@eigeradventure

6350 Likes

Kopi bisa memberikan manfaat sebagai stimulan yang mampu meningkatkan daya kerja otak, mengatasi kantuk, hingga meningkatkan ketahanan fisik. Karena alasan inilah banyak orang yang sengaja mengonsumsinya di pagi hari atau sebelum bekerja. Tetapi, meminum kopi di waktu yang tidak tepat dan berlebihan dapat memberikan efek samping pada tubuh, salah satunya masalah asam lambung. Berikut tips menikmati kopi yang aman agar tidak memicu asam lambung: . 1. Jangan meminum kopi saat perut kosong. Beberapa orang mempunyai kebiasaan minum kopi pada pagi hari, bahkan sebelum mereka sarapan. Sebetulnya hal ini tidak dianjurkan karena kandungan kafein pada kopi terbukti dapat merangsang produksi asam pada lambung dan membuat perut terasa nyeri. 2. Pilih kopi dengan kadar kafein yang rendah. Sudah diketahui kopi Arabika memiliki kandungan kafein yang lebih rendah dibandingkan Robusta. Kadar acidity pada varietas kopi Arabika juga umumnya berada setengah di bawah Robusta (kadar tidak sama dengan rasa). Karena kandungan kafein dan acidity yang lebih rendah ini, maka Arabika masih aman dikonsumsi. 3. Batasi jumlah konsumsi. Menurut penelitian, batas aman konsumsi kafein setiap harinya adalah 100-200 mg saja atau di bawah 300 mg. Pada segelas kopi, biasanya mengandung 100 mg kafein. Oleh sebab itu dalam sehari idealnya meminum kopi cukup 1-2 gelas saja. . Apakah kamu sering mengalami masalah lambung saat meminuman kopi? Yuk, share tips dan pengalaman kamu di sini. *Berbagai sumber . #EigerAdventure #EigerTropicalAdventure #ExploreToShare #EigerCoffee #AboutCoffee