Buka Telur dengan Satu Tangan? Skill Gila! – pemoeda.co.id arrow-right cart chevron-down chevron-left chevron-right chevron-up close menu minus play plus search share user email pinterest facebook instagram snapchat tumblr twitter vimeo youtube subscribe dogecoin dwolla forbrugsforeningen litecoin amazon_payments american_express bitcoin cirrus discover fancy interac jcb master paypal stripe visa diners_club dankort maestro trash

Oleh Bram Priambodo


💡 Lifehack

Buka Telur dengan Satu Tangan? Skill Gila!

Oleh Bram Priambodo


Oleh Bram Priambodo


Siapa sih yang nggak suka ambil langkah praktis saat ngelakuin suatu kegiatan? Sama halnya saat lagi masak, kita juga bakal pilih metode yang nggak ribet.

pecahkan telur dengan satu tangan

Mecahin telur dengan satu tangan misalnya. Trik memasak yang satu ini cocok dipraktekin saat lo lagi pengen hemat waktu dan tenaga.

Awalnya mungkin lo bakal berpikir kalau teknik mecahin telur ini cuma bisa dilakuin sama koki-koki profesional atau mereka yang ahli memasak.

cracking egg

Padahal, kita yang baru belajar masak juga bisa mempelajari trik ini karena bakal bantu lo di kemudian hari.

Metode Terbaik untuk Multitasking Saat Masak

Memang, lo nggak bakal pecahin telur sampai ratusan atau bahkan ribuan dalam sehari. Meski begitu, dengan belajar cara mecahin telur dengan satu tangan, lo bakal dapat banyak manfaat.

multitasking masak

Seperti saat di dapur, kadang lo perlu punya kemampuan multitasking supaya acara masak jadi cepat selesai. Karena selagi mecahin telur, lo bisa pakai tangan lo yang lain untuk ngelakuin hal lain, misalnya ambil garam, atau alat untuk mengocok telur.

Jangankan bakal bikin lo ngerangkep kerjaan di dapur. Manfaat lain yang bisa lo dapat dari mempelajari kitchen hacks ini adalah bisa bikin lo terlihat lebih keren dan elegan. Caranya?  

1. Posisikan Tangan dan Jari

Posisi tangan saat akan mecahin telur merupakan hal penting. Sebelum itu, selalu ingat kalau posisi telur harus berbaring atau horizontal. Karena kalau lo meletakkannya dalam posisi tegak atau vertikal, cairan telur yang keluar bisa kena telapak tangan.

pecahkan telur dengan satu tangan 1

Selanjutnya adalah meletakkan jari pada telur dengan urutan yang benar. Pertama ibu jari dan jari tengah memegang kedua sisi ujung telur. Lalu jari telunjuk menyentuh bagian atas telur. Sementara jari manis dan kelingking lo nanti buat menahan telur supaya cangkangnya nggak ikut jatuh bersama isi.

2. Pecahkan Telur Pada Suatu Permukaan Seperti Pro

Kalau posisi sudah siap, ketukkan telur secara perlahan pada bidang datar seperti meja atau papan. Hindari mengetukkannya terlalu keras supaya telur nggak pecah duluan.

pecahkan telur dengan satu tangan 2

Karena cara ini sebenarnya cuma untuk membuat retakan awal, bukan langsung membuka cangkangnya. Kalo terlalu kenceng bisa ambyar bros.

3. Genggam Telur di Atas Wajan

Pastikan tangan lo tetap santai saat memecahkan telur dan menggenggamnya. Begitu sudah agak retak, arahkan telur ke atas wadah atau wajan.

pecahkan telur dengan satu tangan 3

Usahakan posisi jari tetap seperti yang sudah dijelaskan di tahap awal ya! Nah, bagian retaknya itu lo arahin ke wajan bro, atau ke wadah tempat telur itu harus mendarat.

 4. Tarik Cangkang Telur dengan Jari Lo

Terakhir, tarik telunjuk, ibu jari, dan jari tengah lo agar cangkang bisa terbuka. Sementara jari manis dan kelingking ikut membantu menahan telur supaya cangkang nggak ikut masuk ke wadah atau wajan.

pecahkan telur dengan satu tangan 4

Mungkin langkah ini susah-susah gampang buat dipraktekin. Kuncinya, buku-buku jari lo harus melengkung ke arah atas lengan lo supaya proses lebih mudah. Selain itu, lo juga harus rajin berlatih biar nggak canggung lagi untuk menarik cangkang telur. 

Gimana, cara buka telur dengan satu tangan di atas gampang ditiru kan? Yang pasti, kitchen hacks satu ini bakal sangat berguna nantinya, karena bakal bikin lo lebih hemat waktu dan tenaga. Kalo ngga bisa lo copo sih bro! 


Rubrik Lainnya

Beberapa Ilmuwan Percaya Ganja Bisa Mencegah dan Menyembuhkan Corona
Beberapa Ilmuwan Percaya Ganja Bisa Mencegah dan Menyembuhkan Corona
Sebuah tim ilmuwan Kanada meyakini telah menemukan jenis ganja yang berpotensi kuat membantu, mencegah atau...
Keuntungan dari Meditasi Berjalan yang Perlu Lo Tahu
Keuntungan dari Meditasi Berjalan yang Perlu Lo Tahu
Di tengah pandemi yang nggak menentu ini, mindfulness jadi salah satu teknik yang lo butuhin. Dalam hal ini...
Makanan yang Jaga Tubuh Lo Tetap Bugar
Makanan yang Jaga Tubuh Lo Tetap Bugar
Kebutuhan nutrisi cowok berbeda dengan cewek. Begitu pula dengan risiko kesehatan keduanya juga nggak sama....
Manusia Bisa Menyentuh Wajah 16 Kali per Jam: Gini Cara Berhentinya
Manusia Bisa Menyentuh Wajah 16 Kali per Jam: Gini Cara Berhentinya
Sengaja atau nggak disengaja, kita pasti pernah menyentuh wajah kita berkali-kali setiap harinya. Ini hal y...
Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Ngopi?
Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Ngopi?
Lo suka kopi? Kita juga suka banget. Masalahnya kapan sih, waktu yang paling baik untuk minum kopi bro?  B...
Sebat? Makanan Sehat Untuk Perokok Menurut Studi
Sebat? Makanan Sehat Untuk Perokok Menurut Studi
Tau ngga kalau berdasarkan sebuah penelitian Harvard perokok juga cenderung lebih jarang makan sayur dan bu...
Makanan-Makanan yang Bakal Bantu Lo Hempaskan Perut Buncit
Makanan-Makanan yang Bakal Bantu Lo Hempaskan Perut Buncit
Perut buncit mungkin jadi salah satu ‘musuh’ terberat cowok, terutama bagi mereka yang selalu ingin menjaga...
Olahraga 4 Detik yang Bisa Menetralisir Duduk Seharian
Olahraga 4 Detik yang Bisa Menetralisir Duduk Seharian
Duduk terlalu lama sampai berjam-jam nggak baik untuk kesehatan. Bahkan, hal tersebut bisa meningkatkan ris...

Keranjang