#TIMELESS : Merek Jam Tangan Pria Lokal Yang Tak Lekang Oleh Waktu

Posted by Bima on 2018-09-05 11:43:47

Udah bukan hal yang aneh kalau jam tangan merupakan salah satu atribut laki-laki yang paling penting. Kenapa? Karena jam tangan, atau bahasa lebih formalnya arloji, adalah salah satu hal yang akan membuat laki-laki kelihatan lebih ganteng berkali-kali lipat. Yang jelas, jam tangan itu adalah sebuah aksesoris yang bisa dianggap sebagai sebuah perhiasan bagi para pemuda. Yepp perhiasan!


Yes, sugest atau tidak, seseorang akan terlihat lebih keren kalau menggunakan jam. Ngga itu aja, seorang laki-laki ketika menggunakan jam tangan akan terlihat lebih dewasa dan terarah hidupnya. Kenapa? Karena dengan menggunakan jam berarti seorang pria sadar dengan pentingya waktu. Waktu itu adalah komoditas yang sudah terlalu banyak kita sia-siakan dengan kegiatan tidak berguna. Laki-laki yang menggunakan jam tentunya tidak akan terlihat seperti ini. Tapi ya hanya keliatannya saja, pada prakteknya tergantung dari kepribadian masing-masing.


Lebih lagi, hampir menjadi rahasia umum juga kalau jam tangan merek luar merupakan pilihan pertama bagi kebanyakan orang Indonesia, baik laki-laki maupun perempuan. Salah satu dari sekian banyak alasan preferensi ini, adalah karena pola pikir orang Indonesia yang menganggap kalau merek luar selalu lebih baik dari merek lokal. Padahal merek jam tangan buatan para pemuda Indonesia nih juga keren-keren! Cuma banyak yang masih ngga tau bro!


Which sebenernya, sebagian benar dan sebagian tidak. Ngga semua merek luar selalu lebih baik dari merek lokal. Kalau mau ngomongin batik udah pasti kita paling top, apalagi rendang (??) Tapi kita ngga akan lompat kesitu karena topik kita sekarang adalah membahas tentang merek jam tangan lokal yang boleh dibilang cukup sabi buat kalian pakai, baik sehari-hari, ke acara-acara formal seperti kondangan, sidang, meeting, travelling dan lain-lain.


Okay langsung aja kita mulai list dari jam tangan brand lokal yang cukup menarik menurut Pemoeda dan bisa menambah opsi kalian. Daripada beli merek luar mulu, terus duitnya buat orang luar deh. Sekali-sekali mending duitnya buat bantu merek jam tangan lokal biar mereka bisa maju pesat secara kualitas. Iya ngga bro? Nah apa aja nih merek jam tangan yang keren-keren menurut Pemoeda?


1. NAM Watch (Instagram @namwatches)


nam watch logo


Merek jam tangan bernama Nam Watch ini adalah brand yang berasal dari Jakarta dan berdiri sejak tahun 2014. Mereka juga mengusung nilai-nilai sejarah dan warisan kultur Indonesia, maka ngga heran sampai saat ini nama-nama jam mereka memakai nama-nama tempat di Indonesia.


Tipe jam yang ini namanya Mahameru. Namanya udah hampir pasti diambil dari Gunung Mahameru yang ada di Jawah Timur. Jam tangan ini kalau dilihat memberikan kesan classic, karena memang terinspirasi dari jam-jam tangan yang desain nya classic seperti Omega dan Rolex. Di bagian dalam jam ini juga terdapat ornamen-ornamen yang membuat jam ini lebih terkesan classy, sehingga jauh dari kesan minimalist. Tapi ngga juga berlebihan, jadi masih cukup enak lah untuk dilihat mata.


Mahameru by Nam Watch

Sumber: namwatches.co


Jenis yang menurut kita lebih cocok untuk acara-acara formal ini bisa kalian bungkus dengan harga jam tangan yang rata-rata sedikit diatas IDR 1.000.000. Tapi ada juga Mahameru dengan harga 3 juta-an yang dilengkapi dengan saphire crystal glass dan juga subdial, seperti yang digambar ini nih.


Mahal? Murah? Affordable? Semua itu sebenernya tergantung dari budget kantong kita masing-masing. Tapi yang pasti, untuk desain dan spec seperti jam Mahameru ini, belum tentu bisa didapatkan dengan harga yang sama untuk brand luar, hampir pasti lebih mahal!


jam lokal namwatch

Toba by Nam Watch

Sumber: namwatches.co


Buat kalian yang prefer dengan desain yang lebih simple, bisa coba untuk menominasikan artikel Toba. Ya lagi-lagi nama salah satu tempat wisata Indonesia yang menginspirasi tipe jam dari Nam Watch ini. Desain jam ini sangat-sangat simple, saking simple-nya, sampe-sampe ngga ada angka buat nunjukkin waktu pada bagian dial nya. Tapi dari ke-ngga-ada-an angka-angka itu yang bikin desainnya manis.


Sometimes simple is more. Warna biru elegan pada bagian dial nya dikombinasikan dengan strap cokelat membuat jam ini sleek dan cocok dipake santai atau semi formal. Dipake dengan kaos atau kemeja digulung pun masih pas. Nam watch adalah merek jam tangan yang kita bener-bener recommend bro!


2. Lanccelot (Instagram @lanccelot)


brand lokal lanccelot


Merek jam tangan yang satu ini terinspirasi dari dari Sir Lancelot yang merupakan salah satu dari Ksatria Meja Bundar. Dia juga dikenal akan semangat dan kedisiplinannya, sehingga menginspirasi merk jam tangan lokal ini untuk mengambil unsur nama ksatria ini, yaitu Lanccelot.


Walaupun mengambil nama dari ksatria yang bukan berasal dari nusantara, tapi ternyata brand jam tangan lokal ini sangat nasionalis. Kenapa kita bilang gitu? Karena mereka berfikir kalau negara berpopulasi 240 juta orang dengan sejumlah kekayaannya harus punya brand asli dari Indonesia! Nah masih tetep pengen beli merek jam tangan luar guys?


lanccelot jam merek lokal

Aegis by Lanccelot

Sumber: Lanccelot.com


Seri jam tangan yang menjadi unggulan dari brand ini adalah seri Aegis. Kalau dilihat, design ini memiliki bentuk yang sedikit tidak biasa, yang terinspirasi dari aegis pada Zaman Pertengahan atau Middle Ages. Hasilnya pun minimalis nan stylish! Seri ini bisa kalian bawa pulang dengan harga IDR 500.000 - IDR 700.000 dan bisa langsung kalian pamerkan secara langsung ataupun socmed ya para netizen dan citizen.


aegis brand lokal lanccelot

Navigator by Lanccelot

Sumber: Lanccelot.com


Buat kalian yang lebih prefer dengan design classic, bisa menjadikan seri Navigator ini salah satu pilihan kalian. Casing circle dengan warna silver dan strap biru dongker ini akan membuat look kalian elegan dan kece. Dengan element pemanis sub dial pada dial utamanya, bikin jam ini jadi laki banget. Harganya pun ga mahal-mahal banget, IDR 700.000 - IDR 800.000-an. Sesuai dengan slogannya, “Luxuries are not always expensive, now everyone can get Luxuries”. Nah, buat yang kurang paham bisa tanya om Google ya guys tentang merek jam tangan yang satu ini.


3. Dekade (Instagram @dekadetime.id)


dekade time merek lokal


Dekade Time adalah brand yang berasal dari Bandung. Ya kota yang terkenal akan ke-kreativitasannya ini, memiliki satu lagi pemain pada industri fashion yang memproduksi jam tangan. Meskipun merk jam tangan lokal ini masih tergolong baru, terbentuk di tahun 2016, tapi design jam tangan mereka ga kalah bagus kalau dibandingkan dengan brand-brand jam tangan lokal lain. Yuk lah kita intip beberapa koleksi jam tangan Dekadetime!


dekade time merk lokal

Sade by Dekade Time

Sumber: dekadetime.com


Sade merupakan seri pertama yang dikeluarkan oleh Dekade Time saat mereka memulai brand ini. Hanya dengan sekilas, kita udah langsung bisa menilai kalau design dari seri ini simple. Warna casing silver dipadukan dengan strap kulit cokelat memperkuat kesan simplicity-nya.


Boleh dibilang kekinian, karena design seperti ini lagi nge-trend banget lah. Fashion emang selalu berputar dan someday akan balik ke trend yang dulu pernah booming. Seri ini berharga di sekitar IDR 800.000-an. Untuk barang yang dibeli ga tiap bulan, I say cukup worth it.


indio dekade time brand lokal

Indio by Dekade Time

Sumber: dekadetime.com


Masih dengan tema simple dan kekiniannya, Indio memiliki lug yang lebih pipih dibandingkan dengan pendahulunya, Sade. Angka-angka pada dial pun dihilangkan untuk menambah kesan minimalist. Tapi, keunikan dari seri yang satu ini adalah sangat gampangnya untuk mengganti strap nya.


Kalau warnanya item-item mulu mungkin kadang-kadang bosen kali yaa, jadi kalau lagi pengen ya bisa diganti cokelat bro. Mungkin itu juga yang bikin harga seri ini agak sedikit laham (mahal) yaa, IDR 1.200.000-an. Tutorial untuk ganti strap nya bisa dilihat di ig nya guys @dekadetime.id. Merek jam tangan yang keren kan bro?


4. Matoa (Instagram @matoa_id)



Satu lagi merek jam tangan lokal yang datang dari tangan-tangan kreatif urang Bandung nih, Matoa! Nama Matoa terinspirasi dari jenis pohon Matoa yang tumbuh di daratan Papua. Pohon ini terkenal akan karakternya yang bisa tumbuh tinggi, besar dan kokoh walau berganti-ganti musim.


Merek jam tangan Matoa didirikan pada tahun 2012 oleh Lucky D. Aria justru karena cowok kelahiran Bandung 23 Maret 1986 ini pernah membeli jam tangan dari Amerika dengan harga mahal tapi ternyata bahan dasarnya dari Indonesia. Yuks lah kita langsung liat gimana hasil kerja kerasnya.


matoa way kambas keren merek lokal

Way Kambas by Matoa

Sumber: matoa-indonesia.com


Jam tangan yang berbahan dasar kayu ini tidak semata-mata menggunakan kayu matoa, tapi kayu Ebony Makasar. Warna alami yang dikeluarkan oleh jam ini memberikan kesan etnisitas nan kaya akan kultur, guys.


Dengan bahan kayu warna cokelat alaminya, cocok untuk dikombinasikan dengan tampilan kasual warna apa aja, karena emang cokelat adalah warna netral. Harga jam ini lumayan lho dengan IDR 1.200.00-an. Pasti tingkat kesulitannya tinggi ya karena harus membuat jam tangan hampir full dengan bahan kayu. Makanya harga jam tangan dari merek jam tangan Matoa ini agak tinggi.


Matoa merek lokal Rakai

Matoa Rakai Maple by Matoa

Sumber: matoa-indonesia.com


Buat kalian yang senang dengan ornamen unik pada bagian dial sebuah jam, nah Matoa Rakai Maple ini memberikan design yang sedikit unik dengan moonphase window pada angka 8 nya. Kalau pake jam yang ini dijamin ngga pasaran. Kapan lagi ada jam terus ada bulan bintang di dalemnya, man. Harganya pun sama dengan seri yang sebelumnya, IDR 1.200.000-an. Gimana? Suka ngga sama merek jam tangan kayu seperti ini?


5. Lima (Instagram @limawatch)


lima brand lokal


Ini adalah merk jam lokal yang dimulai oleh Herman Tantriady sebagai side projectnya pada tahun 2012. Kalau brand yang sebelumnya menyuguhkan kita dengan jam full kayu, nah kalau yang ini bisa dibilang hybrid. Karena Lima memadukan antara kayu sebagai bahan dasar casingnya dan strap kulit sebagai sabuk jam nya yang cool banget sebagai produk perdananya.


lima sore merek lokal

Lima SO : RE Maple Black by Lima

Sumber: lima.com


Seperti yang tertera pada judul gambar, seri ini bernama SO : RE dari Lima. Atau sebenernya lebih catchy kalau disebut Lima Sore. Jam ini menggunakan warna maple wood sebagai casingnya dan paduan dengan strap leather hitamnya bikin warna casing nya sangat keluar dan jadi ketara banget. Kalau warna strap nya tan juga mungkin ga akan se-keren itu jam nya.


Yang bikin jam ini makin unik lagi adalah angka yang cuma menunjukkan angka lima guys. Mungkin disesuaiin kali ya dengan nama brandnya, Lima. Untuk seri jam yang simple ini, bisa kalian dapatkan dengan harga IDR 1.500.000-an. Buat jam simple kaya gini sih memang agak mahal, cuma Lima agaknya udah punya nama nih guys. Soalnya brandnya lumayan diminati di negeri paman Sam sana. Masa merk jam tangan buatan negeri sendiri populer di negeri orang, dan ngga diminati sama orang sendiri guys? Harusnya kontribusi kita juga lebih besarlah untuk merek-merek jam tangan buatan dalam negeri bro!


6. LK (Instagram @luciusandki)



Baiklah, di penghujung artikel ini kami akan memberikan merk jam tangan lokal yang sangat bombastis karena harganya yang sangat mahal broo. Jangan kira merk luar aja yang bisa mahal, kearifan lokal juga bisa! Ya, jam ini berharga di sekitaran USD 3.000-an. Harganya dalam dollar lagi. Jadi kalau rupiah lagi ketar ketir, siap-siap aja melipir. Okay ini dia Lucius & Ki atau yang biasa disebut L & K. Merek jam tangan yang sangat premium dari Indonesia!


l&k jam tangan merek lokal

Pendopo by Lucius & Ki

Sumber: luciusandki.com


Sekali lihat kita langsung bisa merasakan aura kewibawaan yang sangat dipancarkan oleh jam yang satu ini. Ya, jam yang seharga USD 3.199 ini pasti membuat kalian bertanya-tanya apa sih yang bikin jam ini mahal banget!? Beberapa alasannya adalah karena L&K membuat jam nya tidak secara mass production, tapi human made.


Kayu pada dial pun dipilih dari grade yang paling tinggi, begitu juga dengan strap nya. Mesin jam yang kasat mata ini juga menggunakan grade yang tinggi, Engraved Unitas 6498 Manual Winding. Makanya harganya bisa sampe puluh-puluhan gitu bro.


Okay segitu dulu ya artikel tentang jam tangan merk lokal dari kami Pemoda.co.id. Semoga informasi yang kita berikan bisa menambah knowledge kalian akan brand lokal. Dan kita berharap banget kalian para pembaca bisa lebih menghargai brand-brand lokal dibanding brand luar. Karena sekarang kita tau kalo brand kita ga kalah sabi dibanding brand-brand luar. Orang bule aja ada yang beli merek jam tangan Indonesia, masa kalian ngga. Okay, see you di artikel selanjutnya.

Blog Terkait