Cara Melipat Lengan Kemeja – Menggulung Lengan Kemeja Cepat & Mudah!

Cara Melipat Lengan Kemeja – Menggulung Lengan Kemeja Cepat & Mudah!



Didalam keseharian seorang pemuda, udah pasti kita ketemu sama yang namanya kemeja. Ngga jarang kemeja yang kita gunakan itu adalah kemeja lengan panjang. Terutama karena kita adalah para pemuda dari Indonesia, salah satu atribut penting kita adalah batik! Yang merupakan kemeja juga bro.


explore brand lokal


Nah sebagai pemuda, kita dituntut untuk menjadi taktis dan praktis. Ketika lo mau turun tangan melakukan sesuatu yang harus hands-on, tak ayal lo akan harus menggulung lengan kemeja lo. Atau mungkin, lo Cuma merasa gerah aja dan mau melipat lengan kemeja lo. Apapun masalahnya, yang penting lo harus tau gimana cara kita bisa melipat lengan kemeja kita bro.


Sebelum kita mulai, lo harus tau istilah yang bernama manset. Yaitu bagian ujung lengan baju yang berupa bagian tambahan yang biasanya dibuat kaku dan keras, terdapat kancing untuk membuat lengan kemeja lebih pas di tangan. Manset itu sama dengan cuff, dan beda sama cuff-link atau kancing manset. Coba lihat gambar dibawah ya broo.


manset cuff

Manset atau biasa disebut sebagai "Cuff" dalam bahasa Inggris


Disini gw akan ajarin lo 3 cara melipat lengan kemeja yang ngga cuma bikin lengan kemeja lo makin pendek, tapi juga bikin lo terlihat lebih macho dan manly. Bikin para nona-nona terpaku dan terbuai sama lengan lo bro. Alah! Yaudah yuk kita mulai bro.


1. Cara Melipat Lengan Kemeja Metode Manset Total


Ini adalah metode melipat lengan baju yang paling intuitif ya bro. Sepertinya tanpa gw ajarin juga lo udah ngerti. Caranya gampang banget bro, lo tinggal ikutan insting lo untuk melipat lengan baju logikanya gimana. Hahahah. Bcanda bro.


Cara melipat lengan kemeja 1

Gulungan "Manset Total" sampai setengah lengan, bisa juga sampai diatas siku


Langkah Pertama – Gulungan Manset Total


Lo panjangin lengan kemeja lo. Jangan lupa untuk lepas semua kancing pada lengan & manset kemeja lo. Nah terus lo lipat lengan kemeja lo persis sesuai dengan ukuran manset lo bro. Sehingga lipatannya sesuai dengan besar manset kemeja lo.


cara melipat lengan kemeja


Langkah Kedua – Gulungan Manset Total


Setelah lipatan pertama selesai, lo tinggal buat lipatan kedua dengan ukuran yang sama persis. Nah untuk lipatan ketiga dan keempat, ini tergantung panjangnya lengan kemeja lo, kenyamanan lo, dan kegiatan apa yang lagi mau lo lakukan. Kalo cuma mau keliatan santai, lo bisa gulung 2 kali aja cukup. Kalo lo mau melakukan sesuatu yang bisa bikin kemeja lo kotor, gw saranin lo gulung sampai persis dibawah siku atau bahkan diatas siku. Selesai! Gampang kan bro?


cara melipat lengan kemeja gimana


2. Cara Melipat Lengan Kemeja Metode Master Roll


Ini adalah cara melipat lengan kemeja yang juga super gampang. Cuma kalo menurut gw pribadi, hasilnya ga senyaman lipatan lengan kemeja yang sebelumnya. Cuma secara look, mungkin lebih gagah. Caranya gimana bro? Gampang, yuk kita mulai.


gulung lengan kemeja cara master roll


Langkah Pertama – Gulungan Master Roll


Lo panjangin lengan kemeja lo sampai bawah. Pastikan ngga ada kancing yang masih terpasang pada manset dan lengan kemeja lo. Kalo udah lo tarik manset lo sampe diatas siku lo. Sampai lengan kemeja bagian dalam sekarang berada di luar, dan panjangnya sekitar 1 ½ kali panjang manset lo.


gimana cara lipat lengan kemeja


Langkah Kedua – Gulungan Master Roll


Nah untuk langkah terkahir, lo tinggal gulung lagi lengan kemeja lo sekali lagi sampai manset lo hampir ketutup semua. Sisakan sedikit bagian manset agar terlihat lebih manis. Lo harus pastikan kalo motif atau warna-nya ngga nabrak, kalo ngga ntar keliatan jelek bro. Kalo ngga cocok, mendingan lo tutupin secara full manset lo. Coba liat gambar dibawah ya bro! Kelar bro.


menggulung lengan kemeja


3. Cara Melipat Lengan Kemeja Metode Half-Cuff Roll


Dari semua cara, rasanya cara melipat lengan kemeja ini yang paling terlihat sophisticated dari yang lain. Karena lipatannya terlihat lebih rapih dan kecil, ngga terlalu mencolok. Dan biasanya lebih mantap ketika digunakan. Langsung aja bro.


Langkah Pertama – Gulungan Half-Cuff Roll


Panjangin lengan kemeja lo. Pastikan ngga ada kancing yang masih terpasang pada bagian lengan atau manset lo.

Kalo udah, lo lipat manset lo setengah bagian. Sehingga manset lo sekarang kebagi dua, atas dan bawah. Inilah yang akan menjadi fondasi dari metode melipat lengan tangan ini.


half cuff roll melipat lengan panjang

cara melipat lengan kemeja


Langkah Kedua – Gulungan Half-Cuff Roll


Nah, sekarang lo tinggal menggulung lengan kemeja lo mengikuti fondasi yang udah dibuat sama manset lo tadi. Yaitu melipat persetengah manset. Terus lipat sampai dibawah siku, atau bisa juga tepat diatas lengan lo untuk look yang lebih santai. Done bro!


melipat lengan kemeja 3

lipat lengan baju


Oke broo! Itu tadi adalah beberapa cara melipat lengan kemeja yang baik dan benar. Tentunya sebagai pemuda pasti kita akan ketemu saat-saat dimana kita harus menyingsingkan lengan dan bertempur dengan kegiatan sehari-hari kita bro. Maju terus para pemuda!