Gimana Cara Nonjok - Pukulan Satu Inci Bruce Lee – pemoeda.co.id arrow-right cart chevron-down chevron-left chevron-right chevron-up close menu minus play plus search share user email pinterest facebook instagram snapchat tumblr twitter vimeo youtube subscribe dogecoin dwolla forbrugsforeningen litecoin amazon_payments american_express bitcoin cirrus discover fancy interac jcb master paypal stripe visa diners_club dankort maestro trash

Oleh Bram Priambodo


💡 Lifehack

Gimana Cara Nonjok - Pukulan Satu Inci Bruce Lee

Oleh Bram Priambodo


Oleh Bram Priambodo


Bruce Lee adalah legenda, terutama dalam dunia bela diri. Baik mereka yang sudah nonton film-filmnya, seperti “Fist of Fury” hingga “The Way of the Dragon”, atau yang belum melihatnya sama sekali, pasti sudah mengenal Bruce Lee sebagai seniman bela diri, aktor, sutradara, dan filsuf.

 Salah satu prestasi pria berkebangsaan China Amerika yang selalu terkenang  ini adalah pukulan satu inci-nya. Pertama kali ia memamerkan gerakan tersebut pada tahun 1967.

pukulan satu inci bruce lee

Saat itu Bruce Lee membuat penonton TV terperangah. Ia berdiri tegak dengan satu tangan yang terjulur ke depan. Lalu cuma dengan jarak satu inci saja, ia berhasil memukul lawan dengan kekuatan dahsyat sampai membuat lawan terpental sejauh lima meter. Goks!

Sekarang bukan hal yang nggak mungkin buat lo mempelajari cara nonjok ala Bruce Lee yang fenomenal itu. Tapi sebelum tahu cara-cara melakukannya, lo perlu tahu dulu apa sih sebenernya tinju satu inci?

Apa itu Tinju Satu Inci? 

Tinju satu inci dikenal dengan sebutan ‘One Inch Punch’ bukan "One Punch Man", memang bukan diciptakan oleh Bruce Lee. Tapi dialah yang bikin populer.

Seperti namanya, pukulan satu inci ini sendiri adalah tinju yang dilakukan dengan jarak 1 inci dari sasaran.

Meski jaraknya lumayan deket, tapi satu kali tonjokan bisa melemparkan sasaran sampai beberapa meter ke belakang. Bisa lo bayangin sendiri deh gimana dahsyatnya tinju ini.

bruce lee one inch punch

Saking kerennya, saat Bruce Lee pertama memamerkan pukulan itu di tahun 1967, pembawa acara TV yang menyiarkannya pun menggambarkan kekuatan tersebut dengan gambaran lebay.

Katanya, tonjokan aktor tersebut punya kekuatan seperti mobil yang melaju dengan kecepatan 48 kilometer per jam.

Cara Melakukan Tinju Satu Inci

Sejatinya, pukulan satu inci bukan cuma trik dalam seni bela diri. Tinju ini ternyata juga mempelajari bagaimana seluruh tubuh lo bisa berkontribusi pada satu serangan atau gerakan.

Mungkin lo beranggapan bahwa pukulan satu inci sebagai gerakan lengan. Padahal beberapa anggota tubuh juga ikut terlibat. Seperti bahu yang mendorong lengan, kemudian pinggul mendorong bahu, dan kaki yang mendorong pinggul.           

Nah, supaya nggak cuma berangan-angan, lo bisa langsung mempraktikkannya. Seperti ini langkah-langkah yang bisa lo lakukan dalam mempelajarinya.

1. Pasang Kuda-kuda

one inch punch 1

Langkah pertama yang perlu lo lalukan adalah pasang kuda-kuda. Caranya, berdirilah dengan posisi kaki dominan lo di depan, sementara lutut ditekuk. Lalu hentakkan lengan lo ke bawah dengan siku yang sedikit ditekuk.

2. Posisikan Tangan dan Jari

one inch punch 2

Gerakan ini dilakukan dengan memposisikan tangan lo kurang lebih sejauh satu inci dari target. Longgarkan jari dan tegak lurus dengan telapak tangan lo.

3. Kuda-kuda Maju

one inch punch 3

Tahap selanjutnya yang nggak kalah penting untuk lo kakukan adalah dengan meluruskan kaki dengan cepat. Kemudian gerakkan juga pinggul dan pundak ke depan.

4. Tangan dan Lengan Maju dengan Cepat

one inch punch 4

Seperti dijelaskan sebelumnya, beberapa anggota tubuh juga ikut terlibat demi menyempurnakan tinju satu inci. Dalam hal ini, langkah yang perlu lo lakukan selanjutnya adalah merentangkan siku dan arahkan lengan ke depan dengan cepat.

5. Ubah Posisi Jari Menjadi Tinju Tepat Sebelum Menyentuh Target

one inch punch 5

Pada detik-detik terakhir saat lo akan melakukan serangan, ubah posisi jari dari yang semula sekidit membuka menjadi kepalan. Cara ini juga jadi trik supaya tonjokan ala Bruce Lee bisa berhasil lo tiru.

6. Tarik Tinju Maut Lo Secepatnya

one inch punch 7

Begitu tuntas melakukan serangan, segera tarik pergelangan tangan lo untuk memaksimalkan kekuatan. Gerakan ini bisa dibilang seperti kepalangan tangan yang memantul setelah lo meninju lawan. 

Well, itulah cara nonjok seperti Bruce Lee yang bisa lo coba. Intinya, pukulan satu inci bukan satu gerakan saja, karena banyak anggota tubuh lo, terutama kaki yang ikut berpartisipasi dalam menyempurnakannya. Selamat mencoba!


Rubrik Lainnya

Makanan yang Sebaiknya Dimakan Sebelum Olahraga
Makanan yang Sebaiknya Dimakan Sebelum Olahraga
Atlet maupun lo yang gemar olahraga pasti bakal cari cara untuk meningkatkan performa saat berolahraga. Sep...
4 Makanan Yang Membantu Lo
4 Makanan Yang Membantu Lo "Berdiri" Gagah Perkasa!
Mungkin bagi lo yang udah nikah ini adalah topik yang cukup penting untuk dibahas. Terutama karena hubungan...
Olahraga Saat Sakit; Baik atau Buruk?
Olahraga Saat Sakit; Baik atau Buruk?
Olahraga teratur bisa dibilang merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga tubuh tetap sehat. Apalagi ...
Uang Tunai Mungkin Bisa Menyebarkan Virus, tapi...
Uang Tunai Mungkin Bisa Menyebarkan Virus, tapi...
Kebersihan jadi isu yang bisa dibilang sangat penting sekarang. Karena kebanyakan pada khawatir kalo sampe ...
Beberapa Ilmuwan Percaya Ganja Bisa Mencegah dan Menyembuhkan Corona
Beberapa Ilmuwan Percaya Ganja Bisa Mencegah dan Menyembuhkan Corona
Sebuah tim ilmuwan Kanada meyakini telah menemukan jenis ganja yang berpotensi kuat membantu, mencegah atau...
Keuntungan dari Meditasi Berjalan yang Perlu Lo Tahu
Keuntungan dari Meditasi Berjalan yang Perlu Lo Tahu
Di tengah pandemi yang nggak menentu ini, mindfulness jadi salah satu teknik yang lo butuhin. Dalam hal ini...
Makanan yang Jaga Tubuh Lo Tetap Bugar
Makanan yang Jaga Tubuh Lo Tetap Bugar
Kebutuhan nutrisi cowok berbeda dengan cewek. Begitu pula dengan risiko kesehatan keduanya juga nggak sama....
Manusia Bisa Menyentuh Wajah 16 Kali per Jam: Gini Cara Berhentinya
Manusia Bisa Menyentuh Wajah 16 Kali per Jam: Gini Cara Berhentinya
Sengaja atau nggak disengaja, kita pasti pernah menyentuh wajah kita berkali-kali setiap harinya. Ini hal y...

Keranjang