Olahraga 4 Detik yang Bisa Menetralisir Duduk Seharian – pemoeda.co.id arrow-right cart chevron-down chevron-left chevron-right chevron-up close menu minus play plus search share user email pinterest facebook instagram snapchat tumblr twitter vimeo youtube subscribe dogecoin dwolla forbrugsforeningen litecoin amazon_payments american_express bitcoin cirrus discover fancy interac jcb master paypal stripe visa diners_club dankort maestro trash

Oleh Bima Arya


✊🏻 Raga

Olahraga 4 Detik yang Bisa Menetralisir Duduk Seharian

Oleh Bima Arya


Oleh Bima Arya


Duduk terlalu lama sampai berjam-jam nggak baik untuk kesehatan. Bahkan, hal tersebut bisa meningkatkan risiko penyakit kronis, seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, sampai kematian dini.

4-detik-olahraga

Pada dasarnya, tubuh manusia memang nggak didesain untuk duduk 12 jam sehari.

Nggak heran, saat lo sekadar duduk lama saja, sakit kepala atau nyeri punggung bisa menyerang.

Dalam hal ini, olahraga sebentar tapi intens bisa bisa bantu mengimbangi beberapa efek berbahaya akibat duduk terlalu lama, seperti yang tertulis dalam studi baru dari University of Texas (UT) di Austin.

Lebih dari itu, olahraga mikro tersebut dipercaya menawarkan manfaat berbeda daripada workout yang lebih lama, jika dilakukan sepanjang hari.

Olahraga Kecil, Manfaat Besar

olahraga ringan di kantor

Dilansir dari Healthline, Edward F. Coyle, PhD, profesor di departemen kinesiologi dan pendidikan kesehatan di UT Austin, dan tim peneliti di Laboratorium Kinerja Manusia, menemukan bahwa sprint 4 detik yang dilakukan lima kali per jam bisa membantu tingkatkan metabolisme lemak dan menurunkan kadar trigliserida dalam aliran darah.

Penelitian Coyle dan tim sepertinya lebih ditujukan pada mereka yang duduk secara rutin, seperti para pekerja yang menghadap komputer selama berjam-jam.

Dari sinilah kemudian dirancang desain penelitian untuk mengetahui seberapa efektif olahraga singkat yang dilakukan selama 8 jam.

Para peneliti merekrut 8 sukarelawan yang terdiri dari 4 cewek dan 4 cowok untuk datang ke lab. Selanjutnya mereka diminta untuk duduk selama 8 jam.

sepeda statis

Selama periode tersebut, satu-satunya olahraga 4 detik yang mereka lakukan adalah menggunakan sepeda khusus (sepeda statis) selama 5 kali dalam waktu 1 jam. Artinya, olahraga hanya dilakukan selama 20 detik per jam atau 160 detik per hari.

Sepeda statis ini memungkinkan pengguna untuk melakukan aktivitas yang menghasilkan energi maksimal secara cepat. Sehingga membuatnya efektif dilakukan saat waktu untuk berolahraga cuma sedikit.

Lebih dari itu, alat olahraga ini pun gampang digunakan dan nggak banyak makan tempat. Itulah kenapa sepeda statis cocok kalau memang diletakkan di kantor.

Bukan cuma sepeda, Coyle juga mencoba bentuk olahraga lainnya, seperti berlari cepat dan naik turun tangga.

Sayangnya, kedua aktivitas tersebut nggak nyaman dan berbahaya, apalagi untuk mereka yang udah berumur.

Kapan Waktu Berolahraga Juga Penting

peregangan otot di kantor

Coyle menyebut, untuk membersihkan trigliserida dari aliran darah bakal susah saat kita terus menerus duduk. Bahkan meski berolahraga di sore hari, hal tersebut juga nggak terlalu efektif.

Sejalan dengan hal tersebut, pergi ke gym setelah seharian ngantor memang bagus.

Tapi penelitian yang dilakukan Coyle menunjukkan bahwa dalam metabolisme lemak, olahraga secara bekala sepanjang hari lebih bermanfaat.

Bahkan Dr. Guy L. Mintz, direktur kesehatan dan lipidologi kardiovaskular di Rumah Sakit Jantung Bass Sandra Atlas di Northwell Health di Manhasset menyebut, banyak penelitian yang telah menunjukkan pentingnya bangun sepanjang hari saat bekerja.

Mintz juga berujar, budaya lain seperti di Jepang punya jam khusus sepanjang hari kerja untuk berolahraga.

Perusahaan seperti Google dan Facebook pun punya area permainan guna mendukung aktivitas selama hari kerja. 

Duduk Terus-menerus Bisa Tingkatkan Risiko Kesehatan

Merasa pusing

Lo pasti sudah sering dengar bahwa duduk terlalu lama itu nggak baik untuk kesehatan.

Termasuk risiko kenaikan berat badan, meningkatnya risiko sindrom metabolik, penyakit jantung, dan diabetes. 

Menurut Coyle, duduk berjam-jam juga bisa membuat lemak sulit terbakar. Bahkan dibandingkan yang bergerak aktif, mereka yang duduk terlalu lama bakal mendapatkan sedikit manfaat dalam hal pembakaran lemak saat berolahraga. 

Intinya

stretching di kantorBerdasarkan penelitan yang dilakukan Coyle dan tim, mungkin bukan cuma sekadar tentang detail waktu dan cara berolahraga.

Seperti kata Dr. Robert Glatter, seorang dokter darurat di Rumah Sakit Lenox Hill, New York dan mantan dokter sambilan untuk New York Jets, bahwa semua jenis olahraga, bahkan cuma berdiri setelah lama duduk saja, bisa mengurangi efek berbahaya dari duduk terlalu lama.

Sementara untuk olahraga singkat yang intens, menurut Glatter, lebih bermanfaat dalam mempercepat metabolisme lemak dan mengurangi resistensi insulin (setelah makan makanan tinggi kalori atau yang berlemak).

Lebih lanjut, Glatter menyebut bahwa semua jenis olahraga, termasuk jalan cepat atau naik turun tangga akan bermanfaat. Dalam hal ini, kuncinya cuma bergerak.

Jadi, buat lo yang kerja di kantor dan harus duduk lama selama berjam-jam, coba deh mulai sekarang jangan mager atau males gerak supaya terhindar dari berbagai risiko kesehatan.

Sayangi kesehatan lo, Bros!


Rubrik Lainnya

Olahraga Saat Sakit; Baik atau Buruk?
Olahraga Saat Sakit; Baik atau Buruk?
Olahraga teratur bisa dibilang merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga tubuh tetap sehat. Apalagi ...
Uang Tunai Mungkin Bisa Menyebarkan Virus, tapi...
Uang Tunai Mungkin Bisa Menyebarkan Virus, tapi...
Kebersihan jadi isu yang bisa dibilang sangat penting sekarang. Karena kebanyakan pada khawatir kalo sampe ...
Beberapa Ilmuwan Percaya Ganja Bisa Mencegah dan Menyembuhkan Corona
Beberapa Ilmuwan Percaya Ganja Bisa Mencegah dan Menyembuhkan Corona
Sebuah tim ilmuwan Kanada meyakini telah menemukan jenis ganja yang berpotensi kuat membantu, mencegah atau...
Keuntungan dari Meditasi Berjalan yang Perlu Lo Tahu
Keuntungan dari Meditasi Berjalan yang Perlu Lo Tahu
Di tengah pandemi yang nggak menentu ini, mindfulness jadi salah satu teknik yang lo butuhin. Dalam hal ini...
Makanan yang Jaga Tubuh Lo Tetap Bugar
Makanan yang Jaga Tubuh Lo Tetap Bugar
Kebutuhan nutrisi cowok berbeda dengan cewek. Begitu pula dengan risiko kesehatan keduanya juga nggak sama....
Manusia Bisa Menyentuh Wajah 16 Kali per Jam: Gini Cara Berhentinya
Manusia Bisa Menyentuh Wajah 16 Kali per Jam: Gini Cara Berhentinya
Sengaja atau nggak disengaja, kita pasti pernah menyentuh wajah kita berkali-kali setiap harinya. Ini hal y...
Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Ngopi?
Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Ngopi?
Lo suka kopi? Kita juga suka banget. Masalahnya kapan sih, waktu yang paling baik untuk minum kopi bro?  B...
Sebat? Makanan Sehat Untuk Perokok Menurut Studi
Sebat? Makanan Sehat Untuk Perokok Menurut Studi
Tau ngga kalau berdasarkan sebuah penelitian Harvard perokok juga cenderung lebih jarang makan sayur dan bu...

Keranjang