Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Ngopi? – pemoeda.co.id arrow-right cart chevron-down chevron-left chevron-right chevron-up close menu minus play plus search share user email pinterest facebook instagram snapchat tumblr twitter vimeo youtube subscribe dogecoin dwolla forbrugsforeningen litecoin amazon_payments american_express bitcoin cirrus discover fancy interac jcb master paypal stripe visa diners_club dankort maestro trash

Oleh Bram Priambodo


✊🏻 Raga

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Ngopi?

Oleh Bram Priambodo


Oleh Bram Priambodo


Lo suka kopi? Kita juga suka banget. Masalahnya kapan sih, waktu yang paling baik untuk minum kopi bro? 

kopi kapan minumnya?

Beberapa tahun terakhir, kopi merupakan minuman yang marak dikonsumsi oleh kalangan pemuda di Indonesia. 

Ini turut disambut dengan baik oleh para pengusaha food & beverage (F&B) di Indonesia, dengan berjamurnya kafe-kafe di ibukota dan di kota-kota seluruh nusantara. 

Pertanyaannya, kapan sih harusnya kita minum kopi? Artikel ini berusaha untuk menjabarkan kapan seharusnya kita minum kopi agar manfaatnya terasa, dan efek negatifnya minimal.

Hormon Kortisol & Kopi di Pagi Hari

Bangun tidur langsung ngopi, ini mungkin aktivitas yang sering dilakukan banyak orang, termasuk lo.

Tapi ternyata minum kopi pas bangun tidur itu bisa meningkatkan produksi hormon Kortisol di badan lo, dikarenakan kafein. Dimana hormon Kortisol ini sedang tinggi-tingginya ketika lo bangun tidur.

es kopi

Kortisol adalah hormon yang membuat kewaspadaan dan fokus lo lebih tinggi. Hormon ini juga mengatur metabolisme, pertahanan tubuh, dan tekanan darah.

Produksi hormon ini mengikuti siklus bangun tidur lo, dimana puncak levelnya adalah 30-40 menit setelah lo bangun tidur. 

Hormon ini ngga boleh terlalu tinggi guys, karena bisa lo bisa kena penyakit jantung, diabetes, darah tinggi, kolestrol tinggi dan penyakit-penyakit berbahaya lain.

Waktu paling baik dan aman, untuk minum kopi pagi hari adalah 2-4 jam setelah lo bangun tidur bro. Kalo lo bangun jam 7 pagi, berarti nanti lo minum kopi jam sekitar jam 9 pagi - 11 siang.

Nah pas banget kan, mungkin memang paling baik adalah lo sampe kantor baru deh minum kopi sampe jam 11 siang. Biar bos lo ngamuk, hahahah.

Kopi & Waktu Olahraga

Berdasarkan beberapa studi, kopi itu ternyata bikin melek, dan bikin lo lebih fokus. Ini berkat kandungan kafein di dalam kopi. 

biji kopi

Nah, ternyata kafein ini  juga bisa membuat lo ngga gampang capek, dan bisa nambah kekuatan lo pas lagi olahraga. Goks kan?

Makanya salah satu waktu paling bagus untuk minum kopi adalah sebelum lo berolahraga. Yaitu 30-60 menit sebelum lo mulai workout lo bro.

Waktu ini dibutuhkan karena perlu waktu untuk kafein mencapai level puncak. Takaran kopi untuk orang dengan berat 68 Kilogram itu berkisar antara 475-950 mL atau 2-4 gelas kopi, sebelum olahraga.

Bisa Bikin Ngga Tidur

Karena kopi itu bikin melek, make sense kalo lo harusnya ngga minum ketika lo harus tidur cepet, dan sesuai jadwal.

cheers coffee

Masalahnya efek kopi itu bisa bertahan 3-5 jam di dalam tubuh kita, tergantung dari badan setiap orang.

Nah, sehingga waktu paling baik kalo lo mau minum kopi malem-melem adalah 6 jam sebelum lo mau tidur. Kalo lo tidur jam 12 malem biasanya, lo minum kopi max jam 6 sore.

Kalo ngga, ada kemungkinan siklus bangun-tidur lo akan terganggu. Dan kemungkinan akan mengganggu jadwal berangkat kerja lo juga bros.

Kesimpulannya

Memang berdasarkan beberapa studi, paling baik adalah minum kopi ketika jam kerja ato siang-sore bros. Karena ngga akan mengganggu hormon kortisol dan jam tidur lo sama sekali. Kecuali, lo lagi mau begadang, lembur, ato kejar skripsi.


Rubrik Lainnya

Makanan yang Sebaiknya Dimakan Sebelum Olahraga
Makanan yang Sebaiknya Dimakan Sebelum Olahraga
Atlet maupun lo yang gemar olahraga pasti bakal cari cara untuk meningkatkan performa saat berolahraga. Sep...
4 Makanan Yang Membantu Lo
4 Makanan Yang Membantu Lo "Berdiri" Gagah Perkasa!
Mungkin bagi lo yang udah nikah ini adalah topik yang cukup penting untuk dibahas. Terutama karena hubungan...
Olahraga Saat Sakit; Baik atau Buruk?
Olahraga Saat Sakit; Baik atau Buruk?
Olahraga teratur bisa dibilang merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga tubuh tetap sehat. Apalagi ...
Uang Tunai Mungkin Bisa Menyebarkan Virus, tapi...
Uang Tunai Mungkin Bisa Menyebarkan Virus, tapi...
Kebersihan jadi isu yang bisa dibilang sangat penting sekarang. Karena kebanyakan pada khawatir kalo sampe ...
Beberapa Ilmuwan Percaya Ganja Bisa Mencegah dan Menyembuhkan Corona
Beberapa Ilmuwan Percaya Ganja Bisa Mencegah dan Menyembuhkan Corona
Sebuah tim ilmuwan Kanada meyakini telah menemukan jenis ganja yang berpotensi kuat membantu, mencegah atau...
Keuntungan dari Meditasi Berjalan yang Perlu Lo Tahu
Keuntungan dari Meditasi Berjalan yang Perlu Lo Tahu
Di tengah pandemi yang nggak menentu ini, mindfulness jadi salah satu teknik yang lo butuhin. Dalam hal ini...
Makanan yang Jaga Tubuh Lo Tetap Bugar
Makanan yang Jaga Tubuh Lo Tetap Bugar
Kebutuhan nutrisi cowok berbeda dengan cewek. Begitu pula dengan risiko kesehatan keduanya juga nggak sama....
Manusia Bisa Menyentuh Wajah 16 Kali per Jam: Gini Cara Berhentinya
Manusia Bisa Menyentuh Wajah 16 Kali per Jam: Gini Cara Berhentinya
Sengaja atau nggak disengaja, kita pasti pernah menyentuh wajah kita berkali-kali setiap harinya. Ini hal y...

Keranjang