Cuci Tangan Pake Sabun Lebih Ampuh dari Hand Sanitizer – pemoeda.co.id arrow-right cart chevron-down chevron-left chevron-right chevron-up close menu minus play plus search share user email pinterest facebook instagram snapchat tumblr twitter vimeo youtube subscribe dogecoin dwolla forbrugsforeningen litecoin amazon_payments american_express bitcoin cirrus discover fancy interac jcb master paypal stripe visa diners_club dankort maestro trash

Oleh Bima Arya


🇲🇨 Kabar

Cuci Tangan Pake Sabun Lebih Ampuh dari Hand Sanitizer

Oleh Bima Arya


Oleh Bima Arya


Sejak COVID-19 merebak, sudah merupakan hal yang lumrah bagi masyarakat untuk menggunakan hand sanitizer sebagai kebiasaan.

Cuci tangan pake sabun

Saking sering digunakannya produk ini, bukan fenomena yang mengherankan kalau beberapa waktu lalu hand sanitizer habis dimana-mana atau kalau adapun harganya selangit.

Tapi tau ngga sih, ternyata cuci tangan pake sabun itu jauh lebih efektif dibanding menggunakan hand sanitizer.

Tipe Hand Sanitizer

Berbasis Alkohol 

Pembersih tangan berbasis alkohol mengandung jumlah dan jenis alkohol yang bervariasi, seringkali antara 60 persen dan 95 persen dan biasanya isopropil alkohol, etanol (etil alkohol) atau n-propanol. Alkohol diketahui mampu membunuh sebagian besar kuman.

Bebas Alkohol

Pembersih tangan bebas alkohol mengandung sesuatu yang disebut senyawa amonium kuarterner (biasanya benzalkonium klorida), bukan alkohol. Ini dapat mengurangi mikroba tetapi kurang efektif daripada alkohol.

Menghancurkan Virus

Hand sanitizer yang efektif untuk menghancurkan virus harus mengandung alkohol setidaknya 60%.

Hal ini karena alkohol menyerang dan menghancurkan protein yang mengelilingi beberapa virus, termasuk coronavirus.

Pembersih tangan dengan alkohol kurang dari 60 persen kurang efektif membunuh bakteri atau jamur dan mungkin cuma mengurangi pertumbuhan kuman daripada menghancurkan.

Penelitian telah menemukan bahwa mencuci tangan lebih efektif daripada pembersih tangan dalam menghilangkan norovirus, Cryptosporidium (parasit yang dapat menyebabkan diare), dan Clostridium difficile (bakteri yang menyebabkan masalah usus dan diare).

Efek deterjen dari sabun dan gesekan saat mencuci tangan sangat efektif untuk mengurangi jumlah mikroba di tangan kita, serta kotoran dan bahan organik.

Tapi hand sanitizer dengan bahan dasar alkohol (paling ngga 60 persen alkohol) adalah alternatif praktis ketika sabun dan air ngga tersedia

Intinya

Lebih baik kalo lo abis keluar rumah dan pegang-pegang sesuatu yang lo ngga tau kebersihannya, mending lo cuci tangan deh.

Kalo harus pake hand sanitizer, cari yang ada alkoholnya minimal 60 persen.


Rubrik Lainnya

Makanan yang Sebaiknya Dimakan Sebelum Olahraga
Makanan yang Sebaiknya Dimakan Sebelum Olahraga
Atlet maupun lo yang gemar olahraga pasti bakal cari cara untuk meningkatkan performa saat berolahraga. Sep...
4 Makanan Yang Membantu Lo
4 Makanan Yang Membantu Lo "Berdiri" Gagah Perkasa!
Mungkin bagi lo yang udah nikah ini adalah topik yang cukup penting untuk dibahas. Terutama karena hubungan...
Olahraga Saat Sakit; Baik atau Buruk?
Olahraga Saat Sakit; Baik atau Buruk?
Olahraga teratur bisa dibilang merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga tubuh tetap sehat. Apalagi ...
Uang Tunai Mungkin Bisa Menyebarkan Virus, tapi...
Uang Tunai Mungkin Bisa Menyebarkan Virus, tapi...
Kebersihan jadi isu yang bisa dibilang sangat penting sekarang. Karena kebanyakan pada khawatir kalo sampe ...
Beberapa Ilmuwan Percaya Ganja Bisa Mencegah dan Menyembuhkan Corona
Beberapa Ilmuwan Percaya Ganja Bisa Mencegah dan Menyembuhkan Corona
Sebuah tim ilmuwan Kanada meyakini telah menemukan jenis ganja yang berpotensi kuat membantu, mencegah atau...
Keuntungan dari Meditasi Berjalan yang Perlu Lo Tahu
Keuntungan dari Meditasi Berjalan yang Perlu Lo Tahu
Di tengah pandemi yang nggak menentu ini, mindfulness jadi salah satu teknik yang lo butuhin. Dalam hal ini...
Makanan yang Jaga Tubuh Lo Tetap Bugar
Makanan yang Jaga Tubuh Lo Tetap Bugar
Kebutuhan nutrisi cowok berbeda dengan cewek. Begitu pula dengan risiko kesehatan keduanya juga nggak sama....
Manusia Bisa Menyentuh Wajah 16 Kali per Jam: Gini Cara Berhentinya
Manusia Bisa Menyentuh Wajah 16 Kali per Jam: Gini Cara Berhentinya
Sengaja atau nggak disengaja, kita pasti pernah menyentuh wajah kita berkali-kali setiap harinya. Ini hal y...

Keranjang