arrow-right cart chevron-down chevron-left chevron-right chevron-up close menu minus play plus search share user email pinterest facebook instagram snapchat tumblr twitter vimeo youtube subscribe dogecoin dwolla forbrugsforeningen litecoin amazon_payments american_express bitcoin cirrus discover fancy interac jcb master paypal stripe visa diners_club dankort maestro trash

Oleh Bima Arya


✊🏻 Raga

Makanan yang Jaga Tubuh Lo Tetap Bugar

Oleh Bima Arya


Oleh Bima Arya


Kebutuhan nutrisi cowok berbeda dengan cewek. Begitu pula dengan risiko kesehatan keduanya juga nggak sama. Untuk itu, penting banget untuk lo memilih makanan yang bakal masuk ke tubuh, sehingga kebutuhan nutrisi bisa terpenuhi secara optimal.

Makanan yang Jaga Tubuh Lo Tetap Bugar

Seperti kata ahli gizi asal Bangalore, India, Dokter Anju Sood, ada perbedaan mendasar antara cowok dan cewek.

Pertama tentang masa otot cowok yang lebih tinggi. Ini artinya, makanan yang kaya akan protein bisa dibilang wajib lo konsumsi.

Jumlah kalori yang lo butuhin juga lebih banyak dibandingkan dengan wanita. Dan karena jumlah protein yang masuk ke tubuh lo lebih banyak, penting banget menambahkan asupan vitamin serta mineral untuk mencernanya.

Nah, biar nggak cuma saling tebak, apa saja sih contoh makanan-makanan yang mengandung banyak protein, mineral, hingga vitamin dan penting untuk lo konsumsi agar tubuh makin bugar serta terhindar dari virus corona, lanjutin baca aja deh!

Jangan Rehemkan Kacang Hijau, Kedelai, dan Kacang Merah

Kacang kacangan

Mulai dari kacang hijau, kedelai, hingga kacang merah kaya akan protein. Lemak tak jenuh, mineral, serta serat pun terkandung di dalamnya. Dengan mengonsumsinya, risiko kanker bisa lo hindari.

Kadar gula darah dan tekanan darah pun akan menurun. Karena baik banget buat tubuh, lo bisa memasukkan kacang-kacangan ke dalam menu harian agar nutrisi yang bakal didapat makin maksimal.

Makan Sayur seperti Popeye

Sayur sayuran

Sayuran juga pantang lo lewatkan untuk dikonsumsi. Bayam misalnya, yang kaya akan kandungan zat besi, vitamin K, serat, hingga beta-karoten (vitamin A).

Selain itu, brokoli yang mengandung vitamin C juga bisa lo konsumsi agar kekebalan tubuh makin meningkat.

Rahasia Jeruk, Kiwi, dan Semangka

Buah Buahan

Bukan cuma sayuran. Buah-buahan seperti jeruk juga penting untuk lo konsumsi, karena kandungan vitamin B9-nya tinggi banget.

Segelas jus jeruk diklaim bisa membantu memperbaiki aliran darah dalam tubuh, lho.

Buah kiwi yang kaya akan vitamin C juga diklaim mampu menjaga kesehatan aliran darah serta membantu memerangi kecemasan cowok.

Jangankan buah yang masam. Semangka pun juga bagus untuk tubuh lo. Kandungan kaliumnya diklaim bisa meningkatkan energi.

Bahkan, likopen yang terkandung di dalamnya disebut-sebut bisa mengurangi risiko kanker prostat.

Ikan Tuna

Ikan Tuna

Bukan rahasia lagi kalau penyakit jantung adalah ‘pembunuh nomor 1’ bagi cowok. Makanya, lo perlu mencegahnya sedini mungkin dengan mengonsumsi makanan bernutrisi seperti ikan tuna maupun ikan laut lainnya.

Ini karena kandungan asam lemak omega 3 bisa mencegah plak pada pembuluh darah jantung.

American Heart Association sendiri sudah menganjurkan untuk mengonsumsi ikan laut paling nggak 200 gram setiap minggunya.

Ubi Jalar

Ubi Jalar

Tingginya kandungan vitamin A pada jenis umbi ini disebut-sebut bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain itu, beberapa kandungan lain seperti zat besi, vitamin C, vitamin B6, hingga kalsium juga baik buat tubuh.

Biji Bunga Matahari 

Kwaci

Siapa nih yang doyan sama ‘kwaci’ dari biji bunga matahari? Lo beruntung kalau memang rajin konsumsi jenis camilan ini.

Soalnya biji bunga marahari bakal memenuhi kebutuhan vitamin E yang diketahui sebagai antioksidan dan mampu melawan radikal bebas penyebab penyakit.

Yogurt

Yoghurt

Seperti dijelaskan sebelumnya, mineral dibutuhkan tubuh cowok. Potassium misalnya.

Jenis mineral ini pun banyak terdapat di yogurt. Diketahui, asupan potassium dianjurkan karena mineral ini bisa membuang kelebihan sodium dalam tubuh yang dikenal mampu menaikkan tekanan darah.

Ini artinya, risiko serangan stroke mendadak yang kebanyakan dialami cowok bakal menurun.

Intisari

Well, sebenarnya bukan cuma makanan-makanan yang sudah disebutkan di atas aja yang diklaim bisa bikin tubuh lo bugar.

Bawang putih, kelapa, hingga minyak zaitun pun nggak kalah hebat memerangi berbagai risiko penyakit.

Jangan males lagi untuk mengonsumsinya ya! Apalagi sekarang lagi musim corona.


Rubrik Lainnya

Olahraga Saat Sakit; Baik atau Buruk?
Olahraga Saat Sakit; Baik atau Buruk?
Olahraga teratur bisa dibilang merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga tubuh tetap sehat. Apalagi ...
Uang Tunai Mungkin Bisa Menyebarkan Virus, tapi...
Uang Tunai Mungkin Bisa Menyebarkan Virus, tapi...
Kebersihan jadi isu yang bisa dibilang sangat penting sekarang. Karena kebanyakan pada khawatir kalo sampe ...
Beberapa Ilmuwan Percaya Ganja Bisa Mencegah dan Menyembuhkan Corona
Beberapa Ilmuwan Percaya Ganja Bisa Mencegah dan Menyembuhkan Corona
Sebuah tim ilmuwan Kanada meyakini telah menemukan jenis ganja yang berpotensi kuat membantu, mencegah atau...
Keuntungan dari Meditasi Berjalan yang Perlu Lo Tahu
Keuntungan dari Meditasi Berjalan yang Perlu Lo Tahu
Di tengah pandemi yang nggak menentu ini, mindfulness jadi salah satu teknik yang lo butuhin. Dalam hal ini...
Manusia Bisa Menyentuh Wajah 16 Kali per Jam: Gini Cara Berhentinya
Manusia Bisa Menyentuh Wajah 16 Kali per Jam: Gini Cara Berhentinya
Sengaja atau nggak disengaja, kita pasti pernah menyentuh wajah kita berkali-kali setiap harinya. Ini hal y...
Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Ngopi?
Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Ngopi?
Lo suka kopi? Kita juga suka banget. Masalahnya kapan sih, waktu yang paling baik untuk minum kopi bro?  B...
Sebat? Makanan Sehat Untuk Perokok Menurut Studi
Sebat? Makanan Sehat Untuk Perokok Menurut Studi
Tau ngga kalau berdasarkan sebuah penelitian Harvard perokok juga cenderung lebih jarang makan sayur dan bu...
Makanan-Makanan yang Bakal Bantu Lo Hempaskan Perut Buncit
Makanan-Makanan yang Bakal Bantu Lo Hempaskan Perut Buncit
Perut buncit mungkin jadi salah satu ‘musuh’ terberat cowok, terutama bagi mereka yang selalu ingin menjaga...

Keranjang