Custom Sepatu? Lima Inspirasi Buat Lo Yang Mau Custom Sepatu Lo, Biar – pemoeda.co.id arrow-right cart chevron-down chevron-left chevron-right chevron-up close menu minus play plus search share user email pinterest facebook instagram snapchat tumblr twitter vimeo youtube subscribe dogecoin dwolla forbrugsforeningen litecoin amazon_payments american_express bitcoin cirrus discover fancy interac jcb master paypal stripe visa diners_club dankort maestro trash

Oleh Bima Arya


🔥 Local Pride

Custom Sepatu? Lima Inspirasi Buat Lo Yang Mau Custom Sepatu Lo, Biar Makin Kece!

Oleh Bima Arya


Oleh Bima Arya


Sneakers game makin gila di tahun 2019 terutama di skena lokal, baru-baru ini compass batal rilis kolaborasinya dengan PMP dan Old Blue di event Wall of Fades karena terjadi kericuhan. Ini menunjukkan bahwa sneakers adalah kategori yang sangat diminati, terutama ketika jumlahnya limited.


custom sepatu mantap

Converse rasa boots, by Adit and the Bandits


Buat kalian yang mau sepatunya limited, ga harus kok antri panjang-panjang. Lo bisa custom sepatu lo dan bisa berkreasi dengan ide-ide lo sob. jadi kali ini gue akan merekomendasikan tempat “upgrade” sepatu biar berbeda dari yang lain. Simak rekomendasi ini sobb!


Custom Rugged Dengan @Aditandthebandits


Aditandthebandits merupakan tempat lo custom sepatu menjadi lebih “Rugged” karena Bro Adit sendiri main di skena motor. Pengunaan sole potong merk vibram bakal lo sering temuin disini karena secara kualitas itu Menuhin standard dari keamanan sepatu motor.


Ketika bro Adit baru mulai melakukan custom sepatu kebanyakan sepatu yang di custom adalah converse dan vans namun sekarang mulai bermunculan sepatu lokal yang ditangani oleh bro Adit seperti Gazzele low Black dari Compass.



Ditangan bro Adit, sepatu series basic dari compass ini disulap menjadi sepatu anak motor, penambahan aksen Gazzele berwarna merah, swap sole menjadi Vibram dan leather strap dibagian vamp seperti Converse x Neighborhood motorcycle untuk melindungi kaki ketika ganti gigi.


Menurut gue ini merupakan karya yang keren banget dan penemuan style yang cocok dengan karakter bro Adit. Karena ketika awal kemunculannya banyak tudingan miring hanya sekedar meniru bengkel sepatu asal jepang bernama @recouture__ Ternyata ngga juga kan bro?


Custom Sepatu Sesuai Inspirasi Lo dengan @Shoe_workshop


Shoe_workshop merupakan bengkel reparasi sepatu yang bersifat one stop shopping mulai dari repair sederhana seperti ganti eyelets, reglue, ganti lining, recolour, hingga swap sole tersedia disini. Dalam shoe_workshop terdapat tiga divisi yaitu premium, reparasi dan custom.


Di divisi premium melayani sepatu branded yang perlu penanganan khusus. Terus di divisi reparasi lo bisa merapikan sepatu yang rusak. Yang bikin makin oke, disini harganya sudah memiliki standard sehingga lo ga akan diketok harga hehe.


sepatu custom


Di divisi terakhir di sini melayani custom sepatu seperti swap sole, swap upper dengan material eksotis, penambahan zipper dan buckle dan masih banyak lagi ide lo yang bakal di terapkan disini.


Diatas itu salah satu hasil custom dari Shoe_workshop yaitu Adidas Stan Smith yang stripe tiga khas adidas diganti kulit anyaman yang dibuat handmade, lalu penambahan kulit jenis Rought-Out pada upper menambah kesan sanggar sepatu ini. 


Sentuhan terakhir adalah repaint patina olive menambah looks menjadi lebih vintage. Secara looks sepatu ini menjadi sangat rugged namun tidak menghilangkan sole yang merupakan kekhasan dari sepatu tersebut.


Ubah Jadi Sneakers Dengan @pattern.x


Jika tadi kita melihat sepatu model sole foxing diubah menjadi sole potong di pattern.x lo akan melihat kebalikanya. Pattern.x mirip dengan shoe-workshop namun kali ini gue menyoroti salah satu service yang khas dari pattern.x yaitu resole foxing dengan system vulcanized.


custom sepatu indonesia

Pantofel jadi sneakers? Bisa bro!


Beberapa sepatu telah dicoba dibuat menjadi model foxing yang lo bisa cek di Instagram @pattern.x mulai dari docmart, Onitsuka Tiger, Saucony hingga sepatu pantofel bapak-bapak. Paket resole di pattern.x dibandrol 269.500 rupiah sudah termasuk lepas sole, cuci, jasa repair upper, dan jahit strobel.


Bahkan si bang pat bakalan buka semacam customized sneakers yang bisa dipilih dari upper, pilihan dan warna foxing, outsole, bumper, dll. Oke kan? Kira-kira minat ngga custom sepatu lo di Pattern X?


Ornamen Sashiko & Boro Dengan @siashiko


Siashiko adalah jasa patchwork pakaian asal kota Padang yang menyediakan jasa Sashiko dan juga Boro. Sashiko sendiri artinya jahitan kecil yang memiliki berbagai motif geometri salah satu motif popular adalah motif ombak. Sashiko biasanya diaplikasikan dengan kain berwarna indigo dengan warna benang putih.


custom sepatu keren


Sedangkan boro artinya adalah pakaian yang ditambal berkali-kali sehingga terlihat compang-camping pada tekstur kain. Pengaplikasian sashiko pada sepatu yang sangat terkenal adalah Vans x FDMTL namun brand local seperti Pijak Bumi pernah merilis model sepatu sashiko.


Sepatu dengan detail sashiko dapat menjadi referensi baik custom maupun untuk reparasi jika upper butuh perbaikan. Motif sashiko ditambah dengan variasi kain menjadi referensi kalian untuk meng-custom sepatu kalian agar lebih bagus.


Mungkin Lo Bisa Coba Technical Custom?


Ingat dengan Compass RnD yang fenomenal? jenis sepatu tersebut bisa dikategorkan sebagai tech wear. Kebetulan mas Yostria selaku owner Orbit Gears yang bergerak dibidang tech wear melakukan sentuhan luar biasa ke sepatu compass-nya.


mau custom sepatu

Diambil dari instagram @yostria


Mas Yos melakukan eksperimen ke sepatu compass RnD dengan menambahkan zipper, mengganti tali sepatu dengan model paracord dan menambahkan cobra buckle pada bagian dekat lidah sepatu.


Spesifikasi yang digunakan bener-bener terupgrade menurut mas Yost komponen tersebut memiliki fungsi masing-masing seperti buckle untuk menstabilkan fit pada sepatu, tali sepatu yang lebih tahan dan zipper untuk memudahkan pemasangan sepatu. Kira-kira kalian ada ide untuk buat sepatu kalian jadi tech-wear ga?


Ditulis Oleh @Rafi_Soemantri

Keranjang