Cukup 2 Cara Memasang Dasi Yang Lo Perlu Tau – pemoeda.co.id arrow-right cart chevron-down chevron-left chevron-right chevron-up close menu minus play plus search share user email pinterest facebook instagram snapchat tumblr twitter vimeo youtube subscribe dogecoin dwolla forbrugsforeningen litecoin amazon_payments american_express bitcoin cirrus discover fancy interac jcb master paypal stripe visa diners_club dankort maestro trash

Oleh Bram Priambodo


💡 Lifehack

Cukup 2 Cara Memasang Dasi Yang Lo Perlu Tau

Oleh Bram Priambodo


Oleh Bram Priambodo


 Cara memasang dasi adalah suatu hal yang harus diketahui oleh semua pemuda bro. Lo ngga tau cara pakai dasi? Sekarang adalah saatnya itu semua berubah. Lo harus tau!

Kenapa? Karena ada masa di dalam hidup lo, dimana lo akan harus tau cara menggunakan dasi yang baik dan benar.

cara memasang dasi

 Banyak banget event dalam hidup seorang pemuda, dimana ia harus bisa memakai dasi yang terlihat elegan dan rapi.

Langsung aja kita mulai, cara menggunakan dasi yang pertama. Disini gw akan menyebut kepala dasi yang besar sebagai kepala besar, dan ekor dasi sebagai kepala kecil yaa.

Cara Memasang Dasi Pertama - Metode The Simple Knot (6 langkah)

Ini adalah cara pakai dasi yang paling umum digunakan di asia, tapi ngga terlalu popular di dunia barat. Hasil cara pakai dasi ini adalah aksen kurang simetris.

Tapi cara menggunakan dasi yang ini cocok untuk kita yang tinggal di Asia Tenggara, karena tentunya ngga akan terlihat aneh dan cocok-cocok aja.

simple knot

The Simple Knot Look

Dan yang paling penting, cara pakai dasi dengan simple knot adalah yang paling mudah diantara cara pakai dasi lainnya. Jadi udah pasti cara memakai dasi dengan ikatan simple knot adalah yang pertama lo harus tau. Caranya gimana?

Simple Knot - Langkah Pertama

Lo taro dasi pada kerah kemeja lo. Kepala kecil lebih pendek dari kepala besar. Posisi dasi lo harus balik, yaitu bagian belakangnya harus menghadap depan, alias bagian depan dasi nempel sama dada lo. terus lo pastikan kepala kecil (ekor dasi) ada di sebelah kanan leher, dan kepala besar (kepala dasi) ada disebelah kiri leher.

cara memasang dasi the simple knot 1 

Simple Knot - Langkah Kedua

Kalau udah, lo silangin dari kiri ke kanan kepala besarnya lewat bawah dasi kepala kecil. Lihat gambar ya biar lo bisa lebih jelas dengan apa yang gw maksud.

cara memasang dasi the simple knot 2 

Simple Knot - Langkah Ketiga

Kemudian lo silangin lagi dari kanan ke kiri kepala dasi besar lewat atas ekor dasi yang kecil. Sehingga sekarang posisinya bagian kepala dasi besar ada di atas ekor dasi kecil. Sekarang udah ada kalung dasi diatas kerah lo.

cara memasang dasi the simple knot 3 

Simple Knot - Langkah Keempat

Nah kepala besar yang sekarang ada di sebelah kiri, lo selipin dibawah kalung dasi bagian kiri. Terus lo arahin ke bagian tengah dasi, dimana udah terbentuk sebuah lubang yang bisa diselipin lagi oleh kepala besar.

cara memasang dasi the simple knot 4 

Simple Knot - Langkah Kelima

Akhirnya, lo tinggal masukin kepala besar kedalam lubang di bagian tengah. Lalu lo Tarik secara perlahan kebawah sampai secukupnya. Jangan sampai terlalu kencang ya.

cara memasang dasi the simple knot 5 

Simple Knot - Langkah Keenam

Kalau sudah mentok sampai bawah, lo tinggal melakukan perbaikan atau adjustment biar kepala kecil ngga lebih Panjang dari kepala besar.

Terus lo lakukan adjustment di bagian tengah atau ikatan dasi untuk mengencangkan dasi tersebut di kerah lo, tapi jangan terlalu kencang karena ngga akan nyaman di leher lo.

cara memasang dasi the simple knot

Nah itu dia cara pakai dasi simple knot gampang kan? Menurut kita semua, cara pakai dasi ini paling praktis dan simple. Jadi lo harus tau banget nih cara pake dasi simple knot.

Apalagi sebagai pemuda kita biasa dituntut menjadi pribadi yang praktis dan taktis, sehingga cara menggunakan dasi simple knot bisa membuat kita lebih cepat dalam aktivitas sehari-hari.

Cara Memasang Dasi Kedua -  Metode The Double Windsor Knot (9 langkah)

Nah, cara yang kedua adalah "The Double Windsor Knot". Yaitu sebuah cara pakai dasi yang paling rapih, dan simetris. Cocok banget untuk digunakan pada acara-acara penting di dalam hidup lo. Misalnya lo mau wisuda, meeting partner atau board meeting, ketemu klient, seminar, dan sebagainya. Kelemahannya adalah langkah yang diperlukan lebih banyak, dan lo harus bener-bener memperhatikan langkahnya dengan baik. Kalau ngga, bisa-bisa jadinya malah kepanjangan, atau kekencengan. Oke bro? Yuk kita mulai langsung.

cara memakai dasi the windsor knot
The Double Windsor Knot

Double Windsor Knot - Langkah Pertama

Pertama-tama lo pastikan kepala besar dasi ada di sebelah kanan dan kepala kecil ada di bagian kiri badan lo. Dari menghadap kedepan seperti biasa. Lalu lo angkat kerah lo dan pasang dasinya dileher lo. Lalu lo adjust kepala kecil dasi sampai sebagian dada lo, kepala kecil harus lebih pendek dari kepala besar.

windsor knot langkah pertama

Double Windsor Knot - Langkah Kedua

Nah langkah selanjutnya, lo silangin kepala besar diatas kepala kecil, dari kanan badan lo ke kiri. Gampang kan? Langsung kita masuk ke langkah ketiga.

windsor knot langkah kedua

Double Windsor Knot - Langkah Ketiga

Kalau udah, lo masukin kepala besar ke dalam kalung dasi lo, dan lo tarik keatas. Make sure kalo kepala besar masuk lewat bawahnya kalung dasi. Mungkin biar lebih gampang lo bisa langsung liat caranya digambar yang udah gw taro dibawah.

windsor knot langkah ketiga

Double Windsor Knot - Langkah Keempat

Setelah lo tarik keatas, sekarang lo tinggal taro kepala besar di bagian depan dasi lo, trus arahkan ke bagian kiri badan lo. Gampang lah ini, ngga usah ribet bro. Kalo bingung seperti biasa, liat gambar dibawah.

windsor knot langkah keempat

Double Windsor Knot - Langkah Kelima

Nah sekarang kita akan membuat simpul pertama / disebut first knot dari the Double Windsor Knot ini. Caranya, dasi yang ada dibagian depan kiri badan lo sekarang tarik ke bagian kanan badan lo, melewati bagian bawah simpul dasi. Cek gambar bro.

windsor knot langkah kelima

Double Windsor Knot - Langkah Keenam

Lalu untuk simpul kedua, lo tinggal tarik keatas, dan langsung lanjut ke langkah ketujuh. Hahaha, gampang ya?

windsor knot langkah keenam

Double Windsor Knot - Langkah Ketujuh

Setelah posisi dasi berada diatas, sekarang lo selipin kepala besar kedalam kalung dasi lo. Coba cek gambar dibawah. Make sure kalau lo masukin kepala besar di kalung dasi bagian kanan. Hasilnya lo akan memiliki 2 simpul dasi sekarang.

windsor knot langkah ketujuh

Double Windsor Knot - Langkah Kedelapan

Nah, sedikit lagi nih bro. Step berikutnya adalah lo silangin kepala besar dari kanan ke kiri, lewat bagian atas simpul dasi. Lalu lo masukin kepala besar kebawah kalung dasi bagian kiri, dan tarik keatas. Gambar dibawah akan mempermudah lo mengerti bro. Intiinya disini adalah melilit simpul yang udah kita buat sebelumnya.

windsor knot langkah kedelapan

Double Windsor Knot - Langkah Kesembilan

Last Step! Lo tinggal masukin kepala besar dasi, kedalam simpul tengah yang baru aja kita buat. Kalau udah masuk, lo tinggal tarik, dan adjust sampai kepala besar panjangnya berada disekitar pinggang.

windsor knot langkah kesembilan

Masukin kepala kecil kedalam sleeve dasi, kencangkan dasi, tapi jangan sampai lo berasa sempit. Senyamannya aja broooo. Done! Cukup mudah kan guys.

windsor knot done

Nah itu dia guys 2 cara menggunakan dasi yang paling gampang. Sebenernya masih ada banyak cara pakai dasi lainnya, tapi kita ngerasa buat apa lo tau sampai terlalu banyak kalau 2 cara memakai dasi ini udah bisa meng-cover lo disetiap kegiatan lo.

Saran kita sih, lo sering-sering latihan pakai dasi dengan kedua cara ini, dan lo ngga perlulah belajar cara lainnya. Hahahahah, oke sampe sini dulu bro! Sayonara!


Rubrik Lainnya

4 Makanan Yang Membantu Lo
4 Makanan Yang Membantu Lo "Berdiri" Gagah Perkasa!
Mungkin bagi lo yang udah nikah ini adalah topik yang cukup penting untuk dibahas. Terutama karena hubungan...
Olahraga Saat Sakit; Baik atau Buruk?
Olahraga Saat Sakit; Baik atau Buruk?
Olahraga teratur bisa dibilang merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga tubuh tetap sehat. Apalagi ...
Uang Tunai Mungkin Bisa Menyebarkan Virus, tapi...
Uang Tunai Mungkin Bisa Menyebarkan Virus, tapi...
Kebersihan jadi isu yang bisa dibilang sangat penting sekarang. Karena kebanyakan pada khawatir kalo sampe ...
Beberapa Ilmuwan Percaya Ganja Bisa Mencegah dan Menyembuhkan Corona
Beberapa Ilmuwan Percaya Ganja Bisa Mencegah dan Menyembuhkan Corona
Sebuah tim ilmuwan Kanada meyakini telah menemukan jenis ganja yang berpotensi kuat membantu, mencegah atau...
Keuntungan dari Meditasi Berjalan yang Perlu Lo Tahu
Keuntungan dari Meditasi Berjalan yang Perlu Lo Tahu
Di tengah pandemi yang nggak menentu ini, mindfulness jadi salah satu teknik yang lo butuhin. Dalam hal ini...
Makanan yang Jaga Tubuh Lo Tetap Bugar
Makanan yang Jaga Tubuh Lo Tetap Bugar
Kebutuhan nutrisi cowok berbeda dengan cewek. Begitu pula dengan risiko kesehatan keduanya juga nggak sama....
Manusia Bisa Menyentuh Wajah 16 Kali per Jam: Gini Cara Berhentinya
Manusia Bisa Menyentuh Wajah 16 Kali per Jam: Gini Cara Berhentinya
Sengaja atau nggak disengaja, kita pasti pernah menyentuh wajah kita berkali-kali setiap harinya. Ini hal y...
Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Ngopi?
Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Ngopi?
Lo suka kopi? Kita juga suka banget. Masalahnya kapan sih, waktu yang paling baik untuk minum kopi bro?  B...

Keranjang