10 Brand Lokal Meledak Gara-Gara Presiden Jokowi, Goks!

10 Brand Lokal Meledak Gara-Gara Presiden Jokowi, Goks!

Sepertinya Pak Presiden Jokowi suka dengan brand lokal. Buktinya pada tahun 2017-2018 yang lalu, sempat ramai dilihat diberbagai sosial media brand lokal, dan media-media berita ternama dimana Pak Jokowi presiden ke-7 Republik Indonesia, kerap terlihat menggunakan artikel-artikel produksi brand lokal Indonesia.


call to action pemoeda


Udah pasti hal ini menjadi sebuah sarana konten viral marketing yang gokil banget untuk brand lokal yang bersangkutan. Gimana ngga bro, kalo orang nomor 1 di Indonesia selama 2 periode 2014 – 2024 ini menggunakan produk ciptaan tangan lo, udah jelas pasti lo pamerin kemana-mana tuh foto sampe kalo perlu tetangga lo tau semua. Banggalah pasti yang jelas.


jokowi motoran pake jaket lokal

Pak Jokowi Motoran Pakai Jaket Lokal


Nah selama periode 2017-2018 itu brand apa aja sih yang mendapatkan kehormatan tersebut bro? Disini kita udah compile secara cukup lengkap beberapa brand lokal keren yang mendapatkan endorse-an dari presiden kita (Btw setau kita Pak Jokowi beli produk-produk tersebut). Berikut nih list brand lokalnya bro!


1. Rawtype Riot X Bubur Ayam Racer (1.450.000 IDR)


Jadi pada bulan November tahun 2018, Pak Jokowi and geng melakukan konvoi motoran di daerah Bandung, Jawa Barat. Nah pada kesempatan tersebut, beliau nampak gaul ya dengan jaket Sukajan berwarna hitam dan berkerah putih yang doi gunakan.


brand lokal jokowi buryamcer

Pak Presiden Pakai Jaket Lokal Rawtype x Buryamcer


Ternyata jaket tersebut adalah buatan lokal bro. Mungkin lo pernah denger istilah Bubur Ayam Racer yang dipopulerkan oleh Youtuber Den Dimas sebelumnya? Istilah ini populer karena Youtuber tersebut hobinya adalah naik motor pagi-pagi cari bubur ayam.


jaket brand lokal yang digunakan jokowi rawytype riot x buryamcer

Jaket Rawtype Riot x Buryamcer Kalau DIbalik Juga Keren


Jaket ini adalah hasil kolaborasi antara Rawtype Riot dengan Den Dimas, menghasilkan Sukajan Buryamcer bolak balik yang keren. Yang jelas, lo udah ngga bisa dapetin jaket seharga 1.450.000 IDR ini. Karena umumnya artikel Rawtype Riot cuma diproduksi 5 lusin bro.


2. Bulls Syndicate (375.000 IDR)


Bulls Syndicate namanya menjadi panas ketika Jokowi menggunakan artikel jaketnya yang berwarna merah membara. Beliau gunakan jaket ini pada saat acara Asian Games 2018 silam. Aslinya anaknya Gibran yang beli duluan, terus mau beliin bapaknya juga bro.


jaket bullsyndicate yang digunakan jokowi

Jaket merah Bulls Syndicate Yang Digunakan Pak Jokowi Pada Asian Games 2018


Yang penting lo tau adalah bahwa jaket ini ngga ada hubungannya sama partai yang lambangnya banteng juga. Jaket ini waktu itu dibeli dengan harga 375.000 IDR, dan permintaan langsung melonjak drastis. Jaket merah ini sold out, dan peminat artikel lain juga melonjak.


 

jaket kedua dari bullsyndicate yang digunakan pak Jokowi

Jaket Hitam Bulls Syndicate Yang Digunakan Pak Jokowi


Selain yang warna merah, Pak Jokowi juga kerap terlihat menggunakan jaket dari Bulls Syndicate yang berwarna hitam seharga 420.000 IDR. Sayangnya Bulls Syndicate belum restock artikel yang udah digunakan Pak Presiden, karena kita juga mau beli.


3. Saint Barkley (380.000 IDR)


Kejadian ini berawal di acara Jakarta Sneaker Day 2018. Dimana Pak Jokowi memamerkan sneakers yang baru aja dibelinya dan beliau mengatakan bahwa “Ini dari daerah Bandung, bagus banget.” Kalo lo yang punya Saint Barkley, mungkin hidup lo berasa sudah sukses.


sepatu saint barkley yang dibeli pak jokowi

Sepatu Saint Barkley Coatbridge Dark Green Yang Dibeli Presiden Jokowi


Sepatu Coatbridge Dark Green yang dibeli Pak Jokowi ini harganya 380.000 IDR. Keren? Ya keren lah. Lo bisa liat sendiri, itu sepatu skate yang keren banget. Terutama di acara JSD 2018 itu, Saint Barkley menjadi satu-satunya brand lokal yang menjual sneakers disana.


Coatbridge Dark Green Saint Barkley Yang dibeli pak jokowi

Coatbridge Dark Green by Saint Barkley, Keren Ngga?


Pada kesempatan ini kita semua mengetahui bahwa Pak Jokowi menggunakan sepatu berukuran 42. Kalau memang standarnya sama, maka semua penjual sepatu lebih baik selalu siap sedia dengan size 42, kalau-kalau Pak Jokowi datang. Hahahah.


4. Nah Project (415.000 IDR)


Presiden Jokowi membeli sepatu dari brand NAH Project Yoga Flex Knit V2.0 yang dibanderol dengan harga 415.000 IDR. Dimana 3 pasang sepatu brand NAH Project dipesan oleh ajudan presiden Jokowi, membuat nama brand lokal NAH Project ini melambung pesat.


Nah project sneakers dipakai oleh pak jokowi

Tim Sneakers Istana Nih Bro, Pak Jokowi Pake NAH Project


Kabarnya (Tribunnews.com), setelah foto Pak Jokowi menggunakan sneakers NAH project warna hitam tersebut di post di sosial media, NAH Project kebanjiran order 1.000 pcs dalam 10 menit. Hal ini terjadi pada akhir Juli 2018, tepat sebelum Asian Games 2018 dilaksanakan.


Nah project yang dibeli pak jokowi

Yoga Flex Knit II by NAH Project Yang DIbeli Pak Jokowi


Gokil ya bro, 10 menit kebanjiran 1.000 pcs pesanan yang harganya 415.000 IDR satu pcs-nya. Berarti dalam 10 menit mereka menghasilkan sekitar 400-jutaan. Inilah the power of endorse-an Pak Presiden.


5. Never Too Lavish (4.000.000 IDR)


Never Too Lavish adalah sebuah sebuah bisnis yang menjual jasa modifikasi desain atau custom art lukisan tangan pada pakaian dan sepatu. Dimana mereka itu membuat desain barang retail biasa menjadi luar biasa keren. Tarifnya berkisar dari 1,5jt sampai belasan.


jaket nevertoolavish khusus untuk pak jokowi

Jaket Yang Pas Untuk Digunakan Oleh Orang No.1 di Indonesia Ya Bro?


Pada tahun 2017 silam ketika Presiden Jokowi melakukan touring dengan chopper berwarna emas di Sukabumi, Pak Jokowi menggunakan sebuah jaket jeans mencolok yang memiliki gambar seluruh kepulauan di Indonesia yang berwarna merah-putih.


Pak jokowi naik motor

Lo Tau Sons of Anarchy? Kalau ini Indonesia Rising Sons.


Desain pada jaket ini merupakan hasil karya Never Too Lavish. Walaupun jaketnya sendiri dibeli oleh tim Never Too Lavish di pusat perbelanjaan di Jakarta seharga 300.000 IDR, tapi jaket yang sudah ditorehkan seni bergambar Indonesia tersebut dibeli oleh Pak Jokowi seharga 4.000.000 IDR. Seneng rasanya ngeliat presiden kita menghargai seni bro.


Konon, sampai tahun 2019 sudah ada 9 jaket yang di custom oleh Never Too Lavish untuk Pak Jokowi. Followers mereka juga bertambah dengan pesat, ditambah banyak sekali orang yang pesan desain-desain yang bertema nasionalis disbanding sebelumnya.


6. Aye Denim X Never Too Lavish (4.000.000 IDR)


Kita sendiri ngga tau harga jaket polos Aye Denim yang digunakan sebagai kanvas ini berapa. Prediksinya sih sektar 500.000 - 600.000 IDR. Tapi kita tau bahwa setelah ditorehkan lukisan oleh seniman dari Never Too Lavish, harganya jadi 4.000.000 IDR bro.


jaket aye denim yang dilukis oleh nevertoolavish oleh pak jokowi

Jaket Ini Dasarnya Menggunakan Aye Denim, dan Dilukis Lagi Oleh Nevertoolavish


Jaket pesanan Jokowi kali ini bertemu Asian Games bro, pastinya untuk Agustus 2018 silam ya. Kita bisa liat bahwa desain jaketnya keren banget, dan cocok banget kalo dipake ketika Asian Games 2018.


bagian belakang jaket nevertoolavish x aye denim

Keren Banget Lah Bro Kalo Menurut Kita


Sayangnya, karena harganya dibanderol cukup mahal, jadinya banyak pemuda yang mungkin masih mikir 10 kali kalau mau beli. Nah, jadi kalo misalnya lo mau yang sama tapi berbeda, lo beli jaketnya Aye Denim aja tanpa ada lukisan dari Never Too Lavish, pastinya harganya jauh lebih murah.


7. Ame Raincoat (499.000 IDR)


Pak Presiden beli jaket ini ketika acara Idea Fest 2018. Kebetulan yang beliau beli adalah jaket yang berwarna cokelat yang harganya adalah 499.000 IDR. Jaket anti hujan yang dibuat dari bahan polyester ini diklaim tidak akan panas pas dipake bro.


jaket ame raincoat yang dibeli pak jokowi

Wah Cocok Banget Ni Jaketnya Bro, Bikin Pak Jokowi Terlihat Lebih Muda


Yang jadi permasalahan, ternyata stok jaket cokelat ini hanya ada 2 lusin ketika acara tersebut diadakan. Setelah Pak Jokowi beli, sudah bisa ditebak apa yang terjadi selanjutnya. Warna cokelat auto habis, warna lain kena rembet auto kejual, dan nama Ame Raincoat muncul di Tribunnews, Kompas & Detik. Hahaha.


jaket ameraincoat brand lokal yang dibeli pak jokowi

Ini Jenisnya Adalah Authentic Series Warna Terracotta, Masih Dijual Lho! (Juni 2019)


Jaket ini dibuat di Bandung, dimana beruntungnya kita masih bisa beli kalau mau bro. Karena Ame Raincoat tetap memproduksi artikel yang dibeli oleh Pak Jokowi, dan lainnya sampai sekarang (Juni 2019), namanya Authentic Series Terracotta. Cek bro.


8. Exodos (2.900.000 IDR)


Pak Jokowi membeli produk Exodos yang bernama “Kearifan Lokal” dengan harga 2.900.000 IDR. Sepatu ini dibeli pada acara Deklarasi Jabar Kondusif di Jl. Braga, Bandung. Menurut beliau harga sepatu ini terlalu murah untuk produk sekelas ini. Coba lo liat deh bro, keren?


Exodos brand lokal dibeli jokowi

Sepatu Exodos Yang Limited Edition Banget Nih Bro, Dibelakangnya Ada Peta Indonesia


Kearifan lokal sendiri memiliki makna tersendiri. Bagi tim Exodos, sepatu ini merupakan bentuk kecintaan dan kebanggaan menjadi pemuda Indonesia. Dimana sepatu ini melambangkan identitas kepribadian budaya bangsa Indonesia secara turun menurun.


exodos brand lokal yang dibeli jokowi epik banget

Liat Bro, Ada Gambar Indonesia-nya di Belakang Bro. Goks!


Dibelakang sepatu tersebut terdapat sebuah gambar kepulauan di Indonesia dari sabang sampai Merauke. Ini menceritakan tentang keberagaman suku dan budaya yang plural. Sepatu ini dibuat dari kulit, kain tenun, suede, kanvas, batik, karet, serta limbah produksi.


9. Brodo (720.000 IDR)


Sepatu Brodo jenis Kruzr, digunakan oleh Pak Jokowi saat beliau motoran menggunakan jaket Bubur Ayam Racer. Sepatu ini dibeli beliau pada acara Bandung Creative City Forum (BCCF). Harga sepatu ini adalah 720.000 IDR bro.


brodo kruzr brand lokal dibeli jokowi

Tuh Sepatunya Yang Dipake Namanya Brodo Kruzr Bro


Pak Jokowi memesan sepatu Brodo dengan ukuran 42. Dimana ternyata bro, sepatu Kruzr ini adalah hasil kolaborasi antara Chico Jerikho sama Brodo. Yang mana juga sempat terlihat Chico pake sepatu Kruzr ini berwarna cokelat.


brodo kruzr warna beda-beda

Dua Tipe Brodo Kruzr, Yang Cokelat Pernah Dipake Chico Jerikho


Tak ayal, setelah Pak Presiden pakai niscaya permintaan untuk sepatu ini meningkat dengan pesat dan pesanan melunjak di banyak gerai Brodo. Sepatu ini btw, diklaim bisa tahan lama dan sangat nyaman untuk digunakan. Kalau Presiden aja oke, masa iya lo ngga?


10. Rawtype Riot (550.000 IDR)


Pada peringatan Sumpah Pemuda tahun 2017 silam, nampak Pak Jokowi menggunakan jaket berwarna green olive army yang menurut kita sih keren banget ya. Lucunya, abis Pak Jokowi beli ternyata abis itu Paspampres juga kepincut pingin beli dan akhirnya memborong semua jaket model tersebut. Ternyata ini dari Rawtype Riot lagi bro!


 

Jaket rawtype riot kesukaan pak jokowi

Goks, Sangat Sekali Jaketnya! Kita Juga Pengen Beli Jadinya


Paspampres beli setelah menginterogasi mengenai makna dibalik gambar pada jaketnya, makna brand-nya, dan sebagainya. Sampai-sampai yang punya Rawtype Riot harus memproduksi 10 lusin lagi karena banyak sekali permintaan yang datang setelah jaket tersebut digunakan oleh Pak Jokowi.


Sangar rawtype riot dipake jokowi

Ini Nih Jaket Yang Paspampres Aja Ngiler Ngeliatnya


Jaket tersebut dibanderol dengan harga 550.000 IDR. Sejujurnya kita di tim Pemoeda jadi kepingin juga nih, soalnya jaket tersebut macho dan sangar sekali bro. Masalahnya yang punya kemungkinan besar ngga akan mau jual ya, karena ini limited edition banget dan konon Rawtype Riot udah ngga mau produksi lagi. Hehehe.


Kalau dalam Bahasa inggris ada istilah “lead by example” dan “walk the talk”. Yang mana intinya adalah memberikan contoh melalui perbuatan dan ngga omong doang. Dukungan Presiden kita terhadap brand lokal ini ngga hanya melalui omongan bro, tapi melalui contoh yang beliau berikan ketika beliau menggunakan brand lokal di depan publik.


jokowi mendukung brand lokal

Presiden Gokil Yang Mendukung Brand Lokal Secara Konkrit


Dukungan ini bahkan berbuah hasil yang sangat luar biasa terhadap penjualan brand lokal yang beliau gunakan. Sehingga banyak yang terbantu dari segi penjualan dan awareness. Pada akhirnya, kita dapat melihat seorang pemimpin yang peduli terhadap perkembangan produk & brand lokal. Pemimpin yang menurut kita dalam hal ini, memberikan contoh yang baik sekali. Gimana dengan lo?