Aturan PSBB Mobil, Motor, dan Sanksi – pemoeda.co.id arrow-right cart chevron-down chevron-left chevron-right chevron-up close menu minus play plus search share user email pinterest facebook instagram snapchat tumblr twitter vimeo youtube subscribe dogecoin dwolla forbrugsforeningen litecoin amazon_payments american_express bitcoin cirrus discover fancy interac jcb master paypal stripe visa diners_club dankort maestro trash

Oleh Bima Arya


🇲🇨 Kabar

Aturan PSBB Mobil, Motor, dan Sanksi

Oleh Bima Arya


Oleh Bima Arya


Di jagad social media baru aja ramai seorang habib yang distop oleh polisi dan satpol pp karena melanggar aturan PSBB berkendara. Habib itu adalah Habib Umar Assegaf yang, kalau kita lihat dari platnya yang depannya berinisial N, harusnya dari Ngalam alias Malang.

Aturan PSBB Kendaraan

Kalau dari berbagai media digital, sang habib ini berada di dalam mobil dengan kapasitas 5 orang, dan juga berpenumpang 5 orang. Jadinya dia disuruh berhenti.

Tapi disini kita akan lebih membahas tentang peraturan dalam berkendaraannya itu sendiri. Mungkin sebagian orang bertanya-tanya, emang si habib ini salah apa sih? Gini aturannya bro.

Mobil Pribadi

View this post on Instagram

PETUNJUK TEKNIS PELAKSANAAN PSBB BIDANG TRANSPORTASI PADA KENDARAAN PRIBADI Sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta No. 71 Tahun 2020 - Yaitu membatasi jumlah orang maksimal 50% dari kapasitas angkut sesuai dengan infografis berikut . Kendaraan bermotor pribadi jenis roda dua boleh mengangkut penumpang dengan syarat identitas penumpang yang diangkut sama alamatnya dengan pengemudi . Sepeda dilarang mengangkut penumpang . Ojek online dan ojek pangkalan dilarang mengangkut penumpang . Mobil penumpang berkursi 4 baris maksimal 6 orang dengan 1 pengemudi, 2 orang dikursi baris dua, 1 orang dikursi baris tiga, dan 2 orang dikursi baris 4 . Kartu Identitas tidak hanya berupa KTP. Dapat tunjukkan Kartu Identitas lainnya yang ada tertera alamatnya. Prinsipnya adalah alamatnya sama . Pelanggaran terhadap Pembatasan Sosial Berskala Besar bidang Transportasi sebagaimana dimaksud dapat dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan #dishubdkijakarta #JakartaTanggapCorona

A post shared by DISHUB PROVINSI DKI JAKARTA (@dishubdkijakarta) on

 

Untuk kendaraan pribadi khususnya mobil, jumlah penumpangnya yang boleh dibawa dikurangi 50 persen dari kapasitas maksimum.

Untuk mobil pribadi dua baris, maksimal diisi tiga penumpang dengan posisi satu pengemudi dan dua penumpang di belakang.

Untuk mobil tiga baris, maksimal empat penumpang dengan satu pengemudi di depan, dua penumpang di baris kedua, dan satu di belakang.

Dan untuk mobil empat baris, maksimal cuma boleh mengangkut enam orang. Posisinya satu pengemudi di depan, dua penumpang di baris kedua, dua di baris ketiga, dan dua lagi di baris keempat.

Motor

 

Untuk motor pribadi, boleh dipake untuk berkegiatan secara penuh dan motor pribadi juga bisa membawa penumpang tapi harus satu alamat di kartu identitas.

Selain itu, masih ada beberapa aturan lain yang harus dipatuhi oleh pengendara dan yang dibonceng.

Mereka wajib menggunakan masker, sarung tangan, serta membersihkan perlengkapan berkendaranya dengan disinfektan.

Nah, yang harus pake disinfektan agak sulit nih. Gimana cara taunya ya? Mungkin polisi harus bawa-bawa mikroskop kali ya.

Sanksi

Buat yang nggak mematuhi aturan PSBB berkendara, maka ada hukumannya:

Mobil

  • Denda administratif min. Rp 500.000, maks. Rp 1.000.000
  • Kerja sosial membersihkan sarana fasilitas umum dengan menggunakan rompi
  • Tindakan penderekan ke tempat penyimpanan kendaraan bermotor yang disediakan oleh Pemprov DKI Jakarta.

Motor

  • Denda administratif min. Rp 100.000, maks. Rp 250.000
  • Kerja sosial membersihkan sarana fasilitas umum dengan menggunakan rompi
  • Tindakan penderekan ke tempat penyimpanan kendaraan bermotor yang disediakan oleh Pemprov DKI Jakarta.
View this post on Instagram

Sanksi bagi pelanggar #PSBBJakarta resmi diberlakukan, sebagaimana yang tertuang pada Pergub 41/2020.⁣ ⁣ Dalam Pergub tersebut diatur terkait pengenaan sanksi kepada pelanggar mulai dari teguran tertulis, kerja sosial, hingga denda berbayar. Simak infografik berikut untuk lengkapnya!⁣ ⁣ Kami berharap pemberlakuan aturan ini dapat mendorong kedisiplinan masyarakat untuk mengawasi dan menerapkan bersama protokol pencegahan penyebaran COVID 19 agar pandemi ini cepat berakhir. ⁣ ⁣ Bila kamu melihat pelanggaran #PSBBJakarta, segera lapor ke salah satu kanal aduan resmi #CRM @cepatresponjkt. Mari bersama jaga kota kita!⁣ ⁣ #JakartaTanggapCorona #HadapiBersama #YukPakaiMasker #Dirumahaja⁣ ⁣ Note: Sanksi denda bagi masyarakat yang tidak memakai masker akan diberlakukan setelah Pemprov DKI rampung membagikan masker. Sumber: @dkijakarta

A post shared by DISHUB PROVINSI DKI JAKARTA (@dishubdkijakarta) on

 

Udah cukup jelas lah ya gimana kita harusnya berkendara di masa PSBB ini. Kira-kira, pak habib kena hukuman yang mana ya?

Bisa jadi nggak yang mana-mana ya, secara doi di Ngalam. Karena peraturan ini dikeluarkan oleh Dishub DKI Jakarta, bro.


Rubrik Lainnya

Olahraga 4 Detik yang Bisa Menetralisir Duduk Seharian
Olahraga 4 Detik yang Bisa Menetralisir Duduk Seharian
Duduk terlalu lama sampai berjam-jam nggak baik untuk kesehatan. Bahkan, hal tersebut bisa meningkatkan ris...
Manfaat Susu Beruang Bear Brand -  Menurut Penelitian & Mitos
Manfaat Susu Beruang Bear Brand - Menurut Penelitian & Mitos
Banyak yang pengen tau, apa sih manfaat susu beruang yang sering kita liat di supermarket? Apakah bisa meny...
Makanan yang Sebaiknya Lo Makan Setelah Olahraga
Makanan yang Sebaiknya Lo Makan Setelah Olahraga
Mengonsumsi nutrisi setelah olahraga itu sama pentingnya dengan apa yang lo makan sebelum workout. Sebab, ...
Makanan yang Sebaiknya Dimakan Sebelum Olahraga
Makanan yang Sebaiknya Dimakan Sebelum Olahraga
Atlet maupun lo yang gemar olahraga pasti bakal cari cara untuk meningkatkan performa saat berolahraga. Sep...
4 Makanan Yang Membantu Lo
4 Makanan Yang Membantu Lo "Berdiri" Gagah Perkasa!
Mungkin bagi lo yang udah nikah ini adalah topik yang cukup penting untuk dibahas. Terutama karena hubungan...
Olahraga Saat Sakit; Baik atau Buruk?
Olahraga Saat Sakit; Baik atau Buruk?
Olahraga teratur bisa dibilang merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga tubuh tetap sehat. Apalagi ...
Uang Tunai Mungkin Bisa Menyebarkan Virus, tapi...
Uang Tunai Mungkin Bisa Menyebarkan Virus, tapi...
Kebersihan jadi isu yang bisa dibilang sangat penting sekarang. Karena kebanyakan pada khawatir kalo sampe ...
Beberapa Ilmuwan Percaya Ganja Bisa Mencegah dan Menyembuhkan Corona
Beberapa Ilmuwan Percaya Ganja Bisa Mencegah dan Menyembuhkan Corona
Sebuah tim ilmuwan Kanada meyakini telah menemukan jenis ganja yang berpotensi kuat membantu, mencegah atau...

Keranjang