Manfaat Susu Beruang Bear Brand - Menurut Penelitian & Mitos – pemoeda.co.id arrow-right cart chevron-down chevron-left chevron-right chevron-up close menu minus play plus search share user email pinterest facebook instagram snapchat tumblr twitter vimeo youtube subscribe dogecoin dwolla forbrugsforeningen litecoin amazon_payments american_express bitcoin cirrus discover fancy interac jcb master paypal stripe visa diners_club dankort maestro trash

Oleh Bram Priambodo


✊🏻 Raga

Manfaat Susu Beruang Bear Brand - Menurut Penelitian & Mitos

Oleh Bram Priambodo


Oleh Bram Priambodo


Banyak yang pengen tau, apa sih manfaat susu beruang yang sering kita liat di supermarket? Apakah bisa menyembuhkan mabuk & pusing akibat minum alkohol?

manfaat bear brand

Menariknya, ini bukan susu beruang beneran, tapi susu sapi. Bear Brand, atau susu beruang ini adalah salah satu merek susu yang dimiliki oleh Nestlé. Jadi jangan khawatir rasanya aneh ato gimana.

Susu Beruang No Sugar

Kenapa susu beruang ini sehat? Pertama-tama susu ini ngga ditambahin  pemanis. Makanya rasanya rada hambar. Tapi justru, ini bagus banget buat lo. Karena mengurangi resiko lo untuk terkena diabetes.

Berdasarkan sebuah studi, gula itu bisa membuat lo gendut, dan naik berat badan. Udah dibuktiin bahwa orang yang sering minum minuman bergula, (seperti soda) akan cenderung lebih berat dibanding orang yang tidak.

bear brand susu beruang

Nah, disisi lain minum kebanyakan gula juga bisa membuat lo lebih beresiko untuk sakit jantung kanker, dan diabetes berdasarkan penelitian. Bahaya kan? Nah Susu beruang aman karena ngga mengandung gula.

Bersih Karena Proses Sterilisasi Murni

Nah susu beruang Nestlé ini telah melalui proses sterilisasi. Mereka nyebutnya 100% Pure Sterilization. Ini berarti susu beruang bukan susu UHT, atau pasteurisasi, namun susu steril. Bedanya?

Berdasarkan pernyataan staf Pengajar di Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor (IPB) Dede R Adawiyah:

Susu pasteurisasi itu adalah susu yang  dipanaskan di 70° Celcius, selama 15 detik, ini dilakukan agar bakteri mati, namun masih ada bakteri pembusuk. Maka biasanya kadaluarsanya cepat.

susu beruang bear brand

Susu steril itu adalah susu yang dipanaskan di suhu 100° Celcius selama 30 menit di dalam kalengnya. Sehingga kaleng dan susu sama-sama steril dari kuman dan bakteri. Membuat susu ini bisa disimpan di suhu ruang.

Karena ada bakteri baik dan vitamin yang ikut mati, susu jenis ini diberikan nutrisi tambahan atau di-fortifikasi. Agar lebih bernutrisi dan sehat dikonsumsi.

Susu UHT (ultra high temperature) adalah susu yang dipanaskan di suhu 135-140° Celcius selama 2-4 detik. Susu dan kemasan di-sterilkan secara terpisah. Umumnya kemasan yang digunakan adalah Tetrapack (karton kotak).

Kemasan dan susu kemudian akan disatukan dalam ruangan yang steril. Susu UHT dapat disimpan di suhu ruang, namun harus segera diminum karena tidak bisa bertahan lama.

susu UHT

Susu beruang menggunakan proses yang kedua, atau proses sterilisasi. Dimana susu disimpan dalam kaleng, dan bisa disimpan dalam suhu ruang. Di dalamnya mengandung suplemen untuk kesehatan, dan bersih dari bakteri & kuman (steril). Terus manfaat susu beruang apa aja? Ini ternyata tergantung dari kandungannya.

Mengandung Vitamin B1 Untuk Energi

Vitamin B1 atau Thiamin, adalah vitamin B pertama yang ditemukan oleh peneliti dunia. Makanya namanya ada angka 1-nya. Zat ini larut dalam cairan, dan bermanfaat untuk membantu memproses makanan dan minuman menjadi energi, terutama untuk otak dan syaraf.

Vitamin B1 diperlukan untuk memproduksi Adenosina trifosfat (ATP) yang berfungsi untuk proses metabolisme - mentransfer dan menyimpan energi - dalam tubuh kita. ATP ini yang nanti akan memberikan kita energi pada tubuh.

Metabolisme Lancar Karena Vitamin B2

Vitamin B2 atau Riboflavin, adalah vitamin yang bermanfaat untuk membantu proses penguraian karbohidrat, protein, dan lemak menjadi energi.

Vitamin ini juga membantu proses penyerapan oksigen ke dalam tubuh, dan Riboflavin turut membantu tubuh kita memproduksi sel darah merah.

Vitamin B6 Menjaga Kerja Jaringan Saraf

Vitamin B6 atau Pyridoxine, adalah vitamin yang bermanfaat untuk membantu tubuh kita melawan infeksi. Selain itu vitamin ini penting sekali untuk menjaga kerja jaringan pada saraf.

Manfaat yang tidak kalah penting adalah vitamin B6 membantu tubuh untuk mengubah karbohidrat menjadi energi, serta berperan penting dalam produksi sel darah merah. Vitamin ini tidak di produksi oleh tubuh lho.

Mengandung Vitamin B12 Untuk Tulang Belakang

Vitamin B12 atau Kobalamin, adalah vitamin yang bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah, menjaga fungsi jaringan saraf, mengubah makanan menjadi glukosa (sumber energi utama) dan pembentukan protein.

Vitamin ini baik untuk ibu hamil, karena kekurangan vitamin ini sering terjadi pada ibu hamil. Sedangkan Vitamin B12 sendiri bisa membantu untuk mencegah anak untuk lahir dengan kecacatan. Berdasarkan sebuah studi, kekurangan Kobalamin juga dapat direlasikan dengan Osteoporosis.

Menyembuhkan Mabuk?

Dilansir dari Hellosehat.com "anggapan bahwa susu mampu menetralkan alkohol tidaklah benar." Sehingga anggapan bahwa susu beruang bisa menyembuhkan mabuk adalah mitos.

Namun, berdasarkan beberapa pernyataan yang konsisten dari sumber terpercaya diatas (e.g. healthline.com, alodokter.com, dsb.) dinyatakan bahwa vitamin B1, B2, B6 dan B12 yang terkandung pada susu beruang, berfungsi untuk memproduksi energi pada tubuh.

Coba lo liat diatas, udah kita highlight warna kuning. Nah sedangkan alkohol itu sendiri merupakan sumber energi lho berdasarkan beberapa sumber (e.g. theconversation.comwww.alcohol.org.nz, dsb.).

Mungkin ketika lo minum susu beruang, proses penyerapan alkohol menjadi energi menjadi lebih cepat dan lo jadi lebih cepat sadar juga bros. Make sense ngga? Okelah, itu tadi manfaat susu beruang guys, semoga bermanfaat ya.


Rubrik Lainnya

Uang Tunai Mungkin Bisa Menyebarkan Virus, tapi...
Uang Tunai Mungkin Bisa Menyebarkan Virus, tapi...
Kebersihan jadi isu yang bisa dibilang sangat penting sekarang. Karena kebanyakan pada khawatir kalo sampe ...
Beberapa Ilmuwan Percaya Ganja Bisa Mencegah dan Menyembuhkan Corona
Beberapa Ilmuwan Percaya Ganja Bisa Mencegah dan Menyembuhkan Corona
Sebuah tim ilmuwan Kanada meyakini telah menemukan jenis ganja yang berpotensi kuat membantu, mencegah atau...
Keuntungan dari Meditasi Berjalan yang Perlu Lo Tahu
Keuntungan dari Meditasi Berjalan yang Perlu Lo Tahu
Di tengah pandemi yang nggak menentu ini, mindfulness jadi salah satu teknik yang lo butuhin. Dalam hal ini...
Makanan yang Jaga Tubuh Lo Tetap Bugar
Makanan yang Jaga Tubuh Lo Tetap Bugar
Kebutuhan nutrisi cowok berbeda dengan cewek. Begitu pula dengan risiko kesehatan keduanya juga nggak sama....
Manusia Bisa Menyentuh Wajah 16 Kali per Jam: Gini Cara Berhentinya
Manusia Bisa Menyentuh Wajah 16 Kali per Jam: Gini Cara Berhentinya
Sengaja atau nggak disengaja, kita pasti pernah menyentuh wajah kita berkali-kali setiap harinya. Ini hal y...
Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Ngopi?
Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Ngopi?
Lo suka kopi? Kita juga suka banget. Masalahnya kapan sih, waktu yang paling baik untuk minum kopi bro?  B...
Sebat? Makanan Sehat Untuk Perokok Menurut Studi
Sebat? Makanan Sehat Untuk Perokok Menurut Studi
Tau ngga kalau berdasarkan sebuah penelitian Harvard perokok juga cenderung lebih jarang makan sayur dan bu...
Makanan-Makanan yang Bakal Bantu Lo Hempaskan Perut Buncit
Makanan-Makanan yang Bakal Bantu Lo Hempaskan Perut Buncit
Perut buncit mungkin jadi salah satu ‘musuh’ terberat cowok, terutama bagi mereka yang selalu ingin menjaga...

Keranjang