3 Cara Melipat Baju – Melipat Pakaian Ngga Pake Lama & Efisien

3 Cara Melipat Baju – Melipat Pakaian Ngga Pake Lama & Efisien

Kalo lo kaya kita yang suka travelling kemana-mana, atau mungkin lo adalah seorang anak kosan? Udah jelas yang namanya melipat baju adalah makanan sehari-hari yang bakalan terus kita lakukan. Nah kita juga ngerti banget kalo yang namanya ngelipet baju tuh bikin males bro, terutama kalo lo adalah anak kosan yang nyetrika dan nyuci baju sendiri juga, bah ngelipet baju tuh nambah-nambahin kerjaan banget lah pokoknya.


Eits, tapi lo jangan khawatir bro Disini kita akan ajarin lo 3 cara melipat baju yang GPL alias ga pake lama. Sekaligus kita ajarin cara melipat pakaian yang ala tantara, dan cara tradisional juga bos. Jadi biar ilmu pengetahuan cara melipat baju lo makin luas dan dalam. Oke tanpa berlama-lama, mari kita mulai dengan cara melipat baju yang pertama.


1. Cara Melipat Baju Standar


Ini adalah cara melipat baju yang mungkin lo sering temuin di toko-toko baju. Pas lo bayar, dan penjualnya mau masukin baju yang lo beli kedalam plastik, cara melipat baju tradisional adalah yang pada umumnya mereka lakukan. Nah kemungkinan besar lo udah tau, tapi tetep aja kita ajarin sekarang. Walaupun ini bukan cara melipat yang praktis diantara cara-cara melipat baju yang lain, tapi ini akan bekerja dengan baik terutama untuk kemeja lengan panjang atau lengan panjang lainnya.


Cara Melipat Baju Standar – Langkah Pertama


Oke pertama-tama lo pastikan semua kancing baju (kalo ada) udah terkancing dan tertutup. Lo balik baju lo, dan sekarang lo elus-elus dan ratakan pake tangan lo biar bajunya minim kerutan dan ngga lecek. Pastikan baju lo ini udah disetrika, biar pas lo mau pake udah rapi.


Cara Melipat Baju Standar – Langkah Kedua


Kalo udah lo retain permukaan baju sampai rapi, kemudian lo lipat bagian kanan dulu sampai sepertiga dari baju lo. Lipat bagian kanan baju dari atas sampai bawah, lipatan dimulai dari bagian tengah pundak kanan. Ingat ya, lo harus melipat sepertiga bagian baju.


Cara Melipat Baju Standar – Langkah Ketiga


Nah sekarang lo lipet lengan baju lo sampai sejajar lurus dengan lipatan baju bagian pinggir badan. Sehingga lengan bajunya terlihat paralel dan lurus terhadap bagian luar baju.


Cara Melipat Baju Standar – Langkah Keempat


Kemudian lo lipat bagian kiri baju sampai menutupi sedikit bagian kanan baju. Kuncinya adalah lo harus ingat bahwa lipatan yang lo buat harus sepertiga dari bagian baju itu.


Cara Melipat Baju Standar – Langkah Kelima


Kalau udah lo langsung lipat lengan bagian kiri sampai sejajar dengan lipatan baju bagian pinggir kiri. Mungkin lo akan lebih mudah kalau lihat gambar yang udah gw kasih dibawah bro.


Cara Melipat Baju – Langkah Keenam


Selanjutnya, lo lipat bagian bawah baju sekitar 20 cm keatas, kearah kerah baju lo. Ini dibuat sebagai fondasi lipatan baju lo biar ngga gampang lepas. Lipat sekali lagi sampai bagian bawah udah sejajar sama bagian bawa kerah bro. Done!


2. Cara Melipat Baju Orang Jepang


Cara ini adalah cara yang sangat efektif dan efisien terutama dalam melipat kaos dan kemeja lengan pendek. Disebut cara melipat baju orang Jepang, karena orang Jepang terkenal efisien dan penuh perhitungan. Atau mungkin karena mereka jago melipat origami? Cuma orang Jepang dan Tuhan yang tau. Cara ini akan memakan waktu kurang lebih 5-10 detik. Kalo udah jago mungkin Cuma 2 detik aja. Yuk kita liat gimana caranya!

 


Cara Melipat Baju Orang Jepang – Langkah Pertama


Lo hadapkan kaos lo bagian depan madep keatas. Terus lo rapihin sampai kerutan dan leceknya pada ilang biar lebih rapi nanti kalo lo mau pake. Nah kalau udah lo bayangin ada sebuah garis antara bagian tengah pundak kanan sampai kebagian bawah. Pada garis bagian atas kita sebut poin A. Sekarang lo jepit pake telunjuk dan jempol bagian A.


Cara Melipat Baju Orang Jepang – Langkah Kedua


Nah, setelah itu lo jepit poin B yang berada di bagian tengah garis ilusi tadi. Sekarang tangan lo udah menjepit poin A dan poin B kan? Ini sulapnya. Lo sekarang tarik poin A ke poin C yang ada dibawah. Pastiin tangan lo yang megang poin A lewat bawah tangan lo yang menjepit poin B. Setelah A udah nyampe ke C, lo jepit juga poin C dengan tangan yang menjepit poin A. Sekarang tangan lo udah menjepit semua poin dan dalam posisi menyilang (cross).


Cara Melipat Baju Orang Jepang – Langkah Ketiga


Final Step! Lo kembaliin posisi tangan lo seperti semula (uncross) dan angkat kaosnya keatas. Letakkan kaos tersebut dengan posisi punggung madep keatas, tanpa melepas jepitan tangan lo. Kalau udah, sekarang lo lipat kaos lo kebagian atas dan voila! Udah selesai bos!


3. Cara Melipat Baju Seperti Tentara


Buat lo yang mau travelling, ini adalah cara melipat baju yang sangat baik digunakan. Sangat berguna untuk kaos. Karena cara melipat pakaian yang ini adalah yang sangat efisien tempat, Sehingga kalo lo mau packing yang hemat tempat lo wajib banget tau cara yang ini bro. Yuk langsung kita liat gimana caranya!


Cara Melipat Baju Seperti Tentara – Langkah Pertama


Pertama-tama lo lipat lengan baju kanan kebagian atas baju, kearah tengah. Kalo udah langsung lipat lengan baju kiri juga ke bagian atas baju, dan juga kearah tengah.


Cara Melipat Baju Seperti Tentara – Langkah Kedua


Kalo udah, sekarang lipat bagian bawah baju ke bagian belakang baju. Lipatan lo kira-kira sampai setengah panjang baju lo.


Cara Melipat Baju Seperti Tentara – Langkah Ketiga


Sekarang, lo lipat bagian kanan baju lo ke bagian atas sampai tengah baju. Lakukan hal yang sama dengan bagian kiri, pastinya bagian kanan dan kiri akan overlapping.


Cara Melipat Baju Seperti Tentara – Langkah Keempat


Nah kalau udah, lo gulung bagian atas baju lo sampai berbentuk seperti kebab. Pastikan baju lo udah kegulung dengan rapat, ngga menyisakan lubang dibagian tengah. Arah gulungan harus dari atas kebawah.


Cara Melipat Baju Seperti Tentara – Langkah Kelima


Final step! Kalau udah kegulung semua, sekarang lo udah punya bagian bawah baju yang masih bebas. Lo pastikan lo punya 2 lapisan baju, bagian atas dan bawah, coba cek gambar. Kalo udah lo ambil bagian bawah baju, dan lo tarik kebelakang untuk melapisi seluruh baju lo. Done!


Oke itu tadi 3 cara paling gampang, paling cepat dan paling hemat tempat. Yang mana yang lo mau gunakan itu tergantung dari kebutuhan dan kegiatan lo. Tapi yang pasti menurut kita lo harus tau ketiganya agar lo bisa memanfaatkannya disaat yang tepat. Sampai jumpa lagi di tutorial berikutnya ya.