arrow-right cart chevron-down chevron-left chevron-right chevron-up close menu minus play plus search share user email pinterest facebook instagram snapchat tumblr twitter vimeo youtube subscribe dogecoin dwolla forbrugsforeningen litecoin amazon_payments american_express bitcoin cirrus discover fancy interac jcb master paypal stripe visa diners_club dankort maestro trash

Oleh Bram Priambodo


✊🏻 Raga

Sebat? Makanan Sehat Untuk Perokok Menurut Studi

Oleh Bram Priambodo


Oleh Bram Priambodo


Tau ngga kalau berdasarkan sebuah penelitian Harvard perokok juga cenderung lebih jarang makan sayur dan buah sehat, dibanding non-perokok? Lah gimana ngga cepet mati kalo nyebat terus, ngga makan sehat bro? Lo makan Indomie doang, yang menurut interview VICE Indonesia juga bisa memicu penyakit-penyakit brutal.

merokok tapi makan sehat

Gimanapun dibilang bahwa merokok itu berbahaya untuk kesehatan, banyak pemuda yang akan tetap merokok. Mungkin lo salah satunya.

Tapi asal lo tau bro, menurut peneliti kesehatan internasional bernama Vanessa Garcia Larsen dari fakultas kesehatan, Universitas John Hopkins Bloomberg, Amerika serikat; fungsi paru-paru kita akan menurun semenjak umur 30.

rokok

Lucunya disebuah penelitian yang juga dilakukan oleh Mba Vanessa, menemukan bahwa "Makan buah secara teratur dapat mengurangi penurunan performa paru-paru, termasuk kerusakan yang disebabkan oleh merokok." 

Makanya, sebelum lo kena penyakit, kita sarankan beberapa makanan yang bisa membantu lo untuk tetap fit dan mengurangi kecenderungan lo untuk sakit fatal. Apa aja makanannya? Ini dia mas bro:

1. Minum Perasan Lemon

Lemon adalah salah satu buah yang paling bermanfaat dan sehat untuk di konsumsi. Selain mengontrol berat badan, mencegah penyakit jantung dan mengurangi resiko batu ginjal, lemon juga bisa mengurangi resiko kanker!

buah lemon

Ada beberapa senyawa pada lemon seperti; limonene, naringenin, cryptoxanthin, hesperidin yang berdasarkan sebuah penelitian pada hewan, dapat mencegah tumor pada lidah, usus dan paru-paru.

Lemon itu kandungan vitamin C-nya sangat tinggi bros, jadi otomatis akan meningkatkan daya tahan tubuh lo! Lo bisa minum 125ml perasan lemon segar, kemudian minum air hangat di pagi hari bro.

2. Makan Buah Apel

Penelitian pada European Respiratory Journal (ERJ), menemukan bahwa nutrisi dalam buah apel dapat membantu lo untuk memperbaiki kerusakan paru-paru yang disebabkan oleh merokok.

apel

Berdasarkan penelitian ini, lo bisa makan 5 apel perminggu untuk fungsi dan kapasitas paru-paru yang lebih overtime.

Penelitian lain menyatakan bahwa hal ini bisa terjadi karena buah apel mengandung antioksidan bernama Quercetin dengan kadar yang tinggi.

Yang mana Quercetin melindungi paru-paru dari efek negatif asap rokok, dan polusi yang ada pada atmosfer udara. Antioksidan ini juga ditemukan pada bawang merah dan teh.

3. Suka Buah Tomat?

Pada penelitian yang sama, ERJ menemukan bahwa buah tomat juga memiliki efek yang positif terhadap paru-paru. Namun efek positif ini bukan untuk saos tomat ya bos, no processed food!

tomat

Dinyatakan pada penelitian tersebut bahwa orang dewasa yang memakan 2-3 tomat segar perhari mengalami penurunan performa paru-paru yang jauh lebih lambat, dibandingkan yang hanya makan 1 tomat atau tidak samsek.

4. Coba Makan Wortel Lah..

Dalam sebuah penelitian pola makan 1,266 orang yang memiliki kanker paru-paru, dan tidak memiliki kanker paru-paru, ditemukan bahwa perokok yang tidak makan wortel samsek... tebak, apa?

wortel

Ternyata 3 kali lebih besar resikonya untuk berpenyakit kanker paru-paru bro! Wah gila sih, mendingan mulai sekarang kita sama-sama berjamaah makan wortel.

Coba Berhenti Bro?

Mungkin lo ngga bisa berhenti, dan kita paham kenapa. Cuma ada baiknya mungkin lo coba pikirin lagi konsep dari merokok itu bro. Rokok itu bakar duit (macem startup), dan membakar paru-paru lo. 

Kalau lo sampai sakit, lo akan membayar lebih banyak lagi dari segi materi, dan mungkin lo akan ngga bisa menafkahi keluarga lo? Bahaya kan? Cobalah berhenti bros. Sayonara!


Rubrik Lainnya

Keuntungan dari Meditasi Berjalan yang Perlu Lo Tahu
Keuntungan dari Meditasi Berjalan yang Perlu Lo Tahu
Di tengah pandemi yang nggak menentu ini, mindfulness jadi salah satu teknik yang lo butuhin. Dalam hal ini...
Makanan yang Jaga Tubuh Lo Tetap Bugar
Makanan yang Jaga Tubuh Lo Tetap Bugar
Kebutuhan nutrisi cowok berbeda dengan cewek. Begitu pula dengan risiko kesehatan keduanya juga nggak sama....
Manusia Bisa Menyentuh Wajah 16 Kali per Jam: Gini Cara Berhentinya
Manusia Bisa Menyentuh Wajah 16 Kali per Jam: Gini Cara Berhentinya
Sengaja atau nggak disengaja, kita pasti pernah menyentuh wajah kita berkali-kali setiap harinya. Ini hal y...
Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Ngopi?
Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Ngopi?
Lo suka kopi? Kita juga suka banget. Masalahnya kapan sih, waktu yang paling baik untuk minum kopi bro?  B...
Makanan-Makanan yang Bakal Bantu Lo Hempaskan Perut Buncit
Makanan-Makanan yang Bakal Bantu Lo Hempaskan Perut Buncit
Perut buncit mungkin jadi salah satu ‘musuh’ terberat cowok, terutama bagi mereka yang selalu ingin menjaga...
Makanan yang Sebaiknya Lo Makan Setelah Olahraga
Makanan yang Sebaiknya Lo Makan Setelah Olahraga
Mengonsumsi nutrisi setelah olahraga itu sama pentingnya dengan apa yang lo makan sebelum workout. Sebab, ...
Makanan yang Sebaiknya Dimakan Sebelum Olahraga
Makanan yang Sebaiknya Dimakan Sebelum Olahraga
Atlet maupun lo yang gemar olahraga pasti bakal cari cara untuk meningkatkan performa saat berolahraga. Sep...
4 Makanan Yang Membantu Lo
4 Makanan Yang Membantu Lo "Berdiri" Gagah Perkasa!
Mungkin bagi lo yang udah nikah ini adalah topik yang cukup penting untuk dibahas. Terutama karena hubungan...

Keranjang