanan-Makanan yang Bakal Bantu Lo Hempaskan Perut Buncit
Perut buncit mungkin jadi salah satu ‘musuh’ terberat cowok, terutama bagi mereka yang selalu ingin menjaga...
Makanan yang Sebaiknya Dimakan Sebelum Olahraga
Makanan yang Sebaiknya Dimakan Sebelum Olahraga
Atlet maupun lo yang gemar olahraga pasti bakal cari cara untuk meningkatkan performa saat berolahraga. Sep...
4 Makanan Yang Membantu Lo
4 Makanan Yang Membantu Lo "Berdiri" Gagah Perkasa!
Mungkin bagi lo yang udah nikah ini adalah topik yang cukup penting untuk dibahas. Terutama karena hubungan...
Olahraga Saat Sakit; Baik atau Buruk?
Olahraga Saat Sakit; Baik atau Buruk?
Olahraga teratur bisa dibilang merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga tubuh tetap sehat. Apalagi ...
Uang Tunai Mungkin Bisa Menyebarkan Virus, tapi...
Uang Tunai Mungkin Bisa Menyebarkan Virus, tapi...
Kebersihan jadi isu yang bisa dibilang sangat penting sekarang. Karena kebanyakan pada khawatir kalo sampe ...
Beberapa Ilmuwan Percaya Ganja Bisa Mencegah dan Menyembuhkan Corona
Beberapa Ilmuwan Percaya Ganja Bisa Mencegah dan Menyembuhkan Corona
Sebuah tim ilmuwan Kanada meyakini telah menemukan jenis ganja yang berpotensi kuat membantu, mencegah atau...

Keranjang